Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek dan Cetak INFO GTK Periode Juli - Desember 2020

Di beberapa daerah cetak INFO GTK menjadi salah satu persyaratan bagi para Guru untuk pemberkasan pencairan tunjangan sertifikasi guru atau TPG. INFO GTK berfungsi untuk menampilkan data guru yang bersumber dari aplikasi dapodik apakah sudah valid atau belum. 

Cek dan Cetak Info GTK 2020
Tampilan INFO GTK Juli - Desember 2020

Kali ini saya buatkan tutorial untuk Anda cara cek dan cetak INFO GTK periode bulan Juli sampai dengan Desember Tahun 2020. 

Berbeda dengan periode sebelumnya, INFO GTK periode Juli -  Desember 2020 menggunakan INFO GTK Kemdikbud Versi v.2020.2.0. tentunya fitur dan tampilan yang telah diperbaharui. Saya sangat suka dengan tampilan INFO GTK versi baru ini, bertema gelap. Hal ini sangat sesuai dengan operator sekolah yang biasa melakukan cek INFO GTK tengah malam dan mungkin termasuk Anda.

Cara Cek dan Cetak INFO GTK Juli - Desember 2020 atau INFO GTK Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.

  1. Buka link INFO GTK https://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  2. Anda diberikan 2 (dua) pilihan cara:  "Login Langsung ke GTK" atau bisa juga "Login Menggunakan SSO" 
    login INFO GTK

  3. "Login Langsung ke GTK" yaitu langsung menggunakan username dan password akun PTK yang sudah melakukan verifikasi akun melalui email. Ketikan kode captha untuk lanjut login. 
    Login Langsung Info GTK

  4. "Login Menggunakan SSO" yaitu login menggunakan akun yang dibuat di aplikasi Dapodik maupun manajemen dapodik namun belum verifikasi email. Username dan password sesuai akun login yang dibuat (belum verifikasi).  Login menggunakan SSO Dapodik tidak perlu memasukan kode captha. 
    Login Menggunakan SSO Dapodik

  5. Setelah Anda berhasil login INFO GTK, selanjutnya akan ditampilkan Lembar Info GTK. 
    INFO GTK JULI DESEMBER 2020

  6. Silahkan di cek dulu datanya,  apakah sudah valid atau belum. Jika ada perbaikan data dapat dilakukan pada aplikasi dapodik / SIM Tunjangan / Database BKN.
  7. Apabila INFO GTK sudah valid bisa lanjut dicetak menggunakan tombol "Cetak" yang sudah disediakan. Letak tombol cetak INFO GTK ada berdampingan dengan tombol "logout", lihat gambar di bawah.  Numun jika ada data yang tidak tercetak atau terpotong, coba atur margin pada pengaturan cetak. 
    cetak INFO GTK 2020

  8. Lembar INFO GTK dapat disimpan dalam format .pdf. Anda cukup memilih printernya "save to pdf" atau "print to pdf", sesuai aplikasi yang terinstal di laptop. 
    print pdf INFO GTK

INFO GTK yang tidak atau belum valid biasanya karena Jumlah Jam Mengajar (JJM) yang kurang maupun kelebihan. Silahkan pastikan di dapodik, pengaturan JMM tiap rombelnya sudah betul baik di sekolah induk maupun non induk jika guru yang bersangkutan mengajar lebih di sekolah lain. 

Jumlah JJM pada aplikasi dapodik dapat Anda dilihat pada hasil unduhan profil sekolah. Login dapodik masuk ke menu "Pusat Unduhan" --- "Manajemen" --- "Profil Sekolah". Pada hasil unduhan ini akan bisa dilihat rekap jumlah jam mengajar yang diisikan pada rombel dapodik.

Ketika data dapodik sudah diperbaiki, namun pada INFO GTK Bapak/Ibu Guru masih invalid, jangan khawatir. Anda cukup perlu menunggu waktu untuk proses penarikan data dari dapodik ke server INFO GTK.

