APLIKASI E RAPOR SD BERBASIS WEB

Saat ini aplikasi raport merupakan hal penting bagi sebuah sekolah untuk mengolah nilai dan mencetak raport. Pada kesempatan ini saya akan share tentang Aplikasi Erapor SD Berbasis Web.
Aplikasi E Rapor SD Berbasis Web
tampilan erapor sd


[Daftar Isi]


Aplikasi E-Rapor SD

Ketika tulisan ini dibuat, kami belum menemukan info resmi rilis aplikasi ini, namun sudah ada yang share melalui webisite/blog pribadi. Menurut postingan facebook yang pernah kami baca, dibeberapa daerah pada awal tahun pelajaran juga sudah ada sosialisasi tentang aplikasi eraport ini. Dari meta data file, installasi, dan panduan aplikasi ini, diperoleh beberapa informasi mengenai aplikasi E-raport Jenjang SD.

  1. Aplikasi Erapor Berbasis Web
  2. Dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Ditjen SD
  3. Aplikasi Terintegrasi dengan Dapodik
  4. Data awal mengambil dari aplikasi dapodik
  5. Aplikasi ini bersifat gratis

Panduan Menggunakan Aplikasi E-Rapor SD

Alur Data e-Rapor dari dan Ke Dapodik


  1. Data Master Seperti Sekolah, Peserta Didik  (PD) atau siswa , PTK atau Guru, Rombel atau Kelas, Pembelajaran. dan ekstra kurikuler diambil dari aplikasi dapodik.
  2. Nilai Akhir dari aplikasi eraport dikirim ke Dapodik.
  3. Aplikasi Dapodik mengirimkan nilai ke server dapodik Pusat

Cara Menggunakan Erapor SD

Kami posting beberapa point penting ketika menggunakan aplikasi ini. Secara umum masing-masing akun mempunyai peran sendiri pada aplikasi eraport, yaitu Admin, Guru, dan Wali.


  1. Tugas Admin di awal semester: Ambil Data - Generate User - Input KKM, selama 1 semester: Monitor di akhir semester: Cetak Raport - Kirim Data - Backup Data
  2. Tugas Guru diawal semester: Maping KD - Merencanakan Penilaian, selama 1 semester: Input Nilai - Kirim Nilai, di akhir semester: Susun Deskripsi
  3. Tugas Wali Kelas: Input Absensi, Deskripsi Sikap, Cetak Rapor
  4. Alur kerja Admin: Instal aplikasi --- Login ---- Tambah Admin ---- Ambil Data Dapodik ---- Generate User --- Edit Data Sekolah --- Meringkas Nama Mupel --- Mapping Mupel ---- Input KKM ---- Tambah/Edit Butir Sikap ---- Input Tanggal Rapor ---- Cetak Leger dan Raport ---- Input USBN ---- Kirim Nilai ke Dapodik ---- Backup dan Restore Data
  5.  Alur Kerja Guru Mata Pelajaran: Login --- Ubah Password --- Maping KD --- Perencanaan Penilaian --- Download Format Impor --- Input Nilai Pengetahuan --- Input Nilai Keterampilan --- Input Nilai Sikap --- Proses Deskripsi --- Kirim Nilai Akhir --- Lihat Pengolahan Nilai
  6. Alur Kerja Wali Kelas: Login --- Ubah Password --- Input Kehadiran --- Input Nilai Ekstrakurikuler --- Input Prestasi ---- Input Catatan Wali Kelas ---- Input Kesehatan ---- Proses Deskripsi Sikap --- Cetak Raport --- Cetak Leger.
  7. Menu Login, Nama Pengguna: admin, Kata Sandi / passwordnya: admin123456
  8. Menu Generate User untuk membuat user id dan password. User Guru: NIP atau nama guru dengan huruf kecil semua maksimal 18 karakter. Paswordnya: 123456. User Wali Kelas: Nama Kelas+Semester
  9. Menu KKM Mata Pelajaran, KKM Mapel harus diisi setiap awal semester untuk seluruh mata Pelajaran dan Seluruh Tingkat. Interval Predikat akan terisi secara otomatis jika KKM telah diisikan.
  10. Menu Butir Sikap, untuk mengdit dan menambah butir nilai sikap yang akan dikembangkan dan dinilai oleh satuan pendidikan.
  11. Menu Bobot PH, PTS, dan PAS untuk mengisi Bobot Penilaian Harian, PTS, dan PAS.
  12. Menu Maping KD, Meni ini digunakan untuk maping KD setiap semester.
  13. Menu Perencanaan Penilaian, Input Nilai Pengetahuan akan tampil sesuai dengan Rencana Penilaian yang sudah disusun oleh Guru (Banyaknnya penilaian, KD yang dinilai, mupun teknik penilaian yang dilakukan).
  14. Menu Input Nilai Pengetahuan, Input Nilai Pengetauan akan tampil sesuai dengan Rencana Penilaian yang sudah disusun oleh Guru.
  15. Menu Download Format Impor, Untuk download format nilai pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual, sikap sosial, nilai PTS, maupun nilai PAS dalam bentuk Excel agar dapat dikerjakan secara offline
  16. Input Nilai Sikap Spiritual akan tampil sesuai dengan Rencana Penilaian Sikap Spiritual yang disusun oleh Guru (Banyaknya Butir Sikap yang akan dinilai oleh guru).
  17. Menu Proses Deskripsi, Menu ini untuk membuat deskripsi pencapaian Kompetensi siswa seuai dengan Perolehan Nilai Kompetensi, meskipun nilai akhir sama belum tentu deskripsinya sama (Sebelah kiri deskripsi yang dibuat otomayis oleh aplikasi, yang sebelah kakan dapat diedit oleh guru. (Yang akan tercetak di raport adalah yang sebelah kanan).
  18. Menu kirim nilai akhir, untuk mengirim hasil pengolahan nilai akhir adar dapat dibuat raport dan dapat di baca orang lain.
  19. Menu Lihat Pengolahan Nilai, menu ini merupakan fasilitas agar guru dapat melihat nilai masing-masing KD
  20. Menu Proses Deskripsi Sikap Menu ini digunakan untuk menuliskan deskripsi sikap berdasarkan pengamatan dan informasi guru lain. Kolom sebelah kiri merupakan rekap hasil penilaian sikap oleh guru, kolom sebelah kakan dapat diedit oleh wali.


Lebih lengkap silahkan download: Panduan Aplikasi Erapor Versi 1.0


Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi E-Rapor SD

Kelebihan dan kekurangan fitur aplikasi erapor SD ini hanya sebatas sudut pandang saya pribadi dengan pekerjaan murni operator sekolah, Anda dapat disangkan dan memperdebatkan ini pada kotak komentar blog.

Kelebihan Aplikasi E-Raport SD.

  1. Aplikasi ini canggih dan mutkhakir karena berbais web dan databasenya bisa mengambil langsung dan melakukan koneksi data dengan dapodik.
  2. Alur pengentrian dan pengolahan nilai sesuai alur yang ada pada buku panduan penilaian kurikulum 2013 jenjang SD Revisi 2018

Kekurangan Aplikasi Erapor SD

Hmmm kalau yang ini sih bisa dibilang kekurangann aplikasi, tapi hanya kekurangan sarana prasara dan sdm.

  1. Aplikasi akan berjalan lemot/lamban loading pada laptop dibawah atau masih sama dengan spesifikasi minimal laptop dalam juknis bos.
  2. Harus terinstal pada laptop aplikasi dapodik, sehingga jika ada guru yang mau entri laptop dapodik (yang terinstal aplikasi raport) harus selalu on/hidup.
  3. Jika belum familiar apalagi belum pernah mempelajari panduan penilaian SD akan nampak ribet sekali.
  4. Idealnya aplikasi sudah mulai dikerjakan pada awal tahun pelajaran dan entri nilai secara berkala.

Download Aplikasi E-Raport SD.

Kami menyarankan untuk tidak langsung menggunakan aplikasi ini sebelum ada perintah dari pimpinan Anda (ngaya sitik hehe) atau ada info resmi, silahkan download dan pelajari dahulu aplikasi ini.


* Aplikasi E-Raport SD Versi 1.0 (download)


Mungkin Anda juga tertarik untuk mendownload aplikasi raport SD versi excel: disini

Lihat juga info menarik lainya: Cara Mengonlinekan Aplikasi Erapor Gratis

Baca INFO lainya:
1. Daftar Nilai Manual / Buku Bantu Nilai
2. Aplikasi Hitung Nilai per KD.
3. Cara membuka dapodik dilaptop lain dapat diterapkan pada e-raport

INFO PENGGUNAAN RESMI APLIKASI ERAPOR SD


Untuk penggunaan resmi aplikasi ini sudah ada surat resminya dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tanggal 14 November 2019 nomor 2372/D2/TU/2019 yang ditujukan Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia
info resmi penggunaan erapor sd

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Dierktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah pada tahun 2019 telah mengembangkan aplikasi untuk pegelolaan penilaian di Sekolah Dasar dengan nama e-Rapor SD. Pengembangan aplikasi tersebut bertujuan untuk menfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, mengolah, dan melaporkan hasil berlajar peserta didik sebagaimana tertuan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Pendilaian Pendidikan

Aplikasi e-Rapor SD telah diujicobakan pada bulan Juli 2019 dengan melibatkan LPMP, Pusat Teknologi dan Komunikasi Kemdikbud, dan praktisi pendidikan. Selanjutnya aplikati tersebut pada bulan Agustus 2019 telah disosialisasikan kepada 68 Kabupaten/kota di 34 provinsi masing-masing sebaganyak 15 SD dengan sasaran sebanyak 1.020 SD (daftar 68 lokasi sosialisasi e-Rapor SD pada Lampiran 1). Menindaklanjuti sosialisasi tersebut, Direktorat Pembinaan SD telah meluncurkan Penggunaan aplikasi e-Rapor SD versi V.1.0 . pada tanggal 15 Oktober 2019 di Hotel Mecure Suraya oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bersamaan dengan pembukaan kegiatan Lomba Budaya Mutu SD. Berkaitan dengan hal tersebut kami sampaikan bahwa:


  1. Aplikasi e-Rapor SD versi V.1.0 tahun 2019 dapat digunakan oleh SD sejak tanggal peluncuran;
  2. Keunggulan aplikasi e-Rapor SD versi V.1.0. adalah sudah terintegrasi dengan Dapodik.
  3. Penggunaan aplikasi e-Rapor SD versi V.1.0 di SD dilaukan secara bertahap sesuai dengan kesiapan suberdaya manusia dan infrastruktur pendukung penggunaan e-Rapor SD versi V.1.0 dan diharapkan pada tahun pelajaran 2022/2023 seluruh SD sudah menggunakan e-Rapor;
  4. Direktorat Pembinaan SD telah melatih Tim Fasilitator e-Rapor SD dari unsur Direktorat Pembinaan SD, LPMP, Pustekom Kemdikbud, dan praktisi pendidikan sebagaimana pada Lampiran 2;
  5. Aplikasi e-Rapor SD versi V.1.o tahun 2019 berserta panduan pengoperasiaanya dapat diunduh di: bit.ly/aplikasi_erapor_sd_2019


Sehubungan dengan lah tersebut, kami mohon bantuan Saudara untuk memprogramkan, mensosialisasikan dan memfasilitasi penggunaan aplikasi e-Raport SD tersebut kepada seluruh SD. Informasi lebih lanjut mengenai e-Rapor SD dapat menghubungi *********** (**********) dan ********** (*******).

Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami mengucapkan terima kasih


Demikian yang bisa kami share tentang Aplikasi E-Raport SD berbasis Web, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "APLIKASI E RAPOR SD BERBASIS WEB"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. 1X share dari Anda sangat berarti bagi kemajuan blog ini.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel