Cara Login Info GTK untuk Cek Data Guru

Info GTK adalah bagian dari website Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan atau yang sering disebut Ditjend GTK. Di beberapa daerah print out info GTK merupakan hal yang penting karena merupakan salah satu syarat untuk pengusulan pencairan tunjangan profesi guru yang lebih dikenal tunjangan sertifikasi. Sebetulnya fungsi info GTK tidak hanya itu, tetapi untuk cek data guru apakah sudah valid, dan sesuai dengan data terbaru.
Cara login info GTK 2019 2020
tampilan info gtk 2019/2020

Pada postingan ini tasADMIN akan mencoba membahas penggunaan aplikasi info GTK secara  agak detail namun tetap ringkas supaya mudah dimengerti tidak hanya untuk operator sekolah namun untuk semua guru baik itu PNS, Non PNS, dan honor yang sudah terdata di dapodik.

[Daftar Isi]


Siapa yang Harus Membuka Info GTK?

Seharusnya dan idealnya yang harus info GTK adalah masing-masing guru. Diharapkan guru peduli akan datanya sendiri. Saat ini apa apa sudah berdasarkan data, kebijakan berdasarkan data terupdate melalui aplikasi yang telah disiapkan. Untuk bisa ikut program bimtek atau pelatihan datanya mengambil dari aplikasi. Maka untuk itu jika bapak ibu guru yang  ikut pelatihan pelatihan harus peduli dengan data. Penjaringan data PPG pendidikan profesi guru yang kaitannya dengan sertifikasi juga dari data dapodik yang terintegrasi. Penerimaan pendaftaranCPNS PPPK pun juga mengintegrasikan data dari dapodik. Nah sampai sini paham kan? kenapa harus buka sendiri, kalau minta tolong operator ya boleh boleh saja. Tolong-menolonglah dalam hal kebaikan.

Bagaimana cara Login Info GTK?

Cara login GTK cukup mudah bisa dilakukan melalui laptop maupun handphone.

  1. Buka link alamat resmi info gtk yaitu http://info.gtk.kemdikbud.go.id menggunakan web browser yang Bapak/Ibu Guru sukai seperti google Chrome, mozila Firefox, Opera Mini, UC Browser.
  2. Masukkan username: account PTK yang ada pada dapodik dan passwordnya juga yang ada pada dapodik.
  3. Kemudian masukan kode yang tertulis pada gambar, berupa nomor.
  4. Lanjut login

Setelah itu akan ditampilkan data yang isinya mengambil dari data dapodik. Mulai dapodik versi 2020.a. atau tahun pelajaran 2019/2020 semester 1, tampilan info GTK agak berubah dari versi info GTK sebelumnya, terutama dalam hal login yang sudah menggunakan akun masing-masing PTK.

Terkadang akan muncul keterangan sebagai berikut:
Maaf,.. Info GTK sedang melakukan validasi dan verifikasi data.... silahkan kembali beberapa jam lagi,..
Hal tersebut menandakan bahwa data pada info GTK tidak real time, jadi secara periodik akan muncul info ini.

Hal yang biasa pertama kali dilihat adalah terkait gaji pokok, jika gaji pokok tidak sesuai leger gaji silahkan cek data pangkat golongan, jika sudah sesuai silahkan cek data riwayat gaji berkala.

Bagaimana cara mendapatkan username info GTK?

Untuk mendapatkan username dan password info GTK silahkan menghubungi/tanya ke operator sekolah. Disarankan untuk membuat passwordnya sendiri karena password bersifat rahasia. Jangan memberikan username dan password dapodik kepihak manapun termasuk pihak yang mengaku dari Kementerian. Ini untuk menghindari tindak kejahatan dan penipuan terlebih jika akun kepala sekolah dan bendahara dapat digunakan untuk belanja online dana BOS Pusat melalui aplikasi SIPlah.

Selain itu akun dan username ini juga untuk login aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP), masing-masing guru diharapkan login dan mengisi kuesioner secara online.

Bagi yang belum PNS pun atau masih honorer juga harus peduli dengan datanya karena pengusulan NUPTK juga dari dapodik, silahkan periksa data anda seperti identitas pribadi sesui data penduduk dan data kepegawaian pastikan TMT atau terhitung mulai tugas diisi dengan semestinya.

Cara Mencetak Info GTK

Setelah berhasil login akan ditampilkan data PTK silahkan dicermati dan dicek. Untuk mencetaknya bisa langsung dengan menekan tombol CTRL + P.  Jika menggunakan browser Google Chrome dapat langsung disimpan dalam format pdf. Caranya:

  1. Tekan tombol CTRL + P
  2. Pilih jenis printer / Destination: save as pdf
  3. SIMPAN FILENYA


Cara Memperbaiki Data Info GTK

Ketika Anda menemukan data yang keliru silahkan hubungi operator sekolah untuk memperbaiki data. Data tidak akan langsung berubah namun menunggu penarikan data. Selain itu yang harus diketahui bahwa tidak semua data dari dapodik beberapa data bersumber dari database lain yang terintegrasi yang dimiliki kementerian pendidikan dan juga kementerian kepegawaialn, serta kementerian kependudukan.

Beberapa data untuk perbaikanya harus lewat aplikasi verval ptk yang syaratnya harus melampirkan scan dokumen.


Bahkan ada juga yang perbaikan datanya harus konfirmasi ke Badan Kepegawaian Daerah karena menyangkut data kepegawaian.

Baca juga:
Update INFO GTK Versi v.2020.2.0 Periode Juli Desember 2020 ( di sini )

Itulah yang bisa saya share melalui tulisan ini, semoga bisa sedikit membantu Bapak/Ibu guru dalam memperhatikan datanya melalui Login Info GTK yang juga berhubungan dengan jenjang karir kedepannya. Terima kasih atas kunjungan ke blog ini, dukung dengan cara memberikan komentar positif.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar untuk "Cara Login Info GTK untuk Cek Data Guru"

Sahabat GTK