Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Jurnal Harian Mengajar Jenjang SD

tas ADMIN id - Jurnal Harian Mengajar / Jurnal Pembelajaran, karena ketidaktahuan admin, belum menemukan juknis atau pedoman cara membuatnya. Biasanya kami mencari panduan tentang pembuatan perangkat / administrasi pembelajaran pada pedoman penilian kurikulum 2013, dan setelah admin baca-baca tidak ditemukan, juga nihil di kumpulan file bimtek K13.
download jurnal harian mengajar guru sd

Pun begitu pada postingan ini kami akan coba membahas tentang jurnal harian mengajar, sekaligus kami share file contoh yang bisa Anda download pada bagian akhir.

Jurnal Harian Mengajar

Secara bahasa dalam konteks jurnal harian mengajar, jurnal berarti buku catatan harian, buku yang dicatat berdasarkan urutan waktu.

Mengajar merupakan salah satu tugas pokok (tupoksi) guru.

Jurnal pembelajaran atau harian mengajar guru lebih condong untuk keperluan administrasi guru tentang beban jam kerja guru yang kaitanya dengan persyaratan untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi / tunjangan profesi guru (TPG) sesuai PP Nomor 19 Tahun 2007. Sehingga guru perlu membuat jurnal harian sebagai buktifisik telah melakukan kewajibannya.

Lalu apakah jurnal harian hanya untuk yang sudah bersertifikasi?
Itu tergantung kepala sekolah ataupun pengawas sekolah yang bertugas melakukan supervisi dan verifikasi pembelajaran. Disarankan walaupun belum sertifikasi, dan honor tetap membuat jurnal harian mengajar.

Cara Membuat Jurnal Harian Mengajar

Cara membuatnya tentunya akan mudah jika sudah mempunyai formatnya, adapun format yang sering admin temukan terdiri dari beberapa kolom yaitu:
  1. Hari / Tanggal
  2. Muatan Pelajaran
  3. Tema Sub Tema 
  4. Pembelajaran (PB)
  5. Kompetensi Dasar
  6. Materi Pokok
  7. Kegiatan Pembelajaran.
  8. Penilaian Pembelajaran.

Jurnal harian dibuat setelah melakukan pembelajaran, ada yang membuatnya dengan tulis tangan ada juga yang diketik.

Download Jurnal Harian Mengajar SD

Kami coba bantu Bapak Ibu dengan posting link download jurnal harian mengajar SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. File ini berformat .doc bisa diedit menggunakan aplikasi pengolah kata Microsoft Word ataupun aplikasi serupa. Namu perlu diketahui bahwa file jurnal mengajar ini bukan karya admin sendiri, kami melakukan pencarian pada website atau blog yang sudah membagikan file ini secara gratis. Jadi kami file tidak disimpan / diunggah sendiri. Kami hanya menyertakan link dari google drive dimana file ini disimpan.


Download juga: RPP Satu Lembar

Pelajari juga cara cepat mengubah nama sekolah, kepala sekolah, dan guru menggunakan CTRL + H ( disini )

Berapa lembar jurnal belajar yang harus di print?
Karena per halaman untuk satu pembelajaran satu hari, maka tiap hari harus membuat jurnal harian. Berarti jumlah yang harus di print sebanyak hari efektif selama satu semester. Karena saya gak mau ribet mikir hehehe, anggap saja hari efektifnya 30 hari dikalikan 5 bulan, maka 150 lembar. jika diprint bolak balik maka 150 dibagi 2 sama dengan 75 lembar. Jadi jumlah yang harus dicetak untuk membuat jurnal harian belajar / mengajar sebanyak 75 lembar dengan print bolak-balik.

Demikian tentang Jurnal Harian Mengjar Guru yang bisa kami posting melalui blog ini, jika ada koreksi atau tambahan, maupun lapor link download yang error dapat disampaikan melalui kotak komentar dibawah. Terima kasih


Sumber referensi:
https://kbbi.web.id/jurnal
https://www.kangmartho.com/search?q=jurnal
https://banten.kemenag.go.id/bingung-membuat-jurnalagenda-kerja-guru-untuk-ra/

4 komentar untuk "Download Jurnal Harian Mengajar Jenjang SD"

  1. Trmks byk Kang Martho sdh membantu pekerjaan saya,semoga barokah dunia akhirat, oh ya bgm cara mengganti nama sekolah dan guru pada jurnal hariannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mampir di blog sederhana ini,
      Betul Kang Martho adalah juga seorang blogger yang sering membagikan info dan file perangkat pembelajaran.
      Cara mengganti nama kepala sekolah bisa langsung kita ketik,

      Hapus
  2. Hasil copas smua yah min.sya lihat stiap blog sama smuanya..sya kira paham cara2 bikin jurnal nya sampai2 dijelaskan cara membuatnya...kalau mau bikin sesuatu harus dipelajari dlu..ini bener atau salah..jurnal kelas 2 semester 2 sya lihat stiap blog sama smua...dikira itu sudah benar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Saya tidak copas, dan telah saya cantumkan sumbernya.
      2. Pada postingan ini dijelaskan apa itu jurnal belajar berdasarkan argumen pribadi yang berdasar.
      3. Tidak semua yang posting di internet berprofesi sebagai narasumber bimtek, di era internet siapapun bisa menulis artikel dan berkomentar.

      Hapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.