Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENYEGARAN APLIKASI RAPORT K13 SD TAHUN 2021

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo Bapak / Ibu Guru dan Teman-teman tenaga administrasi yang saya hormati, semoga tetap selalu dalam keadaan sehat wal afiat, semangat dalam menjalankan tugas di sekolah masing-masing.

PENYEGARAN APLIKASI RAPORT K13 SD TAHUN 2021

Pada kesempatan ini saya hanya akan sedikit berbagi pemikiran melakukan penyegaran aplikasi raport K13 SD Tahun 2021 khususnya untuk Tahun Pelajaran 2020/2021 semester 2 (genap)

Ibu/Bapak Guru hebat... diberikan suatu amanah dari negara berupa kurikulum sebagai kerangka dasar dalam mentransfer ilmu. Namun kurikulum tidaklah statis/tetap, akan bertranformasi mengikuti perkembangan zaman.

Saat ini tentu Bapak / Ibu Guru sudah sering mendengar istilah Asesmen Kompetensi Minimum  (AKM). Hal ini merupakan sebuah tanda bukti bahwa kurikulum 2013 akan diganti atau tepatnya diperbaharui.

Kurikulum yang baru untuk menggantikan kurikulum 2013 masih dalam proses pengembangan para pakar yang ada di Kemendikbud. Pada tahun 2021 ini masih menggunakan kurikulum 2013 baik itu yang kurikulum penuh maupun yang Kurikulum Darurat Masa pandemi covid-19 KD Esensial.

Karena aplikasi raport biasa hanya dikerjakan di akhir semester terkadang kita agak sedikit lupa cara menggunakan untuk itu saya share tentang penyegaran aplikasi raport K13 SD Tahun 2021.

Aplikasi raport yang akan saya bahas adalah aplikasi raport apk13sd yang merupakan aplikasi yang saya susun sejak tahun 2016. Alhamdulillah aplikasi ini dapat diterima dan telah digunakan oleh banyak sekolah.

Jika belum punya aplikasinya silahkan download dahulu di: APLIKASI RAPORT K13 SD TAHUN 2019 REVISI FINAL

A. Fitur Aplikasi Raport K13 SD "apk13sd"

Berikut ini sekilas tentang fitur yang ada pada aplikasi raport apk13sd.

1. Sesuai Juknis Terbaru

Aplikasi yang sesuai Juknis dan Pedoman Penulisan yang diterbitkan Pemerintah merupakan standar baku dalam penyusunan aplikasi. Seperti yang kita ketahui bahwa juknis panduan penilaian sudah mengalami tiga kali revisi (2015, 2016, 2018)

Juknis Raport K13 SD Revisi 2018

Kami juga menggunakan data referensi ringkasan Kompetensi Dasar (KD ) dari aplikasi eraport agar deskripsi raport lebih enak untuk dibaca namun tetap sesuai dengan kaidah pembuatan nilai deskripsi yang mengambil dari nilai KD tertinggi dan terendah.


2. Berbasis Excel

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan berkembangnya kemajuan IT, aplikasi berbasis web kedepan akan lebih banyak digunakan karena dapat menampung lebih banyak data yang kompleks dan pengelolaan big data lebih mudah dimanfaatkan. 

Aplikasi Raport K13 SD Excel

Sudah banyak juga yang menggunakan aplikasi raport berbasis web seperti aplikasi E-Raprt SD yang dikembangkan oleh Ditjend SD 

Aakan tetapi aplikasi raport berbasis excel juga masih diandalkan dalam mempermudah pekerjaan. Aplikasi apk13sd dapat dibuka pada Excel 2007, 2010, 2013 dan 2019.


3. Prinout / Cetak Raport Rapi

Aplikasi raport K13 SD ini disusun tidak asal jadi kami memperhatikan kerapihan dan warna tampilan aplikasi agar nyaman digunakan. Kerapihan hasil printout juga kami pikirkan, bahkan sampai mempertimbangkan jenis huruf / font yang digunakan karena raport termasuk dokumen resmi.

Print Cetak Raport K13 SD Rapi

4. Mudah Dimodifikasi

Kami menyadari beberapa sekolah mempunyai format yang agak berbeda walaupun sudah sesuai juknis, seperti mulok dan ekstra kurikuler. Selain itu sangat mungkin pengguna masih kurang puas dengan desain aplikasi dan ingin mengembangkan lebih keren lagi. Aplikasi ini tidak kami beri password sheet.

Modifikasi Raport K13 SD

Cara membuka password aplikasi raport ini cukup mudah. Klik menu "Review" - "Untprotect Sheet".

Namun ketika sudah selesai memodifikasi jangan lupa untuk memprotectnya kembali agar rumus aplikasi tidak rusak jika tidak sengaja terhapus


5. Dokumentasi Lengkap

Dokumentasi tentang update dan rincian perbaikan dan perubahan aplikasi kami dokumentasikan dan kami publikasikan di website khusus. Disana kami juga melengkapi dengan tutorial tips dan trik penggunaan aplikasi baik berupa artikel maupun dalam bentuk video tutorial.


Jika Anda ingin mempelajari lebih lengkap, kami juga menyediakanya di playstore sehingga lebih mempermudah. Download dan instal - https://play.google.com/store/apps/details?id=id.apk13sd

Anda juga dapat melakukan pencarian menggunakan google dengan mengetikan kata kunci "apk13sd"  disana akan ditemukan juga banyak website yang menuliskan tentang aplikasi ini. Bahkan beberapa ditemukan di toko online, padahal aplikasi ini tidak diperjualbelikan.


6. Dukungan Komunitas

Kami sangat berterima kasih atas dukungkan dan bantuan dari sesama teman pengguna aplikasi yang saling sharing melalui grup telegram, WhatsApp, dan diskusi LMS pada BIMTEK ONLINE APLIKASI RAPORT K13 SD


7. Penelitian Dan Pengembangan

Dalam mengembangkan aplikasi tidak serta merta menonjolkan ego pengembang. Kami melakukan litbang dengan mengadakan beragam survei sederhana menggunakan google forms agar aplikasi ini benar-benar menjadikan pengalaman lebih bagi para penggunanya.

Survey Raport K13 SD


B. Penggunaan Aplikasi pada Kurikulum Darurat

Aplikasi ini juga dapat digunakan atau suport jika sebuah sekolah menerapkan kurikulum darurat pada masa pandemi covid-19. Kurikulum Darurat adalah kurikulum yang menggunakan KD Esensial.

Kurikulum Darurat KD Esensial


Aplikasi raport kurikulum darurat juga sering disebut dengan istilah aplikasi raport covid-19

Lebih lanjut sudah kami bahas pada postingan: Langkah Mudah Membuat Rapor Kurikulum Darurat KD Esensial 


C. Penutup

Demikian sekilas tentang penyegaran aplikasi raport K13 SD Tahun 2021 berbasis excel. Yang intinya aplikasi versi sebelumnya masih dapat digunakan untuk tahun pelajaran 2020/2021. Semoga dapat sedikit refresh atau penyegaran tentang aplikasi raport sehingga pengolahan nilai dan pembuatan raport dapat berjalan dengan lancar dan mudah.

Jika ada yang perlu dikritik atau ingin memberikan saran tentang aplikasi raport versi apk13sd silahkan tulis pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Posting Komentar untuk "PENYEGARAN APLIKASI RAPORT K13 SD TAHUN 2021"