Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PEMETAAN KD ESENSIAL KELAS 5 KURIKULUM DARURAT PANDEMI

Bagi sekolah yang memberlakukan kurikulum darurat masa pandemi covid-19 tentunya perlu membuat pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Esensial. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki pemetaan KD lengkap kurikulum 2013 maka dapat dilakukan pengeditan agar sesuai dengan Kurikulum darurat.

contoh pemetaan kd esensial kelas 5 kurikulum darurat
Contoh format pemetaan kd esensial kelas 5 kurikulum darurat

Pada postingan yang lalu saya telah membahas lengkap tentang PAKAI KURUKULUM DARURAT PANDEMI PERHATIKAN NOMOR URUT KD , dan pada kesempatan ini saya akan berbagi contoh format pemetaan KD Esensial Kelas 5 yang bisa Anda download dengan mudah.

Fungsi dari pemetaan KD agar Bapak/Ibu guru bisa melihat peta sebaran KD pada masing-masing tema. Dengan Adanya pemetaan KD akan mempermudah dalam menyusun, merencanakan pembelajaran seperti membuat Prota, Prosem, RPP, serta penilaian. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa penilaian harus dinilai perKD.

Untuk KD Esensial kelas 5 jenjang SD sesuai Keputusan Balitbang nomor 018/H/KR/2020 sebagai berikut:

KD Esensial Kelas 5 Semester 1 dan Semester 2

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

KD Esensial KI-3 KI-4 PPKn Kelas 5

3.1 / 3.1  Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

3.2 / 3.1 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari

3.3 / 3.3 Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat

3.4 / 3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup

4.1 / 4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

4.2 / 4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

4.3 / 4.3  Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat

4.4 / 4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan


KD Esensial KI-3 KI-4 Bahasa Indonesia Kelas 5

3.2 / 3.1 Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana

3.3 / 3.2 Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik

3.4 / 3.3 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik

3.6 / 3.4 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan

3.9 / 3.5 Mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.)

4.2 / 4.1 Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku

4.3 / 4.2 Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual

4.4 / 4.3 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual

4.6 / 4.4 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri

4.9 / 4.5 Membuat surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhati-kan penggunaan ejaan


KD Esensial KI-3 KI-4 IPA Kelas 5

3.1 / 3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia

3.2 / 3.2 Menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia

3.3 / 3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia

3.4 / 3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia

3.5 / 3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar

3.6 / 3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari

3.8 /3.7 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup

4.1 / 4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan

4.2 / 4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia

4.3 / 4.3 Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.

4.4 / 4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia

4.5 / 4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem

4.6 / 4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor

4.8 / 4.7 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber


KD Esensial KI-3 KI-4 IPS Kelas 5

3.1 / 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi

3.2 / 3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia

3.4 / 3.4 Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya

4.1 / 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi

4.2 / 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia

4.4 / 4.4 Menyajikan hasil identifikasi mengenai faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya


KD Esensial KI-3 KI-4 SBdP Kelas 5

3.1 / 3.1 memahami gambar cerita

3.2 / 3.2 memahami tangga nada

3.3 / 3.3 memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah

3.4 / 3.4 memahami karya seni rupa daerah

4.1 / 4.1 membuat gambar cerita

4.2 / 4.2 menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik

4.3 / 4.3 mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi dearah

4.4 / 4.4 membuat karya seni rupa daerah


Download Contoh File Pemetaan KD Esensial

Agar mempermudah Bapak / Ibu Guru dalam membuat pemetaan KD silahkan download file contoh dibawah ini via google drive.

Pemetaan KD Esensial Kelas 5.xls ( download )

Untuk format kami sengaja membuat 2 kolom nomor KD, yang pertama yang sesuai kurikulum lengkap dan sebelahnya sesuai KD Esensial Balitbang. Namun kami menyarankan agar dalam pelaksaanya menggunakan nomor urut KD lengkap, sehingga tidak membingungkan jika menggunakan Buku Guru, Buku Siswa, maupun Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sudah ada atau dibuat sebelumnya.

Untuk kelas lainya (Kurikulum Lengkap) silahkanDOWNLOAD LENGKAP PEMETAAN KD JENJANG SD

Cara membuat pemetaan KD bisa dilihat pada video di bawah ini:



Jika ada yang kurang pas silahkan disesuaikan sendiri sesuai kebutuhan, koreksi kritik dan saran dapat disampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Semoga informasi dan contoh format pemetaan KD Esensial Kenlas 5 ini bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk " PEMETAAN KD ESENSIAL KELAS 5 KURIKULUM DARURAT PANDEMI"