Download Jadwal Pelajaran Tematik SD Semua Kelas

Daftar Isi
tasADMIN id - Jadwal Pelajaran merupakan hal penting, karena dimana-mana jadwal itu memang penting. Biasanya ketika pengawas sekolah mengadakan monitoring, supervisi, dan Verifikasi Administrasi Pembelajaran Guru akan ditanyakan apakah sudah membuat jadwal pelajaran atau belum? 

Yang paling penting mengenai jadwal pelajaran, menurut kami adalah jadwal yang harus diketahui siswa dan orang tua siswa. 

Postingan ini akan membahas contoh jadwal pelajaran tematik kurikulum 2013 untuk jenjang SD semua kelas, dari kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6.
Jadwal Pelajaran Tematik SD Kelas 1 sampai 6


Pada Kurikulum 2013, tematik adalah model pembelajaran yang menggunakan tema dengan menggabungkan beberapa mata pelajaran. Hal ini mengakibatkan kita tidak bisa membuat jadwal harian tetap untuk setiap mapel/mupelnya kecuali yang terpisah dengan tematik yaitu PAI BP, Matematika (Kelas Atas), PJOK (Kelas Atas).

Jadwal pelajaran umumnya terdiri dari beberapa kolom yaitu:
  • 1. Nomor
  • 2. Jam
  • 3. Hari / Mapel

Apabila Bapak/Ibu Guru akan menggunakan jadwal pelajaran mingguan yang tetap maka untuk mapel tematik diisi saja dengan "tematik". Nantinya pada jadwal pelajaran hanya ada mupel Tematik, PAI BP, PJOK, Matematika, Mulok.

Namun jika menginginkan jadwal tematik yang lengkap / detail maka tidak bisa membuat jadwal tetap mingguan / harian, harus detail bersama dengan tanggalnya. 

Untuk membuat jadwal yang seperti ini Anda bisa melihat Program Semester (Prosem) yang sudah dibuat sebelumnya dan perlu juga melihat Kalender Pendidikan (Kaldik)

Untuk mempermudah kami bagikan contoh format jadwal detail mapel untuk kurikulum 2013. File format jadwal kurikulum 2013 yang kami bagikan ini bukanlah dari karya admin sendiri, melainkan dari proses pencarian pada website-website yang telah membagikan jadwal ini secara gratis. 

File contoh jadwal pelajaran kurikulum 2013 ini disimpan pada google drive , beberapa file mungkin hanya bisa didownload setelah Anda login akun google.

Dan berikut ini adalah link download file contoh jadwal pelajaran tematik SD kurikum 2013 dari kelas 1 sampai kelas 6 yang bisa dijadikan contoh atau gambaran. 

File format jadwal pelajaran menggunakan excel, dan memungkinkan Anda secara mudah untuk memberikan warna warni pada masing-masing kotak.

  1. Download Jadwal Pelajaran Kelas 1 ( Semester 1, Semester 2 )
  2. Download Jadwal Pelajaran Kelas 2 ( Semester 1, Semester 2 )
  3. Download Jadwal Pelajaran Kelas 3 ( Semester 1, Semester 2 )
  4. Download Jadwal Pelajaran Kelas 4 ( Semester 1, Semester 2 )
  5. Download Jadwal Pelajaran Kelas 5 ( Semester 1, Semester 2 )
  6. Download Jadwal Pelajaran Kelas 6 ( Semester 1Semester 2 )
NB: Format model jadwal ini untuk bisa digunakan tahun pelajaran 2021/2022, ataupun seterusnya. Jika tidak isinya tidaksesuai bisa disesuaikan sendiri sesuai kalender pendidikan yang ada, karena tiap tahun kalender tentunya akan berubah.
Menurut kami sebenarnya jadwal yang tematik diatas sudah terwakilkan semua pada program semester (promes). Kalau saya sendiri lebih memilih jadwal pelajaran biasa yang berisi harian Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu.
Download juga: Program Semester (Prosem), Kalender Pendidikan (Kaldik)

Ditingkat Sekolah Dasar (SD) membuat jadwal pelajaran tidaklah terlalu rumit dibandingkan dengan SMP SMA, apalagi jika rombelnya banyak, jika kita membuat jadwal pelajaran manual maka berpeluang besar jadwal itu bentrok. Yang dimaksud bentrok disini adalah misal Guru A pada jam yang sama harus mengajar pada Kelas XA dan XII C sehingga perlu aplikasi khusus untuk membuat jadwal pelajaran.

Itulah yang bisa kami share mengenai jadwal pelajaran tematik SD, jika ada koreksi atau link yang tidak bisa didownload silahkan beri tahu kami melalui kotak komentar tersedia.

Sumber Referensi:
http://www.datadikdasmen.com/2019/07/jadwal-pelajaran-tematik-sd-kurikulum.html
https://www.kangmartho.com/2020/01/jadwal-pelajaran-k13-sd-mi-revisi-2019.html
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.
Comment Author Avatar
21 September 2021 pukul 05.08 Hapus
Maaf pak nir, link jadwal kelas 3 isinya kelas 1...terima kasih
Comment Author Avatar
21 September 2021 pukul 11.25 Hapus
Terima kasih atas koreksinya, sudah kami perbaharui link unduhnya.