Selain bersumber dari aplikasi dapodik, INFO GTK juga menampilkan integrasi data dari database (Badan Kepegawaian Negara) BKN, jadi jika ada INFO GTK yang tidak valid yang berhubungan dengan data BKN  maka dapat berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten/Kota.

Ketika INFO GTK status validasi tunjangan profesinya sudah valid semua, tentunya Anda baik sebagai operator sekolah maupun sebagai Guru sudah merasa tenang dan tinggal menunggu untuk terbitnya Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP). Dan jika sudah SKTP, maka tidak lama lagi hak tunjangan Bapak/Ibu Guru yang telah memenuhi syarat dan kewajibanya akan segera di transfer ke rekening bank masing-masing.

Sebagai informasi tambahan, uang yang diterimakan sudah dipotong pajak, yang wajib dilaporan melalui SPT Masa Pajak (Efiling)

Lihat juga: Cukup Mudah Cara Verifikasi Akun Dapodik 2020 Menggunakan Email Akif


Info GTK Error dan sulit dibuka

Seperti yang sudah-sudah Info GTK akan error dan sulit dibuka ketika banyaknya yang membuka web terebut. Server kewalahan meanggapi permintaan dari Bapak/Ibu Guru yang ingin melakukan pengecekan datanya melakui INFO GTK. Beberapa pesan error info GTK diantaranya.

1. 503 Service Unavailable No server is available to handle this request. , solusinya cukup lakukan refresh atau reload halaman.

INFO GTK 503 Service Unavailable


Sebagai alternatif Bapak/Ibu Guru dapat melihat data yang ada pada aplikasi dapodik melalui web ptk datadik.

Selengkapnya: CEK DATA GURU DI WEB PTK DATADIK KEMDIKBUD 


Verifikasi Manual Manual Pangkat dan Golongan

Beberapa guru mengalami masalah invalid silang merah di bagian verifikasi manual pangkat dan golongan info GTK. Pangkat golongan tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Padahal ketika sudah di cek datanya pada BKN sudah sama, sudah pangkat golongan IV/b.

verifikasi manual pangkat info gtk


Solusi mengenai masalah ini yang bisa dilakukan adalah dengan cara klik tombol "Update Data BKN"

Update data yang dimaksud di sini adalah proses pembacaan dari server GTK ke server BKN melalui koneksi webservice yang disediakan BKN. Proses update data BKN ini bisa terjadi jika Anda menekan tombol update data BKN, jika data sudah benar sebaiknya Anda tidak menekan tombol tersebut.

Jika data ANda masih ada yang salah dan tidak melakukan klik tombol update data BKN, maka data Anda tidak akan terupdate sesuai dengan data BKN.

Update data BKN info GTK

Setelah Anda klik "Tombol Update Data BKN" Sistem memerlukan waktu setidaknya satu minggu atau  lebih untuk preoses validasinya.

INFO GTK Login Error

Ketika username dan password sudah dimasukan dengan benar, namun tidak bisa login dengan keterangan Error: Masuk menggunakan SSO Dapodik Sedang bermasalah. Capcha tidak sama! 

INFO GTK 2020 Login Error


Artinya Anda masih salah dalam memasukan kode tertulis pada gambar diatas, silahkan untuk mengulangi memasukan kode captha.

Nah demikianlah tentang cara cek dan cetak INFO GTK Kemendikbud Versi v.2020.2.0  periode Juli - Desember 2020, semester 1 (satu) tahun pelajaran 2020/2021. Harapanya tutorial ini tidak hanya berguna bagi Anda sebagai operator sekolah, namun juga untuk semua Guru sehingga dapat memastikan kevalidan datanya masing-masing melalui INFO GTK. 

Tulisan ini diperbaharui: 17 September 2020

Posting Komentar untuk " Cek dan Cetak INFO GTK Periode Juli - Desember 2020"