Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka PAUD, SD, SMP, SMA

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang sudah resmi diluncurkan pada Bulan Februari Tahun 2022 oleh Mendikbudristek. Kurikulum Merdeka sudah boleh di terapkan oleh sekolah melalui program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) jalur mandiri mulai tahun pelajaran 2022/2023.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi file Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (Penilaian) Kurikulum Merdeka jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA.

Panduan Kurikulum Merdeka 2022
Buku Panduan Kurikulum Merdeka Tahun 2022



Sebelum Kurikulum Merdeka diluncurkan secara resmi sudah ada Buku Panduan Asesmen yang digunakan sebagai acuan bagi Sekolah Penggerak.

Lihat postingan sebelumnya:  Mengenal Asesmen (Peniaian) Kurikulum Sekolah Penggerak

Sebelum ke link unduh file Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka PAUD, SD, SMP, SMA saya akan coba ajak Anda untuk membaca beberapa hal.

Kan gak asyik kalau langsung ke filenya kan? Hehehe..

Buku ini diterbitkan tahun 2022 oleh Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek RI dengan judul Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.

Kata Pengantar

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas terbitnya Panduan Pembelajaran dan Asesmen ini. Panduan ini disusun dalam rangka memberikan inspirasi dalam implementasi pembelajaran dan asesmen pada Kurikulum Merdeka.
 
Peserta didik seyogianya menjadi fokus utama dalam pembelajaran dan asesmen. Usaha untuk menjadikan peserta didik menjadi pembelajar yang aktif akan memudahkan usaha untuk mengaktualisasikan tujuan pendidikan, yaitu berkembangnya karakter dan kompetensi peserta didik.

Dalam kaitannya dengan pembelajaran dan asesmen yang berpusat dan berpihak pada peserta didik perlu adanya panduan bagi pendidik pada tingkat satuan pendidikan dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka.

Panduan ini dapat dijadikan acuan dalam pembelajaran dan asesmen di dalam kelas yang mengacu pada standar proses dan standar penilaian. Standar proses dan standar penilaian digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang efektif dan efisien sehingga mampu untuk mengembangkan potensi, prakarsa, kemampuan, dan kemandirian peserta didik secara optimal. 

Selanjutnya, pembelajaran dan asesmen juga diarahkan untuk memberikan fleksibilitas bagi pendidik dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen. 

Pembelajaran yang dimaksud meliputi aktivitas merumuskan capaian pembelajaran menjadi tujuan
pembelajaran dan cara mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

Sementara asesmen adalah aktivitas selama proses pembelajaran untuk mencari bukti ketercapaian tujuan pembelajaran. 

Dalam panduan ini, pembelajaran dan asesmen merupakan satu siklus; di mana asesmen memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang, kemudian asesmen digunakan untuk mengecek efektivitas pembelajaran yang berlangsung.

Oleh karena itu, asesmen yang diutamakan adalah asesmen formatif yang berorientasi pada perkembangan kompetensi peserta didik.

Panduan Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Merdeka ini akan terus disempurnakan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai pihak. Sejalan dengan proses evaluasi tersebut, Panduan ini juga akan mengalami revisi dan pembaruan secara berkala

Akhir kata, saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh tim penyusun, penelaah, dan kontributor, beserta tim Kurikulum Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, yang telah bekerja dengan sepenuh hati untuk menghasilkan sebuah panduan yang menginspirasi.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Anindito Aditomo, Ph.D.

Daftar Isi

iii Kata Pengantar
vi Daftar Isi
1 Pendahuluan
  • 1 Latar Belakang
  • 2 Sasaran Pengguna
  • 2 Cara Menggunakan Panduan
  • 3 Prinsip Pembelajaran dan Prinsip Asesmen
  • 4 Prinsip Pembelajaran
  • 8 Prinsip Asesmen
  • 10 Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen
  • 11 Memahami Capaian Pembelajaran (CP)
  • 15 Merumuskan Tujuan Pembelajaran
  • 19 Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
  • 23 Merencanakan pembelajaran dan asesmen
  • 37 Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen
  • 41 Pengolahan dan Pelaporan Hasil Asesmen
  • 41 Pengolahan Hasil Asesmen
  • 53 Pelaporan Hasil belajar
  • 65 Refleksi dan Tindak Lanjut Pembelajaran dan Asesmen
  • 68 Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka Sesuai Kesiapan Pendidikdan Satuan Pendidikan
  • 78 Daftar Pustaka
  • 79 Lampiran-Lampiran

Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka

Agar Anda lebih memahami tentang Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Merdeka silahkan download file panduan berikut ini.



Didalam buku Panduan ini juga sudah diberikan contoh RPP/ Modul Ajar serta format bentuk Raport Kurikulum Merdeka dan cara membuat deskripsinya.

Membuat Deskripsi Raport Kurikulum Merdeka


Akhir Kata

Demikianlah yang bisa saya posting tentang Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka PAUD, SD, SMP, SMA Tahun 2022.

Bila dirasa bermanfaat, bagikan juga ke rekan Guru yang lain... melalui tombol berbagi yang sudah disediakan di bawah ini.

Terima kasih

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar untuk "Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka PAUD, SD, SMP, SMA"

Sahabat GTK