LEMBAR JAWAB K13 PTS/PAS/PAT SD

Daftar Isi
Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabar teman-teman semuanya, kami harap selalu dalam curahan kasih sayangNya.

Pada postingan kali ini saya akan membagikan file lembar jawab K13 yang bisa digunakan untuk Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semeter (PAS), dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) khusunya untuk jenjang Sekolah Dasar (SD).
lembar jawab k13 sd tematik

Seperti yang kita ketahui bahwa mulai tahun pelajaran 2019/2020 seluruh sekolah di Indonesia menerapkan Kurikulum 2013. Namun menurut informasi yang kami dapat melaui grup WhatsApp beberapa sekolah masih menggunakan Kurikulum 2006.

[Daftar Isi]



KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN LEMBAR JAWAB

Sekolah di tempat saya bekerja sudah terbiasa menggunakan lembar jawab untuk melaksanakan UTS/PTS, UAS/PAS, UKK/PAT. Keuntungan menggunakan lembar jawab diantaranya:
  1. Memudahkan koreksi khususnya untuk pilihan ganda. Biasanya guru menggunakan mika cover transparan untuk menandai kunci jawaban. Ada juga dengan cara menggunakan lembar jawab yang dilubangi baik itu menggukan cutter, rokok, ataupun obat nyamuk bakar. Untuk mika transparan baiknya menggunakan spidol permanent supaya tidak mudah terhapus atau malah mengotori tangan.
  2. Beban bawaan menjadi ringan. Ini dikarenakan tiap siswa hanya 1 lembar, kalau jawaban ditulis pada lembaran soal tentunya akan berlembar-lembar. Guru terkadang lembar lembur, di rumah untuk melakukan koreksi.
  3. Lembaran soal bersih tanpa coretan. Lembaran soal biasanya juga digunakan untuk latihan-latihan pada tahun pelajaran berikutnya.
  4. Setelah guru mencatat nilai pada buku nilai, lembar jawaban bisa dibagikan ke siswa. Beberapa guru meminta tanda tangan orang tua untuk lembar jawaban yang sudah diberikan hasil nilainya.

FITUR LEMBAR JAWAB

Adapun lembar jawab yang saya susun adalah sebagai berikut:
  1. Dibuat menggunakan microsoft excel, karena menurut saya lebih mudah. Kita buat kotak-kotak seperti dibuku strimin. Kemudian kita mainkan untuk bordernya saja.
  2. Menggunakan gaya border yang tipis dengan alasan supaya melatih siswa menulis rapi. Selain itu untuk mempercepat proses cetak dan hemat tinta. Saya mencetak sendiri lembar jawab dikarenakan saat ini jasa foto copy tidak mau / tidak melayani fotocopy kertas buram.
  3. Menggunakan kertas ukuran F4. Jika Anda menggunakan printer tinta canon bisa langsung mencetaknya karena setingan file ini Legal dengan batas margin bawah 3,5 cm. Jika Anda menggunakan printer tinta biasa jangan langsung print banyak misalnya per lima puluh lembar, jika langsung banyak katrid akan cepat rusak. Selain itu juga dirasa tinta sudah hampir habis segera diisi. Faktor yang paling cepat merusakan katrid adalah tinta habis tapi dipaksa untuk ngeprint. Untuk printer Laser HP juga bisa langsung dicetak, atau ingin mengatur supaya presisi degan ukuran kertas F4 cara setingnya lihat di sini.

CARA MEMBUAT LEMBAR JAWAB DI EXCEL

Cara membuat border pada lembar jawab menggunakan excel

  1. Blok pada tabel/ kotak yang akan diberi garis border
  2. Klik kanan --- pilih "Format Cells" --- tab "Border"
  3. Silahkah atur garis border pada menu ini

Cara menhapus baris pada excel
Klik kanan --- "delete" --- "entry row"

Cara menambah/menyisipkan baris
Klik kanan --- "insert" --- "entry row"

DOWLOAD LEMBAR JAWAB

Silahkan download, dan edit sesuai keperluan. Karena pada kurikulum 2013 itu tematik maka lembar jawab tiap tema / paket harus diedit sendiri-sendiri karena bentuk dan sebaran jenis soal yang berbeda. Sebaran yang saya maksud adalah jenis soal pilihan ganda, isian, dan uraian. Jika Anda operator, hal ini sulit untuk anda lakukan, untuk itu tiap guru harus setor catatan sebaran soal.
>>> download di sini <<<

Lihat Video Proses Mencetak Lembar Jawaban Menggunakan Kertas Buram Agar Lebih Hemat


Download juga: Aplikasi untuk mempercepat koreksi dan melihat nilai per KD (unduh)

Lihat juga: Contoh Tata Tertib Peserta PTS (buka)

Demikianlah yang bisa saya share tentang lembar jawab untuk kurikulum 2013, semoga bisa berguna untuk sekolah di tempat Anda bekerja. Terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar