Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APLIKASI BUKU INDUK SISWA KURIKULUM 2013

Aplikasi buku induk siswa diharapkan mempermudah dalam pembuatan buku induk yang merupakan hal penting dalam administrasi sekolah. Buku induk siswa berisikan data profil pribadi, keterangan orang tua, perkembangan siswa baik secara fisik dan akademis termasuk nilai selama bersekolah. Pada kurikulum 2013 ( K13 ) terdapat nilai deskripsi, sehingga tentunya perlu menyesuaikan dengan perkembangan kurikulum.
aplikasi buku induk siswa k13
tampilan buku induk

Pada kesempatan ini saya akan coba membahas tentang buku induk kurikulum 2013 sekaligus membagikan aplikasinya berupa format excel. Aplikasi ini kami bagikan secara gratis dan dapat dipelajari maupun dimodifikasi dengan mudah.

Format Buku Induk Siswa K13 sepertinya memang belum ada panduanya dari pusat. Pada buku Panduan Tenaga Administrasi Sekolah Tahun 2017 yang diterbitkan Kemendikbud tidak ada contoh format buku induk siswa K13. Adapun pedoman buku induk dapat kita temukan pada buku Keputusan Bersama Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudyaan, dan Direktur Jendral Pemerintahan umum dan otonomi daerah Departemen Dalam Negeri Nomor: 15a/C/Kep/TU/97 nomor 422-208 Tanggal 3 Maret 1997 tentang Pedoman Administrasi Sekolah Dasar. Buku Induk masuk pada format S-4 Administrasi Kesiswaan.

Aplikasi buku induk siswa ini dibuat menggunakan microsoft excel. Secara umum rumus yang digunakan menggunakan vlookup dengan menggunakan format tabel data. Terdiri dari beberapa tabel data yaitu data siswa, data nilai semester 1 dan data nilai semester 2. Dengan menggunakan format tabel data maka kita akan mudah dalam menyesuikan rumus vlookup jika ada penambahan kolom pada tabel data. Silahkan download aplikasi ini gratis via google drive ( Aplikasi Buku Induk.rar)

Cara Menggunakan Aplikasi Buku Induk Siswa Format Excel.

1. Setelelah didownload, karena berbentuk file rar maka harus diekstrak terlebih dahulu, klik kanan --- "ekstrak here".

2. Buka file yang berformat excel, akan tampil menu utama dengan tombol-tombol hyperlink yang terhubung ke sheet lainya.

3. Isikan Data Menu Utama / Sheet data untuk data untuk identitas profil siswa lengkap. Anda bisa melengkapi data siswa menggunakan atau mengcopy paste dari data excel hasil export dapodik. Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi dapodik adalah aplikasi yang lengkap datanya.

4. Cetak / Sheet cetak berfungsi untuk mencetak lembar buku induk profil siswa, tempelkan juga foto siswa. Tips mengempel foto siswa, belah foto siswa sehingga menjadi tipis agar buku induk dapat tertata rapi dan mudah disimpan.
cetak profil buku induk siswa

5. Prestasi semester 1 dan semester 2 / sheet prestasi1 / sheet prestasi2. Berguna untuk memasukan data nilai siswa lengkap, dari nilai sikap, pengetahuan, keterampilan, Ekstrakurikuler, saran-saran, kesehatan, dan prestasi. Copykan dari aplikasi raport yang dimiliki, dan gunakan copy "paste" --- "spesial" --- "values". Paste values berguna agar hanya isi datanya saja yang tercopy tidak dengan rumus ataupun format.

6. Cetak Semester 2 dan Semester 1 / sheet I, sheet II. Sheet ini untuk mencetak nilai siswa yang merupakan bagian dari buku induk. Formatnya mirip dengan format raport. Format ini kami dapatkan dari blangko buku induk cetak yang dibeli oleh sekolah dimana saya berkerja.

7. Karena dicetak berlembar-lembar maka perlu dibuatkan footer supaya tidak tertukar. Footer ini akan tercetak pada bagian bawah setiap halaman. Footer yang bisa kita tambahkan misalnya "Buku Induk - Data Prestasi - Tahun Pelajaran - Semester" Tidak perlu menambahkan nama siswa karena pada nilai deskripsi sudah dicantumkan nama siswa. Cara membuat footer klik "Insert" --- "Header & Footer". Bisa juga melalui page setup, untuk lebih jelas bisa mempelajarinya di ( postingan ini )

Buku induk siswa biasanya dikerjakan setelah pembagian raport. Di jenjang Sekolah Dasar (SD) buku induk diisi oleh guru kelas masing-masing. Di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) buku induk dikerjakan oleh TU atau Tenaga Administrasi Sekolah. Untuk aplikasi yang kami share disini adalah untuk jenjang SD, namun tidak menutup kemungkinan dapat dimodifikasi untuk SMP bahkan SMA

Buku induk siswa sebaiknya disimpan di tempat yang aman, dan mudah dijangkau. Aman disini juga berarti aman dari api dan air. Buku induk  siswa dapat disimpan pada lemari besi. Untuk lebih detailnya mungkin bisa tanya-tanya dengan teman yang mempelajari ilmu kearsipan.

Aplikasi buku induk siswa ini dapat sebagai pelengkap aplikasi yang telah sebelumnya saya susun yaitu aplikasi raport apk13sd. Namun penggunaan aplikasi ini tentunya tidak harus menggunakan aplikasi raport apk13sd, asalkan ada data nilai angka, nilai peringkat, dan nilai deskripsi yang dapat dicopy paste.

Download juga:
1. Aplikasi Raport apk13sd ( di sini )
2. Aplikasi Raport Kang Martho ( di sini )
3. Aplikasi Rapor Versi Lainya ( di sini )

Demikianlah tentang aplikasi buku induk siswa k13 excel gratis. Kritik dan saran diharapkan agar aplikasi ini dapat lebih baik lagi untuk kedepannya. Semoga bermanfaat...

2 komentar untuk "APLIKASI BUKU INDUK SISWA KURIKULUM 2013"

  1. Link downloadnya mana Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah kami share di atas, pada "silahkan download aplikasi ini gratis via google drive ( Aplikasi Buku Induk.rar)"

      Hapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.