Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Tujuan Pembelajaran (TP) IPAS Kelas IV untuk Deskripsi Raport

Halo sahabat GTK...

Langsung saja pada postingan ini saya akan share daftar Tujuan Pembelajaran (TP) Kelas IV Kurikulum Merdeka mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Data TP ini digunakan untuk mempermudah dalam mengisi aplikasi raport kurikulum merdeka yang masih kosong.

TP IPAS Kelas IV Deskripsi Raport
TP IPAS Kelas IV Digunakan untuk Deskripsi Raport


Data TP IPAS untuk Aplikasi Raport

Pada saat saya memposting ini sebenarnya saya sendiri juga sedang mencari daftar TP IPAS untuk dimasukan kedalam data aplikasi raport.

mengisi TP Aplikasi Raport

Sebelumnya saya sudah share tentang bagaimana membuat/menentukan Tujuan Pembelajaran (TP) yang diambil dari Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah ditentukan oleh Pemerintah.

Idealnya TP dibuat sendiri oleh guru menyesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. Namun hal ini sangat menyita waktu jika harus membuat TP sendiri. TP bisa kita ambil dengan mudah di contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang juga sudah disedakan pemerintah dan bisa di download di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Namun setelah saya mendwonload ATP dan saya cocokan dengan Buku Teks/Buku Paket IPAS Kelas IV ternyata ada beberapa yang kurang cocok.

TP IPAS Kelas IV

Untuk itu cara paling mudah untuk mendapatkan data daftar TP adalah dengan melihat pada Buku yang juga akan sinkron dengan pembelajaran yang dilaksanakan. 

Walaupun pada kurikulum merdeka buku teks bukan satu-satunya sumber belajar untuk mencapai Tujuan Pembgelajaran.

CP IPAS Kelas IV SD (Fase B)

Sebelum kita lanjut ke Data Daftar TP IPAS Kelas IV, berikut ini adalah CPnya yaitu fase B.

Di akhir fase ini, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindra dan dapat mencatat hasil pengamatannya. Dengan menggunakan panduan, peserta didik mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Peserta didik juga membuat rencana dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan berdasarkan panduan tertentu. Peserta didik menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan mengutamakan keselamatan serta menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat.

Peserta didik mengorganisasikan data dalam bentuk tabel dan grafik sederhana untuk menyajikan data dan mengidentifikasi pola. Peserta didik juga membandingkan antara hasil pengamatan dengan prediksi dan memberikan alasan yang bersifat ilmiah serta mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Peserta didik mampu menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan. Selanjutnya peserta didik mengomunikasikan hasil penyelidikan secara verbal dan tertulis dalam berbagai format.

Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari dan mendemonstrasikan bagaimana beragam jenis gaya memengaruhi gerak benda.

Di akhir fase ini peserta didik mampu menjalankan peran dan tanggung jawab sebagai bagian dari anggota keluarga dan warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya.

Peserta didik mengenal budaya, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini.

Peserta didik mampu memperoleh/menciptakan sesuatu dengan alat dan bahan yang ada di sekitarnya. Peserta didik mengenali kebutuhan atau keinginannya, nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat yang dibutuhkan.

 Hehe panjang banget ya....

Daftar TP IPAS Kelas IV yang diringkas

Untuk daftar TP saya mengambil dari tabel pada halaman 19 Buku Guru Kelas IV Mapel IPAS Kurikulum Merdeka.

TP IPAS Buku Guru


Dalam kaitanya aplikasi raport, Bapak/Ibu Guru perlu seerti merangkum TP, ambil point pentingnya saja yang nantinya akan dijadikan Nilai Deskripsi Raport.

Disini saja juga mencoba menambahkan Kode yang saya ambil dari Bab (B) dan Topik (T)

Membuat kode sendiri akan memudahkan saat memasukan di daftar nilai kurikulum merdeka yang kemudian akan diolah di aplikasi raport.


Topik Tujuan Pembelajaran (TP) Ringkasan TP
/Poin Materi
Kode
BAB:
Topik:
Urut:
BAB: 1
Topik A:
Bagian
Tubuh
Tumbuhan
1. Peserta
didik bisa
mengidentifikasi
bagian-bagian
tubuh dari
tumbuhan.
2. Peserta didik

memahami
fungsi dari
masing-masing
bagian tubuh
tumbuhan.
3. Peserta didik

bisa mengaitkan
fungsi bagian
tubuh dengan
kebutuhan
tumbuhan
untuk tumbuh,
mempertahankan
diri, serta
berkembang
biak.
1. mengidentifikasi
bagian-bagian
tubuh dari
tumbuhan.

2. memahami
fungsi dari
masing-masing
bagian tubuh
tumbuhan

3. mengaitkan
fungsi bagian
tubuh dengan
kebutuhan
tumbuhan
untuk tumbuh,
mempertahankan
diri, serta
berkembang
biak.
1. 1A1

2. 1A2

3. 1A3
BAB 1
Topik B:Fotosintesis,
Proses

Paling
Penting di
Bumi
1. Peserta
didik dapat
memahami
kebutuhan
tumbuhan untuk
melakukan
proses
fotosintesis
serta hasil dari
fotosintesis.
2. Peserta

didik dapat
memahami
dampak proses
fotosintesis dan
mengaitkannya
dengan
pentingnya
menjaga
tumbuhan di
Bumi.

3. Peserta
didik dapat
mengaitkan
proses
fotosintesis
dengan makhluk
hidup lain.
1. memahami
kebutuhan
tumbuhan untuk
melakukan
proses
fotosintesis
serta hasil dari
fotosintesis.

2. memahami
dampak proses
fotosintesis dan
mengaitkannya
dengan
pentingnya
menjaga
tumbuhan di
Bumi.

3. mengaitkan
proses
fotosintesis
dengan makhluk
hidup lain
4. 1B1

5. 1B2

6. 1B3
BAB 1
Topik C:
Perkembangbiakan
Tumbuhan
1. Peserta didik
bisa mengidentifikasi
bagianbagian
bunga
dan fungsinya.
2. Peserta didik

bisa mendeskripsikan
cara
perkembangbiakan
tumbuhan
berbunga.
3. Peserta didik

bisa mendeskripsikan
macam-macam
cara penyebaran
biji.
4. Peserta didik

bisa mengaitkan
hubungan
makhluk
hidup lain dan
komponen
abiotik dalam
membantu
perkembangbiakan
tumbuhan
1. mengidentifikasi
bagianbagian
bunga
dan fungsinya.

2. mendeskripsikan
cara
perkembangbiakan
tumbuhan
berbunga

3. mendeskripsikan
macam-macam
cara penyebaran
biji.

4. mengaitkan
hubungan
makhluk
hidup lain dan
komponen
abiotik dalam
membantu
perkembangbiakan
tumbuhan.
7. 1C1

8. 1C2

9. 1C3

10. 1C4
BAB 1
Proyek
Pembelajaran

1. Peserta didik
bisa membuat
bagan siklus
hidup tumbuhan
berdasarkan
hasil
pengamatan dan
praktik.
2. Peserta didik

dapat merawat
tumbuhan
sampai tumbuh
dengan baik.
3. Peserta didik

mengenal data
sebagai sumber
informasi dan
cara untuk
membuktikan
sesuatu.
1. membuat
bagan siklus
hidup tumbuhan
berdasarkan
hasil
pengamatan dan
praktik.

2. merawattumbuhan
sampai tumbuh
dengan baik.

3. mengenal data
sebagai sumber
informasi dan
cara untuk
membuktikan
sesuatu.
11. 1D1

12. 1D2

13. 1D3
BAB 2
Topik A:
Zat, Makhluk
apa
itu?
1. Peserta didik
mengenali
materi dan
karakteristiknya.
2. Peserta didik
mempelajari
karakteristik wujud
zat/materi.
3. Peserta didik
mencari tahu
bagaimana
perubahan wujud
zat terjadi.
1. mengenali
materi dan
karakteristiknya.

