APLIKASI UNTUK MENGHITUNG KKM SD LENGKAP

Pada kempatan ini saya akan sharing aplikasi untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sebelum ke file aplikasi saya akan posting dahulu tentang cara penentuan kriteria keuntasan minimal (KKM) yang saya ambil dari buku panduan penilan untuk sekolah dasar revisi 2018. Jika belum punya silahkan download: Buku panduan penilain untuk SD revisi 2018
aplikasi kkm kurikulum 2013 SD
format penentuan KKM sesui panduan penilaian

Berikut ini merupakan contoh prosedur penentuan KKM.

1. Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap muatan pelajaran setiap kelas dalam satu tahun pelajaran.
2. Tentukan komponen-komponen yang termasuk aspek kompleksitas,intake, pendidik dan daya dukung.
a. Komponen-komponen yang bisa dimasukkan aspek kompleksitas, antara lain jumlah KD dan karakterististik KD muatan pelajaran (misalnya, tingkat kesulitan, kedalaman dan keluasan KD).
b. Komponen-komponen yang bisa dimasukkan aspek intake, antara lain hasil observasi awal siswa, hasil belajar siswa dari tahun pelajaran sebelumnya, dan nilai hasil ujian sekolah dari tahun pelajaran sebelumnya.
c. Komponen-komponen yang bisa dimasukkan aspek pendidik dan dayadukung, antara lain kompetensi pendidik (nilai UKG), rasio pendidik dan murid dalam satu kelas, akreditasi sekolah dan sarana prasarana sekolah

Tentukan nilai untuk setiap aspek dengan skala 0-100 dengan mempertimbangkan hal berikut:

a. Karakteristik Mata/Muatan Pelajaran (Kompleksitas) 

Karaktersitik mata/muatan pelajaran memperhatikan kompleksitas KD dengan mencermati kata kerja yang terdapat pada KD tersebut dan berdasarkan data empiris dari pengalaman guru dalam membelajarkan KD tersebut pada waktu sebelumnya. Semakin tinggi aspek kompleksitas materi/ kompetensi, semakin menantang guru untuk meningkatkan kompetensinya.

b. Karaktersitik Peserta Didik (Intake)

Karakteristik peserta didik (intake) memperhatikan kualitas peserta didik yang dapat diidentifikasi antara lain berdasarkan hasil penilaian awal peserta didik, dan nilai rapor sebelumnya. Semakin tinggi aspek intake, semakin tinggi pula nilai KKMnya.

c. Kondisi Satuan Pendidikan (Pendidik dan Daya Dukung)

Aspek guru dan daya dukung antara lain memperhatikan ketersediaan guru, kesesuaian latar belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang diampu, kompetensi guru (misalnya hasil Uji Kompetensi Guru), rasio jumlah peserta didik dalam satu kelas, sarana prasarana  embelajaran, dukungan dana, dan kebijakan sekolah. Semakin tinggi aspek guru dan daya dukung, semakin tinggi pula nilai KKMnya.  Download : MODUL SIM PKB 2017 SD LENGKAP Untuk mempermudah perhitungan atau mencari nilai KKM maka dibuatlah dengan format excel. Nilai KKM atas otomatis terhitung. Rumus excel yang digunakan adalah rumus average.

Download Aplikasi Hitung KKM Kurikulum 2013 SD

Link dapat sebagai berikut.
  1. Penentuan KKM K13 Kls 4 Format Excel
  2. Penentuan KKM K13 Kls 1 Format Exce
  3. Penentuan KKM K13 Kls 2 Format Excel
  4. Penentuan KKM K13 Kls 3 Format Excel
  5. Penentuan KKM K13 Kls 5 Format Excel
  6. Penentuan KKM K13 Kls 6 Format Excel
Contoh KKM Kurikulum 2013 KLS 1, 2, 3 ,4, 5, 6 format .pdf ( 3 MB) Cara penggunaan / Copy Paste KD lihat video sebagai berikut: https://youtu.be/c71IH7HM9TI
Lihat juga:  Menentukan rentang predikat raport berdasarkan KKM Satuan Pendidikan Itualah yang bisa saya share tentang aplikasi KKM Kurikulum 2013, Semoga dapat memermudah Bapak/Ibu guru dalam menentukan KKM sekaligus membuat dokumen KKM. Terima kasih, semoga bermanfaat

5 Komentar untuk "APLIKASI UNTUK MENGHITUNG KKM SD LENGKAP"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. terimakasih, sangat membantu. Semoga menjadi amal jariyyah. Aammiin. Klw ada KKM K13 saya sangat berharap mendapat bantuannya..

    BalasHapus
  3. Pak Admin, saya Minta link grub whatshapnya dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan, https://tinyurl.com/grup-apk13

      Hapus
  4. memang keren, salut dengan group ini.
    Exit dan penuh keberkahan

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. 1X share dari Anda sangat berarti bagi kemajuan blog ini.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel