Menambahkan Keterangan Naik Kelas Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Excel

Daftar Isi

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo sahabat GTK dimanapun Anda berada, salam sehat dan bahagia.

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi tutorial singkat cara menambahkan kolom keterangan keputusan Naik / Tidak Naik Kelas pada Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Berbasis Excel yang dikembangkan oleh Bu Ayu Chandra.

Menambah Kolom Kenaikan Kelas Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka
Menambah Kolom Keputusan Kenaikan Kelas Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka

Karena saat tulisan ini dibuat belum ada info update aplikasi raport dari Bu Ayu Chandra, untuk itu saya coba berbagi cara menambahkan kolom untuk kenaikan kelas di semester 2 (genap).

Tanpa panjang lebar kita langsung saja.

1. Yang belum punya file aplikasi aslinya bisa di unduh dulu pada postingan sebelumnya:  APLIKASI RAPORT KURIKULUM MERDEKA SD, SMP, SMA/SMK VERSI EXCEL

2. Untuk mengetahui contoh format Raport Kurikulum Merdeka Anda juga memerlukan file: Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka PAUD, SD, SMP, SMA. Akan tetapi pada buku panduan ini tidak dicontohkan format raport untuk kenaikan kelas.

format rapor panduan asesmen

3. Sampai sini saya berfikir, apa karena di Kurikulum Merdeka diharapkan siswa bisa naik kelas semua ya? lihat: 👉   KRITERIA KENAIKAN KELAS KURIKULUM MERDEKA

4. Untuk kita kita memerlukan contoh kolom kenaikan kelas pada panduan-panduan raport yang sudah pernah ada sebelumnya, kita lihat pada Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Revisi tahun 2018 formatnya seperti yang saya tampilkan di bawah ini:

format raport keputusan naik kelas

5. Baik kita langsung buka sheet cetak raport, buka dulu proteksi rumusnya dengan cara klik menu "Review" --- "Unprotect Sheet".

unprotect sheet raport

6. Buat sebuah kotak dengan cara di beri border disini saya gunakan border yang tebal. Blok area kemudian klik "Home" --- "Borders" --- "Thich Box Border"

buat border keputusan naik kelas

7. Lanjut ketik kata-katanya. Keputusan: Berdasarkan pencapaian seluruh kompetensi, peserta didik dinyatakan: Naik/Tinggal*) kelas ……… ( ………………… ) *) Coret yang tidak perlu 

Karena di aplikasi ini sudah langsung di ketik, kita hilangkan saja kata-kata "coret tidak perlu", dan titik-titiknya langsung di ganti saja sesuai kelasnya.

8. Kemudian atur sedemikian rupa agar menjadi rapi, atur rata tengah dan ketebalan hurufnya. Gunakan "Wrap Text" dan "Merge & Center".
Kolom Naik Kelas Raport Kurmer

9. Selesai, mudah bukan? Oya jangan lupa untuk memprotect kembali sheet nya agar rumus dalam aplikasi ini aman. Klik menu "Review" --- "Protect Sheet" --- "OK".





Demikianlah cara menambahkan kolom keterangan keputusan Naik / Tidak Naik Kelas pada aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Semester 2 (Genap) khusunya pada aplikasi yang dikembangkan oleh Bu Ayu Chandra.

Tutorial ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk aplikasi Raport Ayu Chandra, juga untuk aplikasi raport berbasis excel lainya. Misalnya:
Karena pada saat aplikasi dibuat masih suasana semester 1, sehingga belum terlalu urgent untuk menambahkan keterangan naik / tidak naik kelas.

Saran kami Anda juga bisa menghubungi masing-masing pengembang aplikasi untuk mendapatkan info apakah sudah ada aplikasi versi terbaru yang lengkapk Semester 1 & 2. Anda juga bisa berbagung di grup-grup komunitas belajar kurikulum merdeka.

Apabila ada yang belum jelas bisa ditanyakan melaui kotak komentar yang tersedia.

Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

4 komentar

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.
Comment Author Avatar
29 Mei 2023 pukul 09.58 Hapus
terimakasih buat bu chanra yg telah memberikan kemudahan buat rekan-rekan guru indonesia. salam sukses
Comment Author Avatar
29 Mei 2023 pukul 10.13 Hapus
Amiin..
Comment Author Avatar
31 Juli 2023 pukul 14.51 Hapus
raport kurikulum merdeka untuk smk. mohon linknya pak
Comment Author Avatar
1 Agustus 2023 pukul 09.37 Hapus
Untuk jenjang SMK sudah banyak yang menggunakan: eRapor Kurikulum Merdeka Versi Resmi Kemdikbudristek