Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APLIKASI RAPORT K13 SD TAHUN 2019 REVISI FINAL

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillah


Semoga kita semua tak lupa bersyukur atas nikmatNYA.

Pada kesempatan ini, melalui blog ini saya akan sharing update aplikasi apk13sd.

Aplikasi raport yang Saya bagikan secara gratis ini merupakan Aplikasi Raport K13 SD untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 semester 1 dan 2. Jadi aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk semester 1 ataupun semester 2.


Aplikasi raport K13 SD update revisi terbaru merupakan suatu kebutuhan bagi Guru dalam melakukan pengolahan nilai siswa serta pembuatan / cetak raport sebagai bentuk pelaporan hasil belajar siswa sesuai kurikulum yang berlaku.

Beberapa hal yang ingin saya sampaikan adalah:

1. Update Aplikasi Raport apk13sd Versi Final.

"apk13sd" merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang berguna untuk membuat raport sekaligus pengolahan nilai. Apk13sd adalah singkatan dari Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Sekolah Dasar

Aplikasi ini saya dirilis pertama kalinya pada bulan Juli 2017 yang dibuat dalam rangka mempermudah Guru melakukan penilaian. Saat itu masih banyak yang merasa kesulitan dalam olah nilai kurikulum 2013, serta masih sedikit aplikasi raport yang bisa di download secara gratis.

Selain digunakan sendiri di tempat Saya bekerja, aplikasi ini juga kami share di internet lewat media sosial.

Karena juga kami gunakan sendiri kami tentunya ingin aplikasi ini lebih baik lagi, dan dari media sosial khususnya lewat grup w.a. itulah banyak masukan dari teman-teman yang menggunakan aplikasi ini. 

Tak lupa kami sampaikan terima kasih atas perhatian dari teman-teman yang saling membantu dan aktif pada diskusi atau sekedar sharing.

Pada akhirnya ini adalah update terakhir atau final dari aplikasi ini yaitu aplikasi apk13sd 2018.7.f & apk13sd 2019.1.f yang intinya hanya membuka kuncian atau password tahun pelajaran.
 
Aplikasi ini dapat Anda gunakan mulai tahun pelajaran 2019/2020 dan seterusnya (bila masih memungkinkan)

Alasan saya untuk tidak akan lagi mengudate aplikasi ini diantaranya:
  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI  telah menerbitkan panduan penilaian revisi 2018 yang isinya hampir tidak ada bedanya dengan tahun 2016 (hanya ganti cover saja).
  2. Semakin berkembangnya teknologi memungkinkan Kemendikbud akan menyiapkan dan mengembangankan aplikasi yang lebih canggih seperti erapor yang sudah diterapkan di jenjang SMP, SMK atau semacam aplikasi yang dimiliki Kementerian Agama yaitu aplikasi Aplikasi Rapor Digital (ARD).
  3. Sudah banyak aplikasi kreasi teman-teman guru yang juga menyusun sendiri aplikasi raport.
  4. Diperlukan waktu dan dukungan untuk mengembangkan sebuah aplikasi.

2. Pilih Aplikasi apk13sd versi 2018.7.f atau 2019.1.f?

Kenapa ada 2 versi?

....ya silahkan dipilih sendiri dengan kondisi sekolah masing-masing.


apk13sd versi 2018.7.f aplikasi belum ada penilaian PPK atau Pembiasaan Pendidikan Karakter.
apk13sd versi 2019.7.f aplikasi sudah memasukan PPK. Jika Anda belum tahu PPK silahkan buka modul-modul bimtek tahun 2018 disana sudah dijelaskan.

Mengapa sudah ada aplikasi raport yang sesuai PPK masih mempertahankan aplikasi yang belum PPK?.

Alasan kami adalah pada panduan penilaian revisi 2018 diterbitkan akhir tahun atau pada bulan Desember akan tetapi pada panduan tersebut tidak dijelaskan tentang penilaian PPK namun masih menggunakan indikator penilaian sikap.

Padahal awal tahun 2018 sudah dilakukan sosialisasi dan bimtek tentang bagaimana teknis penilaian PPK.

3. Cara Menggunakan Aplikasi apk13sd.

Cara menggunakan aplikasi versi terbaru ini masih sama dengan versi sebelumnya. Kami selalu mengutamakan untuk terlebih dahulu membaca dan mempelajari panduan petunjuk teknis penilaian yang sampai saat ini telah mengalami revisi, pertama terbit tahun 2013, revisi 2015, 2016, 2018. Kalau ingin lihat seperti ini cover bukunya.

Kami share aplikasi beserta link panduan penggunaan aplikasi silahkan untuk dibuka yang diarahkan ke postingan melalui blog https://apk13sd.blogspot.com/  yang membahas khusus tentang kurikulum 2013 jenjang SD.


Oh iya karena aplikasi ini berbasis excel akan lebih bagus juga mempelajari dasar dasar penggunaan Microsoft Excel. Aplikasi ini dibuat menggunakan Excel 2007 sehingga dapat dibuka pada Excel 2007, 2010, 2016. Namun setelah dibuka ke Excel versi lebih tinggi maka tidak bisa lagi dan akan eror jika dibuka di versi dibawahnya, misal dibuka dan disimpan di excel 2010 akan error di versi 2007. Untuk menghindari hal ini silahkan seragamkan versi office di sekolah atau pilihan ke dua instal printer laptop masing-masing.
 
Untuk print cetak raport kami sarankan menggunakan tinta yang bagus gak mudah luntur atau pakai printer laser. Karena apa? laptop di simpan pada map yang rentan lembab. Namun perlu diperhatikan juga bahwa kualitas toner printer lasear juga berbeda-beda.

4. Download Aplikasi apk13sd Terbaru

Untuk mendownload aplikasi ini kami mengharuskan Anda untuk mengisi formulir terlebih dahulu sekaligus mengisi semacam kuesioner survey untuk kami kumpulkan dan analisis sederhana yang mungkin bermanfaat. Salah satunya statistik data berikut ini yang kami kumpulkan dari kurang leih dari bulan Januari Juli 2019 meskipun kami awali dari akhir Desember 2018 sampai awal Agustus 2019

Link download aplikasi raport


Video Panduan Penggunaan Aplikasi

Video selengkapnya ( lihat )

Update: Panduan Cara Menggunakan Aplikasi apK13sd

5. Tips Penggunaan Aplikasi apK13sd

Beberapa tips dalam menggunakan aplikasi ini:
1. Agar deskripsi tidak panjang silahkan lakukan ringkas KD. ( pelajari selengkapnya )
2. Jika ada nilai KD yang sama maka kedua KD tersebut akan diambil untuk membuat nilai deskripsi raport. Silahkan Anda pilih salah satu KD saat mengedit deksripsi, ini dapat diketahui jika tidak ada spasi dalam kalimat deskripsi.
3. Jika menggunakan laptop dengan spek rendah cukup enablekan macro hanya saat akan melakukan generate deskripsi. 

Penutup

Demikianlah tentang aplikasi raport k13 untuk jenjang SD yang bisa saya bagikan, semoga berguna.

Kritik, saran dan masukan dari Anda kami perlukan agar aplikasi ini dapat lebih digunakan secara maksimal, jangan sungkat untuk menyampaikanya melalui tautan ini.

Terima kasih, atas perhatian dan dukungannya.

Wassamualaikum Wr. Wb.