2. karakteristik wujud
zat/materi.

3. perubahan wujud
zat terjadi.
14. 2A1

15. 2A2

16. 2A3
BAB 2
Topik B:
Memangnya
wujud
materi
seperti
apa?
1. Peserta didik
mendeskripsikan
karakteristik wujud
zat padat, cair dan
gas.
2. Peserta didik dapat
mengidentifikasi
apakah suatu
zat yang ditemui
dalam kehidupan
sehari-hari
merupakan zat
padat, cair atau
gas.
3. Peserta didik dapat
membedakan
karakteristik wujud
zat padat, cair dan
gas.
1. mendeskripsikan
karakteristik wujud
zat padat, cair dan
gas.

2. mengidentifikasi
apakah suatu
zat yang ditemui
dalam kehidupan
sehari-hari
merupakan zat
padat, cair atau
gas.

3. membedakan
karakteristik wujud
zat padat, cair dan
gas.
17. 2B1

18. 2B2

19. 2B3
BAB 2
Topik C:
Bagaimana
Wujud
Benda
Berubah?
1. Peserta didik dapat
mengindentifikasi
perubahan wujud
benda yang terjadi.
2. Peserta didik
dapat menjelaskan
bagaimana
perubahan wujud
benda dapat
terjadi.
1. mengindentifikasi
perubahan wujud
benda yang terjadi.

2. menjelaskan
bagaimana
perubahan wujud
benda dapat
terjadi.
20. 2C1

21. 2C2
BAB 3
Topik A:
Pengaruh
Gaya di
Sekitar
Kita
1. Peserta didik
memahami konsep
dasar gaya dan
pengaruhnya
terhadap benda.
2. Peserta didik
memahami konsep
gaya gesek dan
manfaatnya dalam
kehidupan seharihari.
1. konsep
dasar gaya dan
pengaruhnya
terhadap benda.

2. konsep
gaya gesek dan
manfaatnya dalam
kehidupan seharihari.
22. 3A1

23. 3A2
BAB 3
Topik B:Magnet,
Sebuah
Benda
yang
Ajaib
1. Peserta didik
mengenal gaya
magnet dan
sifatnya.
2. Peserta didik dapat
mengidentifikasi
tipe gaya yang
dihasilkan dari
benda magnetis.
3. Peserta didik
dapat mengetahui
manfaat dan
penerapan gaya
magnet dalam
aktivitas seharihari.
1. mengenal gaya
magnet dan
sifatnya.

2.mengidentifikasi
tipe gaya yang
dihasilkan dari
benda magnetis.

3. mengetahui
manfaat dan
penerapan gaya
magnet dalam
aktivitas seharihari.
24. 3B1

25. 3B2
dst.....


Untuk lingkup materi daftarnya sebagai berikut:


Bab 1 – Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi
  • Informasi Cakupan Konten Materi
  • Pengenalan Topik Bab 1 (2 JP)
  • Pengajaran Topik A: Bagian Tubuh Tumbuhan (5 JP)
  • Pengajaran Topik B: Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi (8 JP)
  • Pengajaran Topik C: Perkembangbiakan Tumbuhan (7 JP)
  • Proyek Belajar
  • Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman

Bab 2 – Wujud Zat dan Perubahannya
  • Informasi Cakupan Konten Materi
  • Pengajaran Topik A: Materi, Makhluk Apa Itu? (4 JP)
  • Pengajaran Topik B: Memangnya Wujud Materi Seperti apa? (8 JP)
  • Pengajaran Topik C: Bagaimana Wujud Benda Berubah? (5 JP)
  • Proyek Belajar
  • Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman


Bab 3 – Gaya di Sekitar Kita
  • Informasi Cakupan Konten Materi
  • Pengenalan Topik Bab 3 (2JP)
  • Pengajaran Topik A: Pengaruh Gaya terhadap Benda (6 JP)
  • Pengajaran Topik C: Benda yang Elastis (5 JP)
  • Pengajaran Topik D : Mengapa Kita tidak Melayang di Udara? (4 JP)
  • Proyek Belajar
  • Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman

Bab 4 – Mengubah Bentuk Energi
  • Informasi Cakupan Konten Materi
  • Pengenalan Topik Bab 4 (2 JP)
  • Pengajaran Topik A: Transformasi Energi di Sekitar Kita (6 JP)
  • Pengajaran Topik B: Energi yang Tersimpan (6 JP)
  • Pengajaran Topik C: Energi yang Bergerak (6 JP)
  • Proyek Belajar
  • Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman

Bab 5 – Cerita Tentang Daerahku
  • Informasi Cakupan Konten Materi
  • Pengenalan Topik Bab 5 (2 JP)
  • Pengajaran Topik A: Seperti Apa Daerah Tempat Tinggalku Dahulu? (5 JP)
  • Pengajaran Topik B: Daerahku dan Kekayaan Alamnya (7 JP)
  • Pengajaran Topik C: Masyarakat di Daerahku (7 JP)
  • Proyek Belajar
  • Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman

Bab 6 – Indonesiaku Kaya Budaya
  • IInformasi Cakupan Konten Materi
  • Pengenalan Topik Bab 6 (2 JP)
  • Pengajaran Topik A: Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku (6 JP)
  • Pengajaran Topik B: Kekayaan Budaya Indonesia (8 JP)
  • Pengajaran Topik C: Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Keberagaman Budaya (6 JP)
  • Proyek Belajar
  • Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman

Bab 7 – Bagaimana Mendapatkan Semua Kebutuhan Kita?
  • Informasi Cakupan Konten Materi
  • Pengenalan Topik Bab 7 (2 JP)
  • Pengajaran Topik A: Aku dan Kebutuhanku (6 JP)
  • Pengajaran Topik B: Bagaimana Aku Memenuhi Kebutuhanku (6 JP)
  • Pengajaran Topik C: Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Cara Pemenuhan Kebutuhan (6 JP)
  • Proyek Belajar
  • Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman

Bab 8 – Membangun Masyarakat yang Beradab
  • Informasi Cakupan Konten Materi
  • Pengenalan Topik Bab 8 (2 JP)
  • Pengajaran Topik A: Norma dan Adat Istiadat di Daerahku (6 JP)
  • Pengajaran Topik B: Kini Aku menjadi Lebih Tertib! (6 JP)
  • Pengajaran Topik C: Awas! Kita bisa Dihukum! (7 JP)
  • Proyek Belajar
  • Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman

Download: Buku Guru Kelas IV Kurikulum Merdeka

Penutup

Demikianlah tentang daftar Tujuan Pembelajaran (TP) Mapel IPAS Kelas IV SD untuk dimasukan di data aplikasi raport.

TP Raport Ayu Chandra Terisi

Intinya dalam mendeskripsikan nilai pada raport adalah benar-benar Capaian Kompetensi yang dikuasi Peserta Didik, buka asal deskripsi.

Asal deskripsi ini juga masih banyak dilakukan pada raport kurikulum 2013, karena tidak menyinkronkan aplikasi dengan pemetaan KD.

Pada kurikulum merdeka CP dibagi berdasarkan per Fase bukan per Kelas, jadi harapanya memang TP untuk tiap2 sekolah berbeda mungkin ya? sehinggat tidak bisa menyeragamkan aplikasi raport yang sudah terisi TPnya.

Mohon koreksinya jika ada kekeliruan.

Terima kasih

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar untuk " Daftar Tujuan Pembelajaran (TP) IPAS Kelas IV untuk Deskripsi Raport"

Sahabat GTK