Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah Membuat Rapor Kurikulum Darurat KD Esensial

Membuat rapor peserta didik / siswa merupakan kewajiban bagi seorang guru. Membuat rapor adalah bagian dari tupoksi guru yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan tugas pokok. 

Keadaan pandemi karena virus corona membuat dunia pendidikan terkena dampak yang kurang baik. Hal ini membuat berbagai pihak mengupayakan agar dunia pendidikan dapat berjalan dengan semestinya. Kemendikbud mengupayakan dengan cara membuat pedoman kurikulum darurat. Selain itu melalui balitbang menyusun KD Esensial sehingga KD diajarkan disekolah tidak banyak atau dikurangi. 

Rapor Kurikulum Darurat KD Esensial

KD Esensial tentunya akan sangat membantu para Guru dalam melaksanakan pembelajaran. KD Esensial hanya memilah dari banyaknya KD Kurikulum 2013 yang berlaku secara Nasional. Mungkin beberapa dari kita merasakan banyak materi pelajaran yang belum tersampaikan karena proses pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh.

Namun yang perlu Anda ketahui bahwa Kemdikbud tidak memaksa sekolah menggunakan kurikulum darurat, namun diberikan pilihan yaitu tetap mengacu pada Kurikulum Nasional, menggunakan kurikulum darurat, atau melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri. 

Mengutip sedikit tentang asesmen (penilaian)  yang terdapat pada Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus.


Asesmen dalam Kondisi Khusus tetap dilaksanakan berdasarkan prinsip:

a. Valid yaitu Asesmen menghasilkan informasi yang sahih mengenai pencapaian Peserta Didik; 

b. Reliabel yaitu Asesmen menghasilkan informasi yang konsisten dan dapat dipercaya tentang pencapaian Peserta Didik;

c. Adil yaitu Asesmen yang dilaksanakan tidak merugikan Peserta Didik tertentu;

d. Fleksibel yaitu Asesmen yang dilaksanakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Peserta Didik dan Satuan Pendidikan;

e. Otentik yaitu Asesmen yang terfokus pada capaian belajar Peserta Didik dalam konteks penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari;

f. Terintegrasi yaitu Asesmen dilaksanakan sebagai bagian integral dari pembelajaran sehingga menghasilkan umpan balik yang berguna untuk memperbaiki proses dan hasil belajar Peserta Didik.

Kembali ke penilian dalam hal ini membuat raport, saat tulisan ini dibuat sudah tanggal 16 November 2020, idealnya Bapak Ibu Guru sudah melakukan proses pengentrian nilai ke Aplikasi Rapor karena semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 segera berakhir. Pembagian rapor dibagikan di pertengahan bulan Desember 2020. Jika Anda masih bingung tentang bagaimana membuat rapor karena menggunakan KD esensial lalu bagaimana dengan aplikasinya apakah ada? Nah mari kita bahas di postingan kali ini tentang langkah mudah memuat rapor kurikulum darurat KD esensial.


1. Mulai Kumpulkan dan Catat Nilai Siswa

Untuk membuat nilai rapor hal yang terpenting adalah mengumpulkan dan catat nilai masing-masing siswa. Bapak Ibu Guru tentunya memiliki daftar nilai, jika penilian dilakukan menggunakan metode daring seperti WhatsApp, Google Classroom, Google Drive, LMS Moodle, ataupun secara luring menggunakan lembar kerja silahkan catat ke daftar nilai. Hal ini akan mempermudah mengolah nilai di aplikasi raport. 

Nilai yang dikumpulkan tentunya sudah nilai per KD, baik itu KD esesnsial maupun KD lengkap tentunya sama saja harus nilai per KD. Jika Anda masih merasa kesulitan mencari nilai per KD bisa baca postingan sebelumnya: APLIKASI NILAI PER KD

Jangan lupa juga dengan jurnal penilian sikap, meskipun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh atau belajar dari rumah tetap harus ada. Penilian sikap spiritual dan sosial dilakukan dengan kerja sama dari orang tua. Penilaian sikap Belajar Dari Rumah (BDR) baiknya merupakan penilaian sikap yang bermakna  yaitu berdampak nyata, bermanfaat, dan berdaya guna.

Penilian yang bisa dilakukan di rumah debagai berikut:

1. Temukan keterkaitan dengan nilai nilai sikap misalnya gotong royong membersihkan rumah.

2. Temukan keterkaitan dengan pengetahuan misalnya bahan pembersih kaca

3. Temukan keterkaitan dengan keterampilan misalnya cara membersihkan jendela kaca 

4. Cara membuat campuran pembersih Temukan keterkaitan dengan literasi dan numerasi. Misalnya perbandingan jumlah air dengan pembersih membaca tata cara penggunaan cairan pembersih di kemasan pembersih


2. Pilih Aplikasi Rapor dan Mulailah Entry Nilai

Setelah mengumpulkan nilai dengan mencatat di buku daftar nilai maka langkah selanjutnya adalah mengentrikan ke aplikasi rapor. Lalu aplikasi rapor apa yang akan Anda gunakan? Sebenarnya aplikasi raport apa saja tahun pelajaran sebelumnya dapat digunakan. Lalu bagaimana dengan KD esensial....??? ya gak masalah...

Sekali lagi KD Esensial hanayalah pengurangan KD dari banyaknya KD Kurikulum Nasional 2013. Jadi walaupun di aplikasi KDnya lengkap kita tinggal memasukan nilai yang ada saja. 

Ada 2 aplikasi yang menurut kami bagus untuk digunakan:

1. Aplikasi E Rapor SD V 1.1

Aplikasi E Rapor SD merupakan aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh Direktorat Sekolah Dasar. Saat ini versi terbaru adalah E Rapor SD V 1.1 yang sudah disediakan KD Esensial Litbang. Aplikasi ini berbasis web dan terintegrasi dengan dapodik. Dengan adanya integrasi dari dapodik ini tidak lagi report mengentri  ulang data-data siswa karena semuanya serba otomatis. Aplikasi ini tentunya gratis, silahkan:  Download E-Rapor SD Versi 1.1 Tahun Pelajaran 2020/2021 

aplikasi erapor sd 2020 2021



2. Aplikasi Raport apK13sd Final

Aplikasi apk13sd adalah aplikasi raport berbasis excel yang kebetulan saya kembangkan sendiri. Aplikasi ini disusun berdasarkan Panduan Penilian SD 2018. Karena berbasis excel tentunya ada kelebihan-kelebihan tersendiri. Aplikasi ini dinamakan apk13sd artinya adalah aplikasi penilian kurikulum 2013 sd, proses dan alur pengolahan aplikasi ini disesuikan seperti buku panduan penilian, jika Anda sudah memahami buku penilaian tersebut kami yakin tidak akan kesulitan menggunakan aplikasi ini. Download gratis:  APLIKASI RAPORT K13 SD TAHUN 2019 REVISI FINAL

apk13sd tp 2020 2021


3. Memodifikasi apK13sd KD Esensial 

Waluapun apk13sd masih bisa digunakan untuk KD esensial, karena cukup entrykan data nilai sesuai KD. Namun jika anda menginginkan apk13sd sesuai KD esensial, cara mengedit atau memodifikasinya sangat mudah. Aplikasi ini tidak diberi password, dan memungkinkan pengguna untuk memodifikasi sesuai keperluan sekolah.

Dan berikut ini langkah-langkah memodifikasi apk13sd ssuai KD esensial.

1. Silahkan persiapkan dulu daftar KD esessial sesuai Keputusan Balitbang nomor: 018/H/KR/2020 tanggal 5 Agustus 2020 tentang Kompentensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Paud, Dikdas, dan Dikmen berbentuk Sekolah Menengah Atas untuk Kondisi Khusus, jika belum punya silahkan unduh terlebih dahulu.

  1. KD Esensial Kelas 1 SD ( unduh )
  2. KD Esensial Kelas 2 SD ( unduh )
  3. KD Esensial Kelas 3 SD ( unduh )
  4. KD Esensial Kelas 4 SD ( unduh )
  5. KD Esensial Kelas 5 SDunduh )
  6. KD Esensial Kelas 6 SD ( unduh )

2. Buka apk13sd, kemudian pilih mapel yang akan diganti KD nya

pilih mapel rapor

3. Klik pada "tombol KD"

klik tombol kd rapor

4. Silahkan masukan KD  Esensial di sini, hal yang perlu diperhatikan ada 2 kolom, yaitu kolom KD asli dan KD ringkasan. KD ringkasan berguna agar nantinya deskripsi tidak terlalu panjang. Untuk huruf awal KD yang diringkas silahkan gunakan huruf kecil karenan nantinya KD ini akan dirangkai menjadi kalimat deskripsi.

isikan kd esensial

Penutup

Demikianlah  langkah mudah membuat rapor pada kurikulum darurat KD esensial pada tahun pelajaran 2020/2021 semester 1. Semoga tulisan yang kami sajikan ini berguna untuk Anda

Jika ada komentar silahkan, dan bantu bagikan ke rekan Guru khususnya yang menggunakan aplikasi raport apk13sd, terima kasih....  

Sumber Referensi: 
https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/
http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/e-raport

Posting Komentar untuk "Langkah Mudah Membuat Rapor Kurikulum Darurat KD Esensial "