Format Instrumen Verifikasi Administrasi Pembelajaran Guru SD

Daftar Isi

Instrumen verifikasi administrasi pembelajaran guru SD merupakan suatu format yang akan mempermudah pengawas sekolah dalam melaksanakan tupoksinya.

Tugas pokok pengawas sekolah adalah melaksanakan tugas pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan (sekolah) yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan 8 ( delapan ) Standar Nasional Pendidikan, penilaian, pembimbingan, dan pelatihan profesional Guru, evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, dan pelaksanaan tugas pengawasan di daerah khusus.

fomrat instrumen verifikasi administrasi pembelajaran

Pengawas sekolah melaksanakan verifikasi ini ketika dapat dilaksanakan secara berkala. Ditempat saya bekerja verivikasi ini dijadwalkan ketika akan proses pengusulan tunjangan profesi/sertifikasi guru. Yang mana untuk bisa diusulkan TPG maka guru harus melaksanakan tugasnya minimal 24 jam/minggu

Pengawas sekolah akan datang ke setiap sekolah dibawah binaanya untuk mensupervisi sekaligus memverifikasi administrasi pembelajaran. Hal ini dimaskudkan untuk memastikan guru benar-benar melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

Adapun tupoksi seorang guru adalah diantaranya merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran paling sedikit 24 jam tatap muka/minggu, menilai pembelajaran, membimmbing peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat. 

Pengertian administrasi pembelajaran adalah upaya untuk mengatur kegiatan belajar mengajar agar tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai tupoksi guru yang telah saya sebutkan di atas.

Pengagawas sekolah akan memeriksa ketersediaan dokumen terkait adminisrasi pembelajaran dan juga termasuk pengembangan profesi guru. Ada 12 jenis dokumen yang akan diperiksa dan diverifikasi yaitu: ( Klik pada tulisan judul untuk mendownloadnya )

1. Presensi Guru (Datang, Pulang)

2. SK Pembagian Tugas Mengajar, Tugas Tambahan

3. Analisis KKM (Kriteria Kompetensi Minimal)

4. Daftar Kelas

5. Jadwal Pelajaran

6. Jurnal Kemajuan Belajar

7. Program Tahunan (Prota)

8. Program Semester (Prosem)

9. Analisis Materi Pembelajaran / Pemetaan KI-KD

10. Silabus  /  Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

11. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) / Modul Ajar

12. Program Perbaikan dan Pengayaan

13. Program Bimbingan

14. Daftar Nilai

15. Pencapaian Target Kurikulum

16. Penyerahan Buku Rapor

17. Kumpulan Soal / Bank Soal

18. Karya Ilmiah

19. Publikasi Ilmiah

20. Karya Inovasi


Verifikasi pembelajaran oleh pengawas ini tidak untuk mencari kesalahan guru. Verifikasi ini juga bertujuan untuk mengetahui bagian mana yang perlu perbaikan, penambahan sesuai dengan peraturan terbaru.

Apabila Bapak/Ibu Pengawas maupun rekan guru belum memiliki format instrumen verifikasi administrasi pembelajaran guru SD baik guru Kelas maupun guru Mapel, silahkan Anda download melalui link di bawah ini.

Instr. Verifikasi Kinerja GK-GMapel 2020.docx ( unduh )

Instr. Verifikasi Kinerja Kepala Sekolah.docx unduh )

Pengawas sekolah akan memberikan skor 1,2,3,4 tiap ketersediaan dokumen. Setelah itu akan nilai akhir yang akan diberikan. Guru harus memiliki kualitas nilai minimal baik.

Itulah tentang Instrumen Verifikasi Administrasi Pembelajaran Guru SD yang bisa Anda download. Semoga tidak hanya berguna bagi Bapak/Ibu Pengawas sekolah, namun juga bagi Bapak/Ibu Guru SD supaya dapat menyipakan kelengkapan untuk supervisi dan verifikasi yang akan dilaksanakan. Terima kasih.

Download juga:   Buku Tanya Jawab Seputar Pembinaan Guru


Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Pengawas_sekolah

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.
Comment Author Avatar
12 Februari 2022 pukul 06.34 Hapus
Terimakasih pak Nir info dan ilmunya...sangat membantu sekali. Semoga berkah buat bapak
Comment Author Avatar
12 Februari 2022 pukul 10.00 Hapus
Sama-sama Bu Yuswati, semoga kita semua diberikan keberkahan.