Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Perbedaan AKM dan Asesmen Nasional (AN)

Ada baiknya kita sebagai Pendidik (Guru) atau Tenaga Kependidikan (Tenaga Administrasi) mengetahui betul apa perbedaan antara AKM dan AN karena merupakan dua istilah yang berbeda. Ya iyalah tulisanan saja sudah berbeda... hehe namun bukan itu ya... Pada postingan kali ini saya ingin sedikit sharing perbedaan antara AKM dan AN. Baiklah langsung saja inilah perbedaanya...

Perbedaan AKM dengan AN
Perbedaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dengan  Asesmen Nasional (AN)


Singkatan AKM dan AN

AKM adalag singkatan dari Asesmen Kompetensi Minumum. AN adalah singkatan dari Asesmen Nasional


Pengertian AKM dan AN

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca maupun numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

Pengertian AKM


Asesmen Nasional (AN) merupakan upaya untuk memotret secara komprehensif mutu proses dan hasil belajar satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh Indonesia. Informasi yang diperoleh dari asesmen nasional diharapkan digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu hasil belajar murid.


Tujuan AKM dan AN

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dirancang untuk menghasilkan informasi yang memicu perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar murid.

tujuan akm


Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.

Bimbingan Belajar AKM dan AN

AKM merupakan sebuah penilaian kompetensi individu siswa, jika pembelajaran disekolah dirasa tidak cukup tentu boleh saja mengikuti Bimbingan Belajar Atau Les.

persiapan asesmen nasional

AN merupakan penilaian pemetaan satuan pendidikan, jadi tidak perlu persiapan khusus siswa seperti Bimbel atau Les.


Waktu Pelaksanaan AKM dan AN

AKM dilaksanakan sesuai waktu yang ditentukan oleh guru masing-masing pada satuan pendidikan.

Jadwal Asesmen Nasional September Oktober 2021
Jadwal Asesmen Nasional (AN) Bulan September Oktober 2021

AN dilaksanakan oleh pemerintah yang waktunya untuk tahun 2021 ini dijadwalkan pada bulan September dan November 2021.

Peserta AKM dan AN

Peserta AKM diikuti oleh semua siswa jenjang kelas SD, SMP, SMA. Saat ini AKM dibagi menjadi 6 level pembelajaran yaitu Level 1 (Kelas 1 & 2), Level 2 (Kelas 3 & 4) Level 3 (Kelas 5 & 6), Level 4 ( Kelas 7 & 8), Level 5 (Kelas 9 & 10), Level 6 (Kelas 11 & 12).

peserta akm

Peserta AN adalah sebagian siswa Kelas V jenjang SD, kelas VIII jenjang SMP, dan Kelas XI jenjang SMA yang dipilih secara acak oleh Kemdikbud. 


Kesimpulan AKM dan AN

Aesemen Kompetensi Minimum (AKM) dengan Asesmen Nasional adalah hal yang berbeda. Istilah AN digunakan untuk mengukur dan memetakan AKM. 


Kami sarankan agar Anda lebih memahami apa ikti Asesmen Kompetensi Minum (AKM)

Ikuti: INILAH 4 MANFAAT IKUT GURU BELAJAR SERI AKM DAN CARA DAFTARNYA

Daftar Pustaka

  • Puspenjar.2020.AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran.
  • Puspenjar.2021.Lembar Tanya Jawab Asesmen Nasional
  • Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.Diakses dari https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/AKM/. Diakses 31 Januari 2021
Jika Anda merasa ada tulisan saya yang keliru, mohon koreksinya melalui kotak komentar yang tersedia dibawah ini. Dan semoga uraian singkat tentang AKM dan AN ini bermanfaat. Terima kasih.

1 komentar untuk " Inilah Perbedaan AKM dan Asesmen Nasional (AN)"

  1. Dengan penjelasan ini kita dapat mengerti tentang perbedaan anatara AKM dengan AN

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.