Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Akun Guru di Dapodik

Untuk bisa mengedit atau mengubah data Guru / PTK di aplikasi Dapodik masing-masing PTK harus memiliki akun sendiri. PTK adalah singkatan dari Pendidik Tenaga Kependidikan. GTK adalah Guru Tenaga Kependidikan. PTK atau GTK adalah istilah yang sama. Mulai dapodik versi 2019c dan sekarang sudah versi 2020 perubahan Data Pribadi Pada GTK Hanya Dapat Dilakukan Oleh GTK Bersangkutan. Intinya aplikasi dapodik ingin masing-masing guru bertanggung jawab atas datanya sendiri, namun untuk sekarang cara ini dirasa masih saja operator, kedepan semoga dengan adanya login masing-masing diharapkan update data dilakukan masing-masing GTK/PTK.
Cara membuat akun login guru/PTK/GTK pada aplikasi dapodik


Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Login menggunakan akun operator
  2. Pilih "Menu GTK" --- "Guru" --- klik Nama Guru --- "Penugasan"
  3. Kemudian pilih tombol "Buat/Ubah Akun PTK"
  4. Masukan password dan konfirmasi password. Ada beberpa ketentuan tentang password yaitu: (1) Password yang dimasukan bukan berarti password yang sama dengan password asli email PTK. (2) Diharapkan agar PTK sendiri yang memasukan password tersebut. (3) Akun ini akan digunakan oleh PTK untuk keperluan transaksi semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK. (4) Akun pengguna PTK hanya dapat digunakan untuk PTK yang berada di sekolah induk.membuat password login guru / ptk dapodik
  5. Selanjutnya pilih "Simpan".


Akun PTK ini juga digunakan untuk login Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah pada aplikasi belanja online dana BOS Pusat sipLAH.
---
Lihat: 
---

Kami sampaikan pula agar teman-teman operator tidak lupa untuk mengisikan update data Riwayat Kenaikan Berkala Guru, karena penting kaitanya dengan besaran tunjangan profesi. SK Kenaikan Gaji Berkala biasanya setiap dua tahun.

Demikian yang bisa saya posting tentang pembuatan akun login guru / PTK / GTK  pada aplikasi dapodik, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Akun Guru di Dapodik"