Cara Mudah Scan Dokumen Menggunakan Paint

Daftar Isi
Sebagai tenaga administrasi pastilah tidak asing untuk scan dokumen. Dokumen adalah sebuah tulisan penting yang memuat informasi di atas sebuah kertas baik tulis tangan maupun cetak. Saat ini scan dokumen sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum disamping sudah banyaknya mesin scaner yang biasanya juga ada dalam printer.

Sekarang ini untuk mendaftar kerja CPNS, atau kuliah juga harus melampirkan scan dokumen seperi Ijazah, KTP, dll.
cara mudah scan dokumen menggunakan paint

Di kegiatan keadministrasian di sekolah scan diperlukan untuk perbaikan data siswa dan data guru. Sistem dapodik menggunakan aplikasi verval PD dan verval PTK untuk perbaikan data. Perbaikan nama siswa memerlukan scan akta kelahiran.

Scan atau memindai dokumen dalam kearsipan juga penting sebagai bentuk digitaliasi arsip. Namun kita tidak akan mebahas jauh sampai kesana. Kita akan langsung praktik bagaimana cara scan dokumen menggunakan aplikasi paintAplikasi paint dipilih karena merupakan aplikasi bawaan windows yang otomatis ada pada laptop/komputer kita. Saat tulisan ini dibuat, paint masih didukung di windows 10. Baik langsung saja:


  1. Pastikan Laptop/Komputer terhubung dengan scanner.
  2. Buka aplikasi paint, klik menu "Windows"--- "Windows Accesories" --- "Paint". 
    Windows Accesories Paint
  3. Kemudian buka menu "File" --- "From scanner or camera" 
  4. Selanjutnya akan muncul kota dialog untuk memilih berwarna atau hitam putih, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan --- lanjut "scann" 
  5. Tunggu beberapa saat hingga berhasil scan dokumen dan akan tampil hasilnya.
  6. Terakhir simpan hasil scan, biasanya yang sering digunakan adalah format .jpg atau .png


Bagaimana mudah bukan?
Jika Anda ingin memindai dokumen secara banyak tentu ada aplikasi lain yang dapat mempercepat pekerjaan. Ditempat saya berkerja ada printer merk Canon tipe Mx 490.

Printer ini bisa mempercepat scan dokumen banyak menggunakan aplikasi yang otomatis terinstal jika menginstal driver printer ini. Printer ini ada 2 alat pemindai salah satunya scan dokumen dengan menggulung dokumen sehingga bisa mempercepat tanpa membuka tutup.

Pada aplikasinya juga tersedia menu yang langsung hasil scan disimpan dalam format .pdf. Mungkin untuk lebih lengkapnya silahkan search di google aja ya... hehe

Saat ini sekolah di Indonesia menggunakan sistem aplikasi dapodik dimana untuk memperbaiki data siswa atau guru operator sekolah harus melampirkan dan mengupload scan dokumen untuk Verval PD dan Verval PTK

Itulah kenapa saya coba tulis tutorial ini, disamping itu jika sekolah sudah mempunyai arsip digital seperti scan akte kelahiran maka sekolah tidak sering meminta siswa untuk mengumpulkan foto copynya.

Tidak hanya siswa akan lebih mantap dokumen kepegawaian guru juga discan karena terkadang diminta laporan data dengan menyertakan fotocopy dokumen pribadi. BKD Kabupaten Purworejo juga mengharuskan pengiriman dan upload scan dokumen melalui APLIKASI SIMPEG SIFIKA PEMKAB PURWOREJO

Dan yang harus wajib diketahui dokumen pribadi adalah dokumen rahasia jangan sampai disalahgunakan.

Lihat juga: Seting Kerta F4 Pada Printer Laser

Tonton juga video proses scan dokumen menggunakan aplikasi paint berikut ini: 



Demikian postingan singkat tentang cara mudah scan dokumen, semoga bermanfaat.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar