Cara Mudah Scan Dokumen Menggunakan Paint

Sebagai tenaga administrasi pastilah tidak asing untuk scan dokumen. Dokumen adalah sebuah tulisan penting yang memuat informasi di atas sebuah kertas baik tulis tangan maupun cetak. Saat ini scan dokumen sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum disamping sudah banyaknya mesin scaner yang biasanya juga ada dalam printer. Sekarng ini untuk mendaftar kerja CPNS, atau kuliah juga harus melampirkan scan dokumen seperi Ijazah, KTP, dll.
cara mudah scan dokumen menggunakan paint

Scan atau memindai dokumen dalam kearsipan juga penting sebagai bentuk digitaliasi arsip. Namun kita tidak akan mebahas jauh sampai kesana. Kita akan langsung praktik bagaimana cara scan dokumen menggunakan aplikasi paintAplikasi paint dipilih karena merupakan aplikasi bawaan windows yang otomatis ada pada laptop/komputer kita. Saat tulisan ini dibuat, paint masih didukung di windows 10. Baik langsung saja:


  1. Pastikan Laptop/Komputer terhubung dengan scanner.
  2. Buka aplikasi paint, klik menu "windows "--- "Windows Accesories" --- "Paint". 
    Windows Accesories Paint
  3. Kemudian buka menu "File" --- "From scanner or camera" 
  4. Selanjutnya akan muncul kota dialog untuk memilih berwarna atau hitam putih, silahkan sesuikan dengan kebutuhan --- lanjut "scann" 
  5. Tunggu beberapa saat hingga berhasil scan dokumen dan akan tampil hasilnya.
  6. Terakhir simpan hasil scan, biasanya yang sering digunakan adalah format .jpg atau .png


Bagaimana mudah bukan?
Jika Anda ingin memindai dokumen secara banyak tentu ada aplikasi lain yang dapat mempercepat pekerjaan. Ditempat saya berkerja ada printer merk Canon tipe Mx 490. Printer ini bisa mempercepat scan dokumen banyak menggunakan aplikasi yang otomatis terinstal jika menginstal driver printer ini. Printer ini ada 2 alat pemindai salah satunya scan dokumen dengan menggulung dokumen sehingga bisa mempercepat tanpa membuka tutup. Pada aplikasinya juga tersedia menu yang langsung hasil scan disimpan dalam format .pdf. Mungkin untuk lebih lengkapnya silahkan search di google aja ya... hehe

Saat ini sekolah di Indonesia menggunakan sistem aplikasi dapodik dimana untuk memperbaiki data siswa atau guru operator sekolah harus melampirkan dan mengupload scan dokumen untuk verval. Itulah kenapa saya coba tulis tutorial ini, disamping itu jika sekolah sudah mempunyai arsip digital seperti scan akte kelahiran maka sekolah tidak sering meminta siswa untuk mengumpulkan foto copynya. Tidak hanya siswa akan lebih mantap dokumen kepegawaian guru juga discan karena terkadang diminta laporan data dengan menyertakan fotocopy dokumen pribadi. Dan yang harus wajib diketahui dokumen pribadi adalah dokumen rahasia jangan sampai disalahgunakan.

Lihat juga: Seting Kerta F4 Pada Printer Laser

Tonton juga video proses scan dokumen menggunakan aplikasi paint berikut ini: https://youtu.be/01QJIF-KiCs

Demikian postingan singkat tentang cara mudah scan dokumen, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Scan Dokumen Menggunakan Paint"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. 1X share dari Anda sangat berarti bagi kemajuan blog ini.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel