Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Copy Data Siswa Dapodik Ke Aplikasi Raport Excel

Assalamulaikum Wr. Wb.

Pada postingan kali ini saya hanya ingin sedikit berbagi bagaimana cara cepat copy data siswa dari dapodik ke aplikasi raport excel. 

Copy Data Siswa Dapodik Ke Aplikasi Raport Excel

Di akhir semester sekolah akan disibukan dengan pengolahan nilai raport. Walaupun sebenarnya pengolahan nilai raport baiknya dilakukan secara bertahap. Saat ini juga telah tersedia aplikasi raport berbasis web yang terinegrasi dengan dapodik yaitu e Rapor SD.

Namun masih banyak juga yang memilih menggunakan aplikasi raport berbasis excel seperti apk13sd. Karena berbasis excel tentu kita harus memasukan data-data siswa ke dalam aplikasi tertutama untuk siswa kelas 1 yang akan mulai membuat raport baru. Raport memuat banyak data dari identitas lengkap siswa (Nama, Tempat Tanggal Lahir, Alamat dll) dan identitas orang tua / wali (Nama, Pendidikan, Ijazah Terakhir, Alamat). 

Dapodik merupakan aplikasi yang ada di sekolah yang memuat data sangat komplit. Agar kita tidak capek-capek entry ulang di aplikasi excel maka kita cukup copy pastekan data yang sudah ada pada dapodik. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Dapodik http://localhost:5774/, login menggunakan akun operator sekolah

2. Masuk ke menu "Peserta Didik" --- "Unduh" --- "Daftar PD" selanjutnya data akan terdownload dalam daftar siswa format Excel.

Unduh Data Peserta Didik Dapodik

3. Buka file excel Daftar peserta didik, sebelum dicopy pastekan ke aplikasi raport kita urutkan datanya terlebih dahulu berdasarkan kelas.

4. Blok semua data yang ada,

blok data siswa

5. Setelah itu klik menu "Sort & Filter" --- "Custom Sort"

custom sort

6. Sort by: pilih "Coloum AQ" karena merupakan kolom data kelas.

sort by

7. Nah saat ini kita sudah mendapatkan data yang urut sesuai kelas, dan sudah urut sesuai Abjad atau sesuai urut Induk Siswa.

8. Untuk mengcopy ke aplikasi raport silahkan gunakan paste spesial values. Ini supaya data yang tercopy hanya isinya saja tidak dengan formatnya. Cara copy paste sama biasa CTRL + C (Copy). namun untuk paste silahkan dengan cara Klik Kanan --- "Paste Spesial" --- "Values"

paste special

paste values

Bagaimana mudah bukan?

Lihat juga:  10 MENU DAN RUMUS EXCEL PERMUDAH KERJA OPERATOR SEKOLAH

Demikianlah yang bisa saya bagikan tentang Cara cepat copy data siswa Dapodik ke Aplikasi Raport Excel. Disini saya menggunakan Microsoft Excel 2007, namun pada dasarnya sama dengan excel 2020, 2013, 2019, maupun office 365. Semoga bermafaat untuk Anda khususnya Tenaga Administrasi Sekolah.

Kritik dan saran bisa Anda sampaikan melaui kotak komentar, terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb. 

Posting Komentar untuk " Cara Cepat Copy Data Siswa Dapodik Ke Aplikasi Raport Excel"