DAPODIK 2020: YANG HARUS DIKERJAKAN OPERATOR

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah

Semoga teman-teman operator sekolah selalu dalam curahan kasih sayang-Nya.

Aplikasi dapodik pada awal tahun pelajaran 2019/2020 telah merilis update dapodik versi 2020. Update versi dapodik sudah tidak asing lagi bagi teman-teman yang sudah lama menjadi operator sekolah. Namun jika Anda baru saja mendapatkan tugas ini dari kepala sekolah akan kami memberi gambaran umum apa itu dapodik dan bagaimana cara mengerjakanya.
aplikasi dapodik versi 2020
tampilan buku panduan dapodik 2020

Dapodik adalah akronim dari Data Pokok Pendidikan. Sedangkan Dapodikdasmen merupakan akronim dari Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah untuk SD, SMP, SMA. Dapodik menjaring data sangat lengkap yaitu Data sekolah / satuan pendidikan , data siswa / peserta didik (PD) data guru /  Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK). Aplikasi dapodik bersifat resmi sesuai dengan permendikbud nomor 79 Tahun 2015.


Dan berikut ini telah kami rangkum beberapa hal yang harus dikerjakan operator sekolah pada aplikasi dapodikdasmen versi 2020  / dapodik v 2020 menurut versi tasADMIN.id

[Daftar Isi]



1. Instal Aplikasi Dapodik Versi Terbaru

Tentu, untuk bisa mulai mengerjakan dapodik tentu harus menggunakan versi baru. Namun sebelum kita menghapus / uninstal aplikasi versi lama, pastikan kita masih menyimpan data Kode Registrasi (Koreg), Username dan Password [tips lupa koreg pelajari di sini]. Jika Anda operator baru tanyakan ini pada operator sebelumnya, username dan password dapodik dapat diganti baru silahkan hubungi admin dapodik kabupaten.

Silahkan download file installaer dan prefill dapodik di website resmi pada tab unduhan maupun berita http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id dan pastikan telah menghapus history serta cache karena  menurut pengalaman kami yang lalu jika tidak dihapus maka tidak menampilkan infromasi terupdate. Berikut video cara menghapus chace dan history pada web browser google chrome: https://youtu.be/xFIT7M27RFM 

[+] DOWNLOAD PANDUAN DAPODIK 2020 (di sini)
[+] LINK DOWNLOAD INSTALLER DAPODIKhttp://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
[+] LINK DOWNLOAD PREFILL DAPODIKhttp://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan#prefill

Cara Instal Aplikasi Dapodik.

Pasti mudah karena hanya dengan membuka file installer dan klik next dan next. Aplikasi sebelumnya harus diuninstal dulu, jika perlu sempatkan untuk mendownload file excel data PD dan PTK. Untuk install aplikasi dapodik disarankan menggunakan minimal laptop minimal core i3 atau yang setara dengan windows 10. Jangan terburu-buru instal kita lihat dahulu perkembanganya apakah ada error meskipun sebelum di rilil aplikasi ini sudah di tes dan di ujicoba oleh perwakilan operator masing-masing daerah. Baca juga panduan dapodik, salam literasi bro....

Registrasi dapodik bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu:

1. Registrasi Online (Koneksi internet harus stabil dan server tidak penuh)
2. Registrasi Offline (Menggunakan preefil dapodik)
   Prefiil dapodik adalah file yang berisi data awal database dapodik masing-masing sekolah
   * Download preefiil di link prefiil
   * Masukan file prefiil dapodik pada folder C:\prefill_dapodik
instal offline dapodik menggunakan prefill

   * Baru bisa melakukan registrasi

Tambahan: Kecepatan proses install dapodik tergantung pada kecepatan laptop masing-masing, pada aplikasi dapodik 2020 normalnya selama 15 menit, disarankan saat install menutup program lainnya.

Setelah berhasil install dan registrasi dapodik kita diwajibkan untuk mengubah password dapodik, dikarenakan ada pembaharuan keamanan enskripsi pada versi 2020.
ganti password dapodik

2. Cetak dan Bagikan Formulir Dapodik

Cetak/ Print Formulir Dapodik Peserta Didik khususnya ke siswa Baru. Selain itu karena ada update data nomor KK minta tolong ke guru kelas supaya siswanya mengumpulkan foto copy Kartu Keluarga (KK). Formulir dapat diunduh pada aplikasi dapodik, oh iya misal belum install aplikasi formulir dapat kita temukan pada buku panduan dapodik. Atau jika sudah punya arsip tahun lalu bisa di modifikasi untuk penambahan data nomor KK dan NIK. Pada website dapodikdasmen juga telah disedakan formulir dapodik terbaru: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan#dokumen

3. Lakukan Tarik PD di Manajemen Dapodik.

Sambil menunggu formulir terisi dan terkumpul, lakukan tarik PD Siswa Mutasi hati-hati jangan sampai salah masuk rombel. Untuk siswa baru lakukan tarik PD dari TK setelah formulir dapodik dan data pendukung terkumpul guna mengecek kevalidan data. Alamat link untuk tarik PD adalah: https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.  Jika siswa tidak dari TK atau TK tidak terdaftar pada aplikasi Dapodik PAUD maka untuk kelas 1 SD dientry manual.
tarik pd dapodik di web manajemen

4. Entry data peserta didk dan update

Setelah formulir dan dokumen bukti fisik terkumpul atau tidak menunggu terkumpul kita bisa melakukan entry data atau perbaikan data. Lakukanlah entry data dengan teliti karena untuk edit data tertentu tidaklah mudah harus menggunakan sistem yang disediakan yaitu verval PD, verval PTK, dan Verval Satuan Pendidikan. Verval ini dibuat tujuan utamanya tentunya bukan untuk mempersulit tapi demi terwujudnya data valid.

Jangan tergiur untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mempercepat memasukan atau edit data, karena salah-salah kita sendiri yang rugi. Terlebih jika kita masih awam tentang database dan bagaimana aliran data di disistem dapodik. Mempercepat entry data bisa menggunakan cara gotong royong yaitu dapodik bisa dibuka di laptop lain menggunakan sharing jaringan: https://youtu.be/RMzrbCWPPx0

5. Masukan Siswa Ke Kelas atau Pengaturan Rombel

Rombel adalah akronim dari rombongan belajar. Setelah data masuk pada aplikasi baik yang entry manual dan tarik PD, lakukanlah maping ke data siswa ke rombongan belajar (rombel) masing-masing. Untuk kelas 1 gunakan manual dengan cara klik tahan geser hati-hati jangan sampai salah tingkat karena akan repot untuk mengubahnya. Untuk kelas 2,3,4,5 gunakan fitur naikan kelas dari tingkat sebelumnya. Untuk kelas 6 (enam) fitur ini otomatis dilakukan server pusat.

6. Isi Data / Update Sekolah Sarana dan Prasarana,

Ada beberapa hal yang baru pada data sekolah dan harus diisi.
Beperapa poit data sarana prasana
a. Tanah. Informasi terkait tanah diharapkan dapat memuat ukuran serta dokumen kepemilikan.
b. Bangunan. Data bangunan akan dikelompokkan berdasarkan lokasi tanah,diharapkan dapat memuat informasi jumlah lantai pada sebuah bangunan, kepemilikan, serta ukuran setiap komponen bangunan.
c. Ruang. Pada menu ruang data akan dikelompokkan menjadi beberapa ruang utama dan ruang penunjang. Data ruang akan terhubung dengan data bangunan, dimana diharapkan akan diketahui jumlah ruangan pada sebuah bangunan. Selain informasi kondisi ruang, informasi tambahan yang diharapkan diisi dari sekolah adalah ukuran dari setiap komponen bangunan.
d. Alat. Menu alat berisi data peralatan pendidikan yang berada pada setiap ruang. Data ini dikelompokkan berdasarkan jenis alat dan diharapkan diketahui berapa jumlah dan kondisi alat di setiap ruang.
e. Angkutan. Pembaruan data sarana salah satunya yaitu pendataan data angkutan. Data angkutan berisi data kendaraan-kendaraan yang digunakan untuk operasional sekolah.
Keren kan datanya, udah kaya petugas aset / pengurus barang milik daerah hehe.

Pada menu kepanitiaan, sekolah dapat menginput berbagai jenis kepanitiaan yang terdapat di sekolah. Pilihan jenis kepanitiaan yang ada diantaranya:
1) Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)
2) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
3) Penyelenggara Ujian Nasional (UN)
4) Tim Literasi Sekolah
5) Tim BOS Sekolah

SARPRAS

Dalam mengerjakan Data Sarana dan Prasarana khususnya Tanah, Bangunan dan Ruang, disarankan petugas pendataan mengentri berdasarkan denah sekolah. Diharapkan dari data yang diisi dapat diketahui lokasi tanah, bangunan, dan posisi lantai dari sebuah ruang di sekolah.
pengisian sarpras pada dapodik harus sesuai denah

Perlu diketahui bahwa Tanah, Bangunan dan Ruang merupakan data yang terkait. Mengisi Data Ruang memerlukan Data Bangunan terisi terlebih dahulu, begitu pula keterisian Data Tanah menjadi syarat untuk dapat mengisi Data Bangunan. Mari kita coba mengisi data menggunakan contoh denah di atas.

Saat ini di Aplikasi Dapodikdasmen dikondisikan secara default sekolah memiliki satu data bangunan yang terkait data tanah dan semua data ruang terkait dengan data bangunan. Perbaiki segera data tanah, bangunan dan ruang sesuai dengan kondisi di sekolah.

Sarana dan prasarana adalah salah satu bagian terpenting dalam satuan pendidikan. Menjadi syarat setiap satuan pendidikan untuk memiliki sarana dan prasarana untuk mendapatkan izin, baik itu izin pendirian maupun izin operasional. Dalam proses input data pada aplikasi dapodik saat ini banyak hal yang harus disiapkan terlebih dahulu. terdapat tiga bagian dalam pengisian sarana dan prasarana antara lain adalah data terkait tanah dan bangunan, ruangan dan alat. Khusus untuk komponen alat memiliki subbagian tersendiri dalam penginputannya. Data yang harus disiapkan terkait dengan alat khususnya antara lain adalah daftar peralatan yang terdapat di sekolah tersebut, apakah sekolah memiliki angkutan dan daftar buku yang tersedia.

7. Isi / Update Data PTK

Biasanya hal yang penting karena menyangkut besaran tunjangan profesi, dan OPS tidak mau disalahkan, silahkan jika ada Guru yang memperoleh SK Kenaikan Gaji Berkala (KGB) baru untuk dikumpulkan dan dimasukdan pada riwayat berkala dapodik. Pun sebenarnya dapodik diseting agar tiap-tiap PTK mengupdate datanya sendiri dengan menggunakan login akun masing-masing. Baca postingan: Cara membuat akun PTK

Masing-masing PTK atau sekarang istilahnya GTK = Guru Tenaga Kependidikan mempunyai kwajiban atas datanya. Telah disedikan alamat Info GTK yang berlaman di:http://info.gtk.kemdikbud.go.id/.  Info GTK ini dibeberapa daerah digunakan sebagai berkas persyaratan pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG).

Data Nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) juga diperlukan. Penambahan atribut nomor KK dan NUKS ini dilakukan untuk mengakomodasikan kebutuhan para pemangku kepentingan untuk melakukan evaluasi, pembinaan GTK serta perumusan kebijakan serta mendukung transaksional GTK berbasis data Dapodik
pada dapodik mengisikan nuks
contoh sertifikat nuks


Setelah data pribadi masing-masing PTK di update selanjutnya adalah maping atau memasukan PTK pada rombel. Ini juga sangat penting karena kaitanya dengan jumlah jam beban kerja guru. Persiapakan SK Pembagian Tugas Guru karena didalamnya adalah dasar operator sekolah maping di pembelajaran, didalamnya terdapat tanggal SK, nomor SK, dan tentunnya pembagian tugas. (lihat: contoh format SK PBM tahun pelajaran 2019/2020)


8. Lakukan Sinkronisasi Dapodik

Hal yang mendebarkan adalah saat sinkronisasi apakah berjalan dengan lancar atau tidak. Gagal sinkron bisa dipengaruhi oleh koneksi internet dan banyaknya operator yang sedang sinkronisasi. Sinkronisasi jangan menunggu batas akhir pengambilan data karena biasa akan macet hehe. Sinkronisasi tidak perlu menunggu data banyak dan lengkap, asal tidak ada invalid bisa melakukan sinkronisasi. Kita juga bisa melihat progres pengiriman dapodik pada web dapodikdasmen untuk melihat berapa banyak sekolah yang sudah mengirimkan data dan statistik pengiriman data per Hari. Setelah selesai lengkap data dan sinkronisasi kita senang, dan bersiap untuk tugas selanjutya pengerjakan aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) hehe.... ( lihat: Aplikasi PMP Tahun 2019 )
proses sinkronisasi dapodik

9. Bekerja Sama dengan Guru dan Kepala Sekolah

Pekerjaan entry dapodik tentunya merupkan tugas yang diberikan oleh Kepala Sekolah sebagai pucuk pimpinan tertinggi di sekolah. Bekerja sama dengan guru dan kepala sekolah dengan baik merupakan keharusnya dalam sebuah organisasi. Masing-masing sudah memiliki tupoksi sendiri, ada hak dan ada kewajiban,


Itulah 9 hal yang perlu dilakukan dan dikerjakan operator sekolah (OPS) untuk update data pokok pendidikan melalui aplikasi dapodik . Data dapodik yang berkualitas kita kirimkan untuk dimanfaatkan oleh pemerintah untuk berbagai kebijakan.

Selamat bekerja, semoga dengan makin banyaknya data yang harus diisi semakin banyak pula rejeki yang kita peroleh baik itu yang kita sadari maupun yang tidak kita sadari.

Itulah yang bisa saya sharing, mudah-mudahan bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Sumber diedit seperlunya: Panduan Aplikasi Dapodikdasmen 2020 dan pengalaman pribadi,
Penyanggahan: Kekeliruan murni dari admin blog ini baik disengaja maupun tidak, koreksi dapat disampaikan melalui kontak atau komentar dibawah.

---------------------
update
link alternatif download aplikiasi dapodik 2020 https://drive.google.com/uc?id=1UEvxM-bf9d92vzjNwUsMc5B3wCdF8Pb9&export=download

---------------
UPDATE: SOLUSI ERROR DAPODIK 2020 [ SELENGKAPNYA .... ]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel