Belanja Online Dana BOS melalui SIPLah Kemdikbud

Daftar Isi
Pada beberapa waktu yang lalu melalui website resmi dapodik, telah dishare pentingnya untuk update akun kepala sekolah dan bendahara sekolah berikut dengan isian tugas tambahan. Disitu diinformasikan masih banyak sekolah yang belum update data bendahara sekitar 80 persen. Lalu buat apa sih kok harus segera update? Sekilas dari beberapa informasi yang bisa saya pahami ini akan digunakan untuk pembelian belanja barang dan jasa dana BOS melalui toko online. Wah... menarik ini.. baik langsung saja berikut ini beberapa informasi dari sumber web resmi dot go dot id.
belanja bos online melalui siplah
SIPLah Kemdikbud


1. Apa itu SIPlah Kemdikbud

SIPLah akronim dari Sistem Informasi Pengadaan Sekolah adalah sitem elektronik yang dapat digunakan oleh sekolah untuk melaksanakan proses Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) secara daring / online yang dananya bersumber dari dana BOS.

Siplah dapat dijadikan alat pengawasan langsung dari pusat atau Kemdikbud terkait penggunaan dana BOS. Proese jual beli secara online melaui toko online market place. Pengguna baik pelaku usaha dan sekolah akan melakukan transaki nontunai.

SIPLah mendorong pengadaan lebih transparan dan membuka peluang usaha lebih banyak sehingga transaksi dapat terkonsentrasi pada harga yang lebih rendah. SIPlah akan di launching 1 Juli 219

Adapun mitra siplah dinantaranya TokoLadang, blibi.com, pesona edu, siplah.belanja.com, INTI.

2. Ketentuan Umum dan Khusus terkait Layanan SIPLah

* Harga Barang dan jasa Sekolah yang ditampilkan belum termasuk biaya pengemasan, dan pengiriman.

* Nilai yang tercantum dalam bukti transaksi sudah termasuk biaya pengemasan, dan pengiriman.

3. Skema Bisnis dalam SIPLah

* Pembayaran secara non-tunai dilakukan melalui Mitra Sistem Pasar Daring dan harus diteruskan ke rekening milik Penyedia Barang dan Jasa Sekolah paling lambat 1 x 24 jam setelah pembayaran diterima Mitra Sistem Pasar Daring.

* Mitra Sistem Pasar Daring harus menyediakan layanan rekonsiliasi antara belanja dan pembayaran.


SIPLah diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas, transparansi dan efektifitas serta pengawasan PBJ sekolah yang dananya bersumber dari Dana BOS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumber:
https://siplah.kemdikbud.go.id/
https://pengadaan.kemdikbud.go.id/artikel/selanjutnya/pengumuman-perubahan-kak-siplah
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/penting-segera-lakukan-pemutakhiran-akun-kepala-sekolah-dan-bendahara-bos-pada-dapodik


Jika Anda operator sekolah dan belum update data bendahara BOS berikut ini:

1. Tutorial membuat akun KS dan Bendahara kemudian masukan tugas tambahan
2. Contoh format SK Tim Manajemen BOS Sekolah


Tanggapan saya sebagi operator.
Dikatakan bahwa: SIPLah mendorong pengadaan lebih transparan dan membuka peluang usaha lebih banyak sehingga transaksi dapat terkonsentrasi pada harga yang lebih rendah
Namun setahu saya jika kita menggunakan toko online akan ada pembayaran kurir. Jadi sama aja deh, lebih mudah tapi ada biaya tambahan untuk ongkos kirim ongkir. [mohon koreksinya]

Demikian yang bisa kami informasikan dan sharing semoga bemanfaat.

----------------
update: 20 Juli 2019

Mengutip/Menyalin/Meneruskan informasi dari akun facebook sebagai berikut 


Edy Vanhoten

SEKEDAR INFORMASI (TIDAK BEGITU PENTING)
==========================================
PERIHAL PENGGUNA SIPLAH

1. Login ke marketplace SIPLah hanya dapat dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Bendahara BOS

2. 2 jenis pengguna itu adalah pengguna individu PTK yang memiliki TUGAS TAMBAHAN sebagai Bendahara BOS dan Kepala Sekolah (jenis PTK Kepala Sekolah)

3. Login Operator Dapodik (sekolah) tidak dapat digunakan untuk akses marketplace SIPLah, jadi kondisinya tidak sama dengan aplikasi yang terpaut SSO Dapodik yang selain SIPLah (misal BOS Online)

4. Selain pengguna yang sudah ditentukan diatas maka pada halaman login SSO SIPLah akan tampil peringatan GAGAL LOGIN, jadi user yang bisa login ke BOS Online pasti tidak akan bisa login ke SIPLah karena beda peranan

5. Jika terkendala login atau lupa password silahkan perbaiki pada manajemen pengguna dapodik kemudian sinkronkan dan akan dapat digunakan untuk akses marketplace SIPLah pada hari berikutnya (proses validasi penguna dilakukan harian)

6. (menyusul nanti ditambah lagi)

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar