Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BANK SOAL KELAS 1,2,3,4,5, DAN 6 SD

Pada postingan kali ini kami akan sedikit berbagi Bank Soal Kelas 1,2,4,5, dan 6 SD yang harapanya dapat mempermudah Bapak/Ibu Guru dalam menyiapkan Soal Latihan maupun Soal Penilaian.

Bank Soal adalah kumpulan soal yang dimiliki guru untuk Penilian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilian Akhir Semester (PAS), dan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Bank Soal 1 2 3 4 5 6 SD

Dengan adanya Bank Soal ketika ingin melakukan penilaian cukup memilah butir-butir soal yang ada di bank soal.

Bank Soal yang baik yaitu sekumpulan butir soal terkalibrasi (teruji), baik secara teori maupun empiris, dan memuat informasi penting. Dengan demikian mudah digunakan dalam penyusunan sebuah instrumen penilaian (tes). 

Beberapa hal yang layak dijadikan pertimbangan untuk membangun sebuah Bank Soal yaitu:

  1. Memungkinkan penyusunan sebuah instrumen tes secara cepat dan mudah; 
  2. Memungkinkan penyusunan sebuah instrumen tes yang berkualitas karena berasal dari butir-butir soal yang terkalibrasi; 
  3. Memungkinkan pengguna (pendidik) dalam jumlah besar yang dapat menggunakan butir-butir soal dalam bank soal; memungkinkan tersedianya soal dengan beragam tingkat kesukaran; 
  4. Memungkinkan review yang intensif untuk memperbarui butir-butir soal baru; 
  5. Memungkinkan pencarian butir-butir soal dengan mudah menggunakan berbagai dasar pencarian sesuai keperluan, misalnya berdasarkan topik, kompetensi ( Kompetensi Dasar (KD), dan tingkat kesukaran soal.

Secara sederhana Bank Soal adalah soal-soal yang dikumpulkan sebagai arsip, namun memang akan lebih baik seperti yang telah disampaikan diatas.

Biasanya Bapak/Ibu Guru mengumpulkan arsip-arsip soal penilaian yang telah dilakukan dari tahun ke tahun.

Di era kemajuan internet, Bapak/Ibu Guru juga akan mudah menemukan contoh-contoh soal yang dibagikan secara gratis dan bisa di download.

Namun perlu dikehatui juga bahwa siswa juga bisa mengakases Bank Soal berikut dengan Kunci Jawabannya melalui mesin pencari di internet, untuk itu penting agar Bapak/Ibu Guru berpikir ulang ketika langsung mengcopy paste tanpa di edit. 

Menyusun soal bisa dibilang merupakan pekerjaan yang memerlukan tenaga dan pikiran ekstra, apalagi kalau soal bentuk pilihan ganda. Yang menjawab mungkin hanya perlu beberapa menit namun bagi pembuat soal harus memikirkan opsi jawaban.

Beberapa daerah membuat kebijakan tersendiri bila mana mengadakan penilaian PTS/PAS/PAT. Soal dibuat oleh tim tersendiri dalam proses penyusunan soal untuk kemudian diberikan ke sekolah-sekolah per Kecamatan maupun sama se Kabupaten. Tim penyusun soal bisa dari KKG maupun MGMP.

Dalam menyusun soal ada kaidah-kaidah yang harus diperhatikan, seperti bagaimana cara menyusun soal HOTS, bagaimana tingkat kesukaran, ataupun soal yang sesuai dengan kondisi sekarang.

Nah berikut ini beberapa Bank Soal yang bisa dijadikan referensi.

"Bank Soal Juara" merupakan Kumupulan Soal PH, PTS, PAS Kurikulum 2013 yang menurut kami sangat lengkap dan bagus. Bila di lihat dari covernya merupakan buku kumpulan soal Best Seller.

Bank Soal Kumpulan Soal SD Lengkap

"Bank Soal Juara" ini disusun oleh Agung Ade Yulianto seoran Trainer Nasional Pendidikan.

Pada Bank Soal Juara ini lengkap, selain ada Kunci Jawaban berserta pembahasannya disertakan juga Kisi-Kisinya bagik Penilaian Harian (PH), Penilian Tengah Semester (PTS), Penilian Akhir Semester (PAS).

Sudah banyak yang membagikan file pdf ini secara gratis, dan berikut ini adalah link download google drive yang kami dapatkan dari media sosial.

Lihat juga:

Demikianlah tentang Bank Soal Kelas 1,2,3,4,5, dan 6 Jenjang SD yang bisa didownload sebagai tambahan referensi untuk Penilaian PH, PTS, PAS, PAT.

Jika ada link download yang error silahkan beri tahu kami melaui kota komentar di bawah dan semoga bermanfaat. Terima kasih


Sumber Referensi 

https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/kajian/detail/bank-soal-miliki-daya-tarik

2 komentar untuk "BANK SOAL KELAS 1,2,3,4,5, DAN 6 SD"

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.