Daftar Nilai Kurikulum 2013 SD

Daftar nilai merupakan hal yang wajib dimiliki oleh guru. Daftar nilai berguna untuk mencatat sejauh mana siswa dapat menyerap materi pelajaran, mengolah nilai, dan sebagai bentuk pertanggungjawaban seorang guru. Lalu bagaimana dengan format daftar nilai kurikulum 2013 SD?
format daftar nilai k13 sd

Jika pada kurikulum 2006 kita mudah membuat daftar nilai maka pada kurikulum 2013 jauh berbeda karena yang dinilai per KD. Pada postingan sebelumnya telah di jelaskan dan di share aplikasi penilaian per KD untuk SD.

Sekolah tentunya ada yang sudah memberi daftar nilai untuk masing-masing guru yang dibeli dari percetakan atau penyedia. Namun bagaimana jika tidak cocok dengan format yang disediakan? Ditambah tidak sesuai dengan format entri aplikasi rapot.

Pada postingan ini sebenarnya kami akan share format daftar nilai yang cocok untuk aplikasi raport apk13sd. Namun untuk pengetahuan atau referensi daftar nilai silahkan lanjutkan membaca.

Pada kurikulum 2013 nilai dikelompokkan menjadi empat yaitu:

  1. Nilai Sikap Spiritualitual  (KI-1)
  2. Nilai Sikap Sosial (KI-2)
  3. Nilai Pengetahuan (KI-3)
  4. Nilai Keterampilan  (KI-4)

DAFTAR NILAI SIKAP

Daftar nilai sikap tidak menggunakan angka jadi kita hanya membuat catatan jurnal nilai sikap. Teknik penilaian yang digunakan adalah observasi melalui wawancara, catatan anekdot (anecdotal record), dan catatan kejadian tertentu (incidental record) sebagai unsur penilaian utama.

Dalam pelaksanaan penilaian sikap, pendidik dapat merencanakan indikator sikap yang akan diamati sesuai dengan karakteristik proses pembelajaran yang akan dilakukan, misalnya perilaku kerjasama dalam diskusi kelompok dan kerapihan dalam praktikum. Selain itu, penilaian sikap dapat dilakukan tanpa perencanaan, misalnya perilaku yang muncul tidak terduga selama proses pembelajaran dan di luar proses pembelajaran. Hasil pengamatan perilaku tersebut dicatat dalam jurnal.

Penilaian sikap dilakukan oleh guru kelas, guru mata pelajaran agama dan budi pekerti, guru PJOK, dan pembina ekstrakurikuler. Guru kelas mengumpulkan data dari hasil penilaian sikap yang dilakukan oleh gurumata pelajaran lainnya, kemudian merangkum menjadi deskripsi (bukan angka atau skala).

Berikut ini adalah contoh format jurnal nilai sikap



DAFTAR NILAI PENGETAHUAN

Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka (bilangan bulat skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik dalam setiap muatan pelajaran yang mengacu pada setiap KD. Berikut ini adalah contoh format nilai yang ada panduan penilaian SD.
daftar nilai pengetahuan kurikulum 2013


Beberapa hal tentang istilah nilai:
1. N PH = Nilai Penilaian Harian
2. N PTS = Nilai Penilaian Tengah Semester
3. N PAS = Nilai Penilaian Akhir Semester
4. N PAT = Nilai Penilaian Akhir Tahun
5. NAS  = Nilai Akhir Semester
6. NAT = Nilai Akhir Tahun
7. Predikat = Ditentukan berdasarkan KLM
8. Deskripsi = Ditentukan berdasarkan nilai KD tertinggi dan terendah

Rumus menghitung nilai akhir adalah:
((2*NPH)+NPTS+NPAS):4
atau bisa juga
((2*NPH)+NPAS):3

DAFTAR NILAI KETERAMPILAN

Nilai optimum diberlakukan apabila penilaian dilakukan terhadap KD pada materi dan teknik penilaian yang sama dan penilaian dilakukan lebih dari satu kali. Ada 3 macam nilai keterampilan yaitu:
1. Nilai Praktik: Penilaian kinerja yang menekankan pada proses disebut penilaian praktik, misalnya bermain sepak bola, memainkan alat musik, menyanyi, melakukan pengamatan menggunakan mikroskop, menari, bermain peran, dan membaca puisi.
2. Nilai Produk: Kita artikan sebagai penilaian proyek. Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengolahan data, dan pelaporan.
3. Nilai Portofolio = Portofolio merupakan kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (refektif-integratif) dalam kurun waktu tertentu. Pada akhir periode portofolio tersebut dinilai oleh pendidik bersama-sama dengan peserta didik dan selanjutnya diserahkan kepada pendidik pada kelas berikutnya dan dilaporkan kepada orangtua sebagai bukti autentik perkembangan peserta didik.

Berikut ini contoh daftar nilai sesuai panduan
daftar nilai keterampilan k13 sd


DAFTAR NILAI SESUAI APLIKASI APK13SD

Daftar nilai yang di contohkan pada buku panduan penilaian dibuat per siswa dengan isian nilai KD kebawah, sedangkan kegiatan penilaian mendatar. Format ini sangat cocok untuk yang baru belajar bagaimana alur penilaian kurikulum 2013. Namun karena di buat per siswa menjadi banyak.

Untuk daftar nilai yang kami buat nilai KD dibuat mendaftar, dengan siswa kolektif. Format ini dapat mempermudah guru maupun operator.

Silahkan download:

 >>> Daftar Nilai Kurikulum 2013.

>>> Jurnal Nilai Sikap 

>>> Aplikasi raport apk13sd revisi 2019 final

-----------
Lihat juga video:
1. Membuat Jurnal Nilai Sikap 
2. Membuat Format Penilaian Diri
3. Membuat Format Penilaian Antar Teman
4. Mengolah Nilai Sikap di apk13sd
5. Mengolah Nilai Pengetahuan & Keterampilan di apk13sd
-----------


Demikianlah yang bisa kami share tentang membuat daftar nilai kurikulum 2013 SD. Kritik dan saran kami persilahkan.

Ref:
1. https://apk13sd.blogspot.com/2018/05/teknis-penilaian-sikap-kurikulum-2013-sd.html
2. https://apk13sd.blogspot.com/2017/09/cara-membuat-nilai-deskripsi-k13.html
3. https://apk13sd.blogspot.com/2017/07/nilai-optimum-dalam-penilaian.html

Belum ada Komentar untuk "Daftar Nilai Kurikulum 2013 SD"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. 1X share dari Anda sangat berarti bagi kemajuan blog ini.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel