Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APLIKASI RAPORT KURIKULUM MERDEKA SD, SMP, SMA/SMK VERSI EXCEL

Asslamulaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah

Bagaimana kabarnya Sahabat GTK?

Semoga dalam keadaan sehat wal afiat, dan tidak lupa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pada postingan kali ini saya akan sedikit berbagi informasi mengenai aplikasi raport kurikulum merdeka berserta panduan praktis cara menggunakanya bagi pemula.

Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Excel
Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Excel Ayu Chandra

Harapanya dengan tutorial penggunaan aplikasi raport kurikulum merdeka ini Bapak/Ibu Guru bisa dengan mudah mengolah nilai dan mencetak raport.


Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Format Excel

Saat tulisan ini dibuat Pemerintah sudah meresmikan kurikulum baru dengan nama kurikulum merdeka. Namun pemerintah setelah peluncuran kurikulum baru ini masih memberikan pilihan penuh kepada sekolah untuk menggunakan kurikulum merdeka atau kurikulum 2013.

Walaupun pilihan, namapaknya banyak sekolah yang sudah memilih Kurikulum Merdeka mengikuti program Implemetasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara mandiri. Ada tiga kelompok IKM yaitu IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah, dan IKM Mandiri Berbagi. Lebih jelasnya baca postingan sebelumnya: Secara Resmi Kurikulum Baru Diberi Nama "Kurikulum Merdeka"

Untuk itu penting sebuah aplikasi raport kurikulum merdeka. Namun belum ada informasi tentang penggunaan aplikasi baku/resmi dari Kemendikbudistek. 

Adapun aplikasi yang akan kita bahas dan sama-sama pelajari di sini adalah aplikasi berbasis excel. Aplikasi excel dirasa lebih mudah digunakan dan mudah disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Aplikasi ini merupakan buatan dari Ibu Guru yang keren banget, bernama Ayu Chandra Astari. Beliau adalah fasilitator narasumber Sekolah Penggerak yang merupakan sekolah yang pertama kali mencicipi kurikulum merdea yang saat itu masih dinamakan Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum Paradigma baru / Kurikulum Prototipe.

Ibu Ayu mengembangkan aplikasi ini, awalnya karena Sekolahnya ikut Sekolah Penggerak dan aplikasi ini untuk digunakan sendiri.

Karena aplikasinya sederhana dan dirasa sesuai dengan Kaidah Asesmen Kurikulum Merdeka banyak teman-teman Guru yang menggunakan. Eh.. saat itu masih bertana Raport Sekolah Penggerak (SP).

Kabar baiknya Bu Ayu masih tetap melanjutkan pengembangan aplikasi yang menyesuikan juknis terbaru Panduan Pembelajaran dan Asesmen Revisi 2022

Dan dirilislah Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka 2022

Karena untuk panduan pembelajaran dan asesmen revisi 2022 ini jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK jadi satu, maka aplikasi ini dapat digunakan untuk jenjang yang dimaksud. Namun tentunya perlu sedikit modifikasi.

Panduan Praktis Aplikasi Raport Kurilum Merdeka Versi Ayu Chandra

Disini saya coba uraikan cara praktis dan mudah menggunakan aplikasi Raport Kurikulum  Merdeka berbasis excel by Ayu Chandra.

1. Download dulu file aplikasinya, disediakan folder google drive langsung dari penyusun aplikasi  silahkan pilih yang versi terbaru. ( di sini )

Download Aplikasi Raport Ayu Chandra

2. Bagi Bapak/Ibu yang belum terbiasa mendownload file excel dari google drive, silahkan pilih menu "File" --- "Download" --- "Microsoft Excel (xlsm)"

download aplikasi raport ikm ayu chandra


3. Buka file "APLIKASI RAPOR IKM 2022 AYU CHANDRA.xlsm"

APLIKASI RAPOR IKM 2022 AYU CHANDRA xlsm

4. Akan ditampikan menu utama aplikasi. Mulailah secara berurutan dari kiri ke kanan. 

menu aplikasi raport ayu chadra

5. Di sheet "DATA SEKOLAH" diisi data Sekolah, nantinya ini akan tercetak di laman raport, dan penandatangan raport. Untuk mengisi data kelas tinggal pilih saja, kalau di ketik manual tidak bisa.


6. Di sheet "DATA SISWA" diisi data siswa, isikan juga data kehadiran siswa. Tips:  Cara Cepat Copy Data Siswa Dapodik Ke Aplikasi Raport Excel


7. Sheet "INTRAKURULER" untuk mengisi data Mapel, silahkan isikan sesuai mapel yang ada pada Kurikulm Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) sekolah masing-masing.


8. Sheet "EKSTRAKURIKULER" untuk mengisikan pogram ekstrakurikuler yang diberikan di sekolah Anda.


9. Sheet "TUJUAN PEMBELAJARAN" silahkan masukan data Tujuan Pembelajaran (TP) tiap mata pelajaran untuk satu semester ini.


10. Sheet "TP" untuk mengisikan data TP, namun perlu diperhatikan yang dimasukan disini bukan TP lengkap, namun rangkuman atau poin pentingnya. Ini akan digunakan untuk membuat nilai deskripsi raport kurikulum merdeka. Lihat:  Daftar Tujuan Pembelajaran (TP) IPAS Kelas IV untuk Deskripsi Raport

sheet isi ringkasan tp

11. Sheet "Lingkup Materi" isikan lingkup materi. Nantinya tiap lingkup materi ada Asesmen Sumatif. Disini lingkup materi saya coba samakan dengan Topik per Bab. (Mohon koreksi)

mengisi lingkup materi aplikasi raport

12. Pada Deskripsi Penilaian Ekstrakulier diisi pilihan sesuai dengan pilihan siswa. Pada deskripsi ekstrakurikuler tuliskan capaian pembelajaran siswa dalam program ekstrakurikuler yang dipilihnya secara kualitatit. Contoh deksripsi "Baik, mampu menerapkan Dwi Darma maupun Dasa Darma, Cakap memahami sejarah dan teknik kepramukaan"

13. Pada Input Asesmen Formatif pada aplikasi ini adalah sebagai berikut:

Input Asesmen Formatif Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka
Petunjuk Pengisian:

1. Rapor ini berasumsi bahwa guru telah melakukan penilaian formatif dan direkap dalam lembar tersendiri

2. Pada Kolom Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) , pilih '0' jika siswa tidak memenuhi KKTP, Pilih '1' jika siswa memenuhi KKTP. Bisa juga diketikkan langsung angka 1 atau 0

3. Pada Kolom Tampil/Tidak, pilih '0' jika tidak ingin menampilkan TP tersebut di deskripsi rapor, pilih '1' jika ingin menampilkan TP di deskripsi rapor. Bisa juga diketikkan langsung angka 1 atau 0

Contoh:

Pada TP 1, siswa mencapai KKTP tapi tidak ingin ditampilkan dalam rapor. Pilih KKTP = 1, dan Tampil/Tidak = 0.

Pada TP 2, siswa tidak mencapai KKTP tapi ingin ditampilkan dalam rapor. Pilih KKTP = 0, dan Tampil/Tidak = 1.

Isilah hanya pada TP yang diinginkan masuk dalam deskripsi rapor


14. Untuk memasukan nilai Sumatif pada aplikasi ini adalah per lingkup Materi, bukan per TP. Ini nampaknya lebih mudah, walaupun kalau pemahaman saya untuk nilai baiknya tetap dicari nilai Per TP. (Bagaimana pendapat Anda? masukan di kolom komentar).

Input Sumatif Aplikari Raport Merdeka

Asesmen Sumatif dilaksanakan tiap akhir lingkup materi dan/atau akhir semester.

1. Asesmen Sumatif Akhir Semester tidak wajib untuk dilakukan, kewenangan diserahkan pada sekolah.

2. Isilah dengan nilai kuantitatif sejumlah asesmen sumatif yang sudah dilakukan (tidak harus diisi semua)

3. Bentuk asesmen sumatif tidak hanya tes tulis saja bisa beragam (proyek, unjuk kerja, observasi, dll.)


15. "Nilai Akhir Asesmen Sumatif" Ini adalah rangkuman hasil penilaian asesmen sumatif akhir lingkup materi dan/15.atau sumatif akhir semester. Tidak perlu dilakukan perubahan apapun.


16. Cetak Sampul raport, tinggal ketik sesuai nomor absen atau cukup klik tombol spin button.


17. Sheet "Cetak Raport" untuk mencetak raport, seperti cetak sampul rapot cukup ketik nomor absen, maka nilai data data siswa akan muncul otomatis pada sheet ini dan siap di cetak.

sheet cetak raport kurkulum merdeka

  • Untuk melihat hasil sebelum di print Klik "Print Preview"
  • Untuk mencetak rapor, klik "Print Out"
  • Jika tombol tidak berfungsi, cek di bagian atas biasanya  ada Security Warning Macros have been disabled.  Untuk mengaktifkannya, klik "Enable Content" di sebelah pesan tersebut.

18. Disini juga sudah dilengkapi lembar "Keterangan Mutasi". Di Print saja, nanti jika mutas di tulis manual saja.


19. Pada aplikasi raport kurikulum merdeka buatan Bu Ayu Chandra juga dilengkapi format Buku Induk Siswa, jika sudah sesuai format bisa langsung dimanfaatkan.

Fitur Buku Induk Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka

Penutup

Kiranya itu yang bisa saya share pada postingan kali ini tentang Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Berbasis Excel buatan Bu Ayu Chandra dan bagaimana cara menggunakanya dengan mudah.

Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Ayu Chandra, atas karya inovatifnya berupa aplikasi Raport yang memudahkan Bapak/Ibu Guru dalam mengolah dan mencetak raport kurikulum merdeka

Bila ada pertanyaan bisa disampaikan melaui kotak komentar di bawah ini, mari sama-sama belajar tentang aplikasi raport ini.

Bisa juga bergabung di Grup WhatsApp ( di sini )

Terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

7 komentar untuk " APLIKASI RAPORT KURIKULUM MERDEKA SD, SMP, SMA/SMK VERSI EXCEL"

  1. Saya butuh bantuan karena mata pelajaran kami ada 16 karena IPA dan IPS diajarkan terpisah sedangkan format hanya ada 15 Mapel. butuh solusi, trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah banyak juga ya...

      Apa iya sampai 16 Mapel? Apa saja itu???

      Hapus
  2. Terimakasih Pak Nir Singgih dan ibu Ayu yang berbaik hati share aplikasi ini
    semoga kebaikan bapak dan ibu di balas Tuhan YME. Terus lah tergerak, bergerak dan menggerakkan. Kami tunggu karya 2 bapak dan ibu selanjutnya.

    BalasHapus
  3. Terimakasih untuk pak singgih dan bu ayu yang sudah sharing aplikasi ini.
    Tapi saya ada kendala, karena di sma kami ada 16 mapel.
    1. Matematika
    2. Sosiologi
    3. B. Inggis
    4. Sejarah
    5. Fisika
    6. Pkn
    7. Kimia
    8. Agama
    9. Ekonomi
    10. B. Jawa
    11. Biologi
    12. Pkwu
    13. B. Indo
    14. Pjok
    15. Geografi
    16. Informatika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah beneran 16 Mapel,

      Semoga bu Ayu bisa mengembangkan aplikasinya agar suport lebih banyak mapel.

      Hapus
  4. ijin bertanya untuk menginput TP agama, disekolah ada 3 agama berbeda ditiap kelas, bagaimana solusinya?

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK