APLIKASI NILAI IJAZAH SD TAHUN 2021

Asslamulaikum Wr Wb.

Halo Bapak/Ibu Guru dan Tenaga Administrasi Sekolah yang saya hormati,

Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang Aplikasi Nilai Ijazah SD Tahun 2021 berbasis excel sederhana. 

APLIKASI NILAI IJAZAH SD TAHUN 2021 EXCEL
APLIKASI NILAI IJAZAH SD TAHUN 2021 EXCEL

Aplikasi ini dibuat dengan harapakan dapat membantu Guru Kelas VI, Kepala Sekolah, Tenaga Administrasi, maupun Guru yang diberi tugas untuk mengolah nilai ijazah Tahun 2021. 


A. Dasar Penyusunan Aplikasi

Aplikasi ini merupakan pembaharuan dari versi sebelumnya yang mana kami sesuikan dengan peraturan dan kebijakan terbaru mengenai Ijazah dan Kriteria Kelulusan Siswa Kelas VI.

Aplikasi Ijazah SD Tahun 2021 mengacu pada: 

  • 1. Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2020, tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2020/2021 [ Unduh ]
  • 2. Surat Edaran Mendikbud nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam masa Darurat Penyebaran Covid-19. [ Unduh ]
  • 3. Peran Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota pada Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021/ [ Unduh ]


B. Cara Menggunakan dan Fitur Aplikasi

Aplikasi ini dibuat menggunakan Microsoft Excel 2007, sehingga dapat dibuka versi diatas 2007. Namun kami sarankan untuk menjalankan aplikasi hanya menggunakan Microsoft Excel, tidak disarankan menggunakan aplikasi spread sheet lainnya. Aplikasi berbasis excel masih sangat diandalkan dalam mempercepat dan mempermudah pekerjaan walupun sebenarnya juga sudah banyak aplikasi berbasis web yang dapat dikerjakan secara online.

Berikut ini cara menggunakan aplikasi sekaligus keterangan fitur yang disematkan pada aplikasi Ijazah SD Tahun 2021.

1. Buka Sheet Menu Aplikasi

Pada Bagian menu aplikasi terdapat tombol-tombol yang menghubungkan ke sheet kerja seperti "Data Peserta Didik", "Nilai Raport Per Semester", "Nilai Asesmen", "Nilai Ijazah", "Pengumuman Lulus", "Amplop", "Keterangan Lulus", "Draf Ijazah", dan "Keterangan Lulus untuk PPDB SMP"

Menu Aplikasi Ijazah SD Tahun 2021


2. Isi Pengaturan Bobot Nilai

Pada aplikasi ini disediakan pengaturan bobot nilai secara otomatis. Bobot nilai diisi berdasarkan kebijakan daerah masing-masing. 

  • Bobot Nilai Raport: disisi angka 10 - 100 sesuai kebijakan
  • Bonot Nilai Asesmen / Ujian Sekolah (US) / Ujian Satuan Pendidikan (USP):  disisi angka 10 - 100 sesuai kebijakan
  • Nilai Pengetahuan (KI -3 ): disisi angka 10 - 100 sesuai kebijakan
  • Nilai Pengetahuan (KI -4 ): disisi angka 10 - 100 sesuai kebijakan

Bobot Nilai Ijazah 2021

Jika tidak ada pembobotan maka cukup diisi dengan angka 50

Tiap daerah memiiki kebijakan tersendiri terkait bobot nilai, ini dalam rangka kebijakan yang adil dalam seleksi penerimaan peserta didik di jenjang SMP yang melaui jalur prestasi. Jalur PPD Prestasi menggunakan Nilai dalam seleksinya. 

Apabila tidak dilakukan pembobotan ataupun tidak mengadakan Ujian Sekolah (US) kami sarankan untuk menggunakan aplikasi versi sebelumnya yaitu: [  Aplikasi Ijazah SD Versi 2020  ] karena lebih simpel. 

3. Isi Data Peserta Didik

Isikan Data Siswa atau Peserta Didik pada sheet "Data Siswa". Data siswa disini akan otomatis untuk data daftar nilai dan surat keterangan, jadi cukup isikan data siswa satu kali saja. Pengisian format tanggal lahir yaitu tanggal/bulan/tahun cotoh: 21/03/2008

Data Peserta Didik Aplikasi Ijazah

4. Daftar Nilai Raport per Semester

Pada sheet ini silahkan isikan nilai raport tiap semester. Semeseter 7 (Kelas IV Semester 1), Semester 8 (Kelas IV Semester 2), Semester 9 (Kelas V Semester 1), Semester 10 (Kelas V Semester 2), Semester 11 (Kelas VI Semester 1).

Nilai Raport Semester 7

Sesuai penilian kurikulum 2013, KI-3 adalah nilai pengetahuan, KI-4 adalah nilai keterampilan. Nilai Rata-rata yang ditampilkan di sini adalah nilai rata-rata yang dihitung sesui pembobotan yang telah ditentukan. Apabila nilai rata-rata tidak dilakukan pembobotan maka cukup isikan 50

Apabila Anda menggunakan aplikasi raport "apk13sd", di sana juga sudah disediakan rekap nilai raport KI-3 dan KI-4. Apabila nomor urut siswa sama maka dapat di copy paste - values langsung, namun jika tidak lebih baik di print terlebih dahulu dan diinputkan secara manual. Dengan cara ini Anda tidak perlu repot membolak balik dan membuka raport masing - masing siswa karena sudah punya rekapanya.

Rekap Nilai Raport KI 3 KI 4

Sebetulnya jika Anda sudah terbiasa dengan excel, urutan nomor absen peserta didik tidak akan menjadi kendala karena bisa di excel ada fasilitas sort atau pengurutan. Biasanya untuk siswa peserta ujian diurutkan berdasarkan abjad nama siswa. Pelajari tentang copy paste values dan pengurutan data (sort) pada postingan: 10 MENU DAN RUMUS EXCEL PERMUDAH KERJA OPERATOR SEKOLAH

5. Nilai Asesmen / Ujian Sekolah

Di sheet ini digunakan untuk memasukan nilai Asesmen / Ujian Satuan Pendidikan (USP) / Ujian Sekolah (US). Ini bergantung istilah masing-masing. Dalam kebijakannya sekolah dapat mengadakan Ujian Sekolah dengan model daring atau luring, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Nilai Asesmen Ujian Sekolah

Pada daftar nilai Asesmen / Ujian Sekolah ini juga disesiakan KI-3 dan KI-4, jika tidak ada nilai KI-4 bisa dikosongkan saja. 

6. Rumus Nilai Ijazah 2021

Pada sheet ini ditampilkan rumus perhitungan Nilai Ijazah Tahun 2021, aplikasi akan menghitung Otomatis sesuai bobot nilai yang telah ditentukan di awal.

Rumus Nilai Ijazah 2021

NI: rt Nilai Rapor (70%) + Nilai Ujian Sekolah (30%)

rt: rtK13 sem 7-11 (70%) + rtK13 sem 7-11 (30%)

Keterangan:

NI: Nilai Ijazah

rt: rata-rata

Yang pasti tiap daerah memilik kebijakan masing-masing untuk penentuan bobot nilai.

Rumus pembulatan yang digunakan pada aplikasi nilai ijazah SD ini sudah menggunakan rumus excel =ROUND, sehingga tidak perlu khawatir tentang angka dibelakang koma yang bisa mengakibatkan perbedaan perhitungan secara pembulatan manual


7. Rekap Nilai Ijazah

Pada sheet ini ditampilkan rekap Nilai Ijazah, Anda dapat menganilis untuk penentuan Kelulusan. Isikan Batas minimal nilai kelulusan secara otomatis nili yang berada di bawah batas Nilai Minimal (BNM) akan berwarna merah.

Rekap Nilai Ijazah Tahun 2021

8. Pengumunan Kelulusan

Pada aplikasi ini disesuakan cetak surat pengumuman kelulusan. Bianya pada kondisi normal Siswa dan Wali siswa akan diberikan amlop berisi surat pengumuan kelulusan yang akan dibuka bersama-sama.

Aplikasi Pengumuman Kelulusan

Cukuk ketikan nomor urut siswa, maka surat pengumuan kelulusan akan otomatis terisi datanya.


9. Keterangan Lulus

Keterangan Lulus digunakan untuk kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP. Pada keterangan lulus dicantumkan juga nilai siswa, untuk formatnya tiap sekolah atau daerah bisa berbeda. Silahkan diubah atau dimodifikasi sesuap keperluan. Surat keterangan ini kadang juga disebut dengan Surat Keterangan Hasil Ujian Sementara (SKHUS).

Aplikasi Keterangan Lulus PPDB

Pada aplikasi ini untuk nomor seri surat juga sudah otomatis berdasarkan nomor urut siswa


10. Amplop Pengumunan Lulus

Disini kami juga menambahkan fitur untuk ceta Amplop Pengumunan Kelulusan Secara otomatis. Gunakan ukuran kertas Env. #10. Pengaturan masing-masing printer kemungikan juga berbeda, silahkan disesuaikan.

Amlop Pengumunan Lulus


D. Download Aplikasi Ijazah SD 2021

Aplikasi Nilai Ijazah ini dapat digunakan Bapak/Ibu secara gratis, untuk memastikan file aman dari viru dan mempermudah dalam mendownload kami upload via google drive .

Aplikasi Nilai Ijazah SD Th. 2021 Versi 2021_04_RC [ Unduh ]

Aplikasi masih dalam proses tahap uji coba, kirimkan feed back (koreksi kritik & saran) melaui kotak komentar dibawah ini.

E. REVISI, KOREKSI DAN PERBAIKAN APLIKASI FIX

01 JUNI 2021

Kami sampaikan terima kasih kepada teman-teman yang sudah memberikan dukungan dan masukan-masukan terutama koreksi aplikasi ini. 

Ada 2 hal tentang perbaikan aplikasi ini.

1. Penamaan Sheet

Ada kekeliuran dalam penamaan Sheet Aplikasi yang seharusnya sebagai berikut:

7 -IV Sem 1 

8 - IV Sem 2 

9 - V Sem 1 

10 -V Sem 2 

11 - VI Sem 1

Nama Sheet Aplikasi Ijazah SD 2021

Namun hal ini tidak mempengaruhi rumus pada aplikasi, sehingga bisa diabaikan. Anda bisa memperbaiki sendiri dengan cara "Klik Kanan Nama Sheet" --- "Rename" --- "Tulis Nama" --- "klik sembarang"


2. Rumus Rata-Rata Nilai Matematika Kelas V Sem. 2

Kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Petra  S.Pd. (081-273006...)    (yang telah memberikan koreksinya. Ada kekeliruan rumu pada rata-rata nilai matematika Kelas V Semester 2 sebagai berikut.

Rumus Salah: 

=ROUND((sem_10[[#This Row];[11]]*b_3/100)+(sem_10[[#This Row];[13]]*b_4/100);0)

Rumus Aplikasi Nilai Ijazah 2021

Rumus Yang Betul: 

=ROUND((sem_10[[#This Row];[12]]*b_3/100)+(sem_10[[#This Row];[13]]*b_4/100);0)

Revisi Rumus Aplikasi Ijazah 2021

Apabila Anda sudah melakukan entry banyak nilai silahkan untuk bisa diedit sendiri. Namun jika masih pertama kali mau menggunakan aplikasi silahkan download versi aplikasi yang sudah kami revisi terbaru

Aplikasi Nilai Ijazah SD Th. 2021 Versi 2021_06_FIX [ DOWNLOAD ]

Download juga:

Untuk menggunakannya, setelah di download ekstrak dahulu aplikasinya dengan "klik kanan" --- "ekstrak here"

Lebih jelasnya tentang penggunaan aplikasi ini silahkan tonton video tutorial berikut ini.


Demikianlah tentang Aplikasi Nilai Ijazah SD Tahun 2021 berbasis Microsoft Excel. Kami menyadari bahwa aplikasi ini masih banyak kekurangan. Koreksi kritik dan saran dari Anda sangat kami perlukan agar aplikasi ini menjadi lebih baik lagi dan dapat digunakan dengan mudah dalam proses olah nilai ijazah dan cetak surat keterangan lulus maupun SKHU tahun pelajaran 2020/2021. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb. 

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

72 komentar untuk " APLIKASI NILAI IJAZAH SD TAHUN 2021"

  1. bagaimana cara mengganti nama mapel bahasa jawa dan muatan lokal lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengganti nama mapel dapat langsung di ketik. Silahkan unprotect dulu sheetnya jika akan melakukan pengeditan dengan cara klik menu "Review" --- "Unprotect Sheet". Setelah selesai jangan lupa untuk memproteck kembali dengan cara "Review" --- "Protect Sheet" --- "OK".

      Hapus
    2. untuk unprotect passwordnya apa ya

      Hapus
  2. Balasan
    1. tidak bisa unduh kemungkinan diblok oleh keamanan webrowser. Caranya klik tanda anak panah keatas kemudian pilih "Keep" --- "Keep Anyway"

      Hapus
  3. Di tempat sy NI = (rata2 rapotrt 7+8+9+10+11) + (nilai bdr kls 6 smster 2). + (2xnilai us)/4..ada g aplikasinya ?.terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa di modifikasi saja aplikasi ini, karena rumus-rumusnya tidak di protect

      Hapus
  4. Minta Untuk jenjang SMA. Kalau bisa share di WA. 081246182986

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini masih fokus pengembangan aplikasi untuk jenjang SD.

      Hapus
  5. Kolom untuk nilai US ga da ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kolom Ujian Sekolah (US) ada, silahkan download yang versi 2020_04. Hanya perbedaan istilah saja.

      Hapus
  6. terima kasih atas aplikasinya,sangat bermanfaat bagi saya dalam pengolahan nilai ijazah ,rapot..semoga menjadi amal baik bpk nirsinggih,

    BalasHapus
  7. terima kasih banyak, aplikasinya sangat bermanfaat bagi kami yang di pedalaman Kalimantan Tengah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, semoga aplikasinya dapat dipergunakan dengan maksimal.
      salam....

      Hapus
  8. mkasih p udah 2 tahun saya ambil untuk dipergunakan salam saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, jika ada kritik dan saran dipersilahan, agar aplikasi menjadi lebih baik lagi. terima kasih atas perhatiannya... :)

      Hapus
  9. jumlah siswa 78 tapi di pengisian nilai hanya 40 siswa, bagai mana menambahkannya?

    untuk logo bagai mana menggantinya?

    BalasHapus
  10. jumlah siswa 78 tapi di pengisian nilai hanya 40 siswa, bagai mana menambahkannya?

    untuk logo bagai mana menggantinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung di tarik ke bawah, namun lebih mudah dibagi 2 saja, jadi 40 dan 38.

      Hapus
  11. Gak bisa download tlg dong admin tanda panah keatas juga gak ada saya gak paham yg mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link download sudah kami bagikan di atas, tinggal klik tulisan "Unduh"

      Hapus
  12. Sangat bermanfaat,

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terima kasih atas perhatiannya...

      Hapus
  13. Tolong Admin unutk logo di lemabr pengumuman ga bisa di ganti...
    solusinya dong....
    makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Logo bisa diedit, silahkan unprotect dulu sheetnya, lebih jelasnya bisa di lihat pada video yang telah kami siapkan.. trims

      Hapus
  14. Mas bagaimana cara merubah NIPD supaya bisa lebih dari4 digit.?

    terima kasih atas aplikasinya,sangat bermanfaat dan membantu saya dalam pengolahan nilai ijazah, rapot..semoga menjadi amal baik mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengubah maksimal digit NIPD melalui menu "Data Validation" silahkan ubah ke maksimad digit yang diperlukan.

      Amiin...

      Hapus
  15. Pertanyaan yang sama, karna NIPD disekolah kami ada 8 digit, bagaimana cara nya? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  16. afwan admin,pasword proteksi buat ganti mapel apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplikasi ini tidak menggunakan password, jadi langsung bisa di unprotect sheet. pilih menu "Review" -- "Unprotec Sheet" setelah diedit jangan lupa untuk memprotect kembali untuk menghindari rumus terhapus. lebih jelasnya bisa dilihat pada video.

      Hapus
  17. Mas untuk unprotect sheet password nya apa ya?

    BalasHapus
  18. gimana cara donload aplikasinya

    BalasHapus
  19. gimana cara downloadnya kok ga ada yg diklik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendownload file aplikasi klik tulisan "Unduh"

      Hapus
  20. Pak gimana cara menambahkan kolom untuk nomor peserta ujian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena pada dasarnya Ujian Nasional itu telah dihapus, dan Ujian Sekolah sifatnya mandiri, maka tidak perlu mencantumkan nomor peserta ujian.

      Cukup gunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Induk Siswa (NIS).

      Hapus
  21. Mohon maaf..bagaimana cara menambahkan nilai raport kelas 6 semester 2 (semester 12)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menambahkan nilai raport kelas 6 semester 2 perlu dimodifikasi lagi.

      Lebih mudah silahkan gunakan versi 2020, download di link: https://www.tasadmin.id/2020/04/aplikasi-nilai-ijazah-sd-tahun-2020.html

      Hapus
  22. Kenapa data anak2 nggak bisa di save,mohon pencerahannya,
    Kalau mau ganti bahasa Jawa n bahasa daerah gimna

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Data tidak bisa disave pastikan file aplikasi sudah diekstrak, lebih jelas bisa melihat video yang telah kami siapkan.

      2. Untuk mengganti bahasa Jawa bisa dilakukan dengan cara ganti langsung (diketik langsung) namun sebelumnya silahkan unprotect sheet terlebih dahulu. Klik menu "Review" - "Unprotect sheet". Setelah selesai jangan lupa di protect kembali agar rumus aman.

      Hapus
  23. terima kasih, aplikasinya bermanfaat sekali
    Bagaimana caranya tambah sheet untuk nilai rapor kelas 6 semester 2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi ini hanya untuk nilai raport 5 semester, dan nilai ujian sekolah. ditempat kami melaksanakan ujian sekolah. ketentuan ini juga sudah sesuai juknis.

      Apabila di tempat Anda 6 semester, coba gunakan aplikasi versi sebelumnya yang bisa di download di link: https://www.tasadmin.id/2020/04/aplikasi-nilai-ijazah-sd-tahun-2020.html

      Hapus
  24. kak yang 6 semester nanti dibuat gak ya, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon infonya, jika yang 6 semester dibuat apakah juga menyertakan nilai Ujian Sekolah (US) ?

      Hapus
  25. kak yang 6 semester nanti dibuat gak ya, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon infonya, apabila menyertakan nilai semester 2 kelas VI, apakah juga dengan nilai ujian sekolah?
      Atau nilai ijazah hanya rata-rata raport 6 semester?

      Hapus
    2. iya pak 6 semester + US, maaf baru balas pak karna sibuk disekolah

      Hapus
  26. tida bisa di download mas selalu eror
    boleh kirim filenya?
    sriedheliema@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh tahu keterangan errornya apa?
      apabila download failed karena diblok oleh webbrowser coba di alow atau di izinkan,
      File aplikasi ini kami upload di google drive

      Hapus
    2. Keterangannya Failed Forbidden
      ada juga yang berhasil terdownload tapi terhapus sendiri pas saya mau buka filenya
      saya buka beberapa kali tetap seperti itu pak

      Hapus
  27. Assalamu alaikum...Aplikasix sangat bermanfaat sekali bagi kami terimakasih banyak pak..smoga berkah...koreksix cuma nama Sheet di sem 10 dan 11..Mohon Maaf juga pak kok No. Hp 081 578 049 508
    g aktif atau bagaimana pak...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      Terima kasih atas koreksinya. Benar kami ada kekeliruan penamaan sheet, namun tidak berpengaruh pada fungsi maupun rumus aplikasi.
      7 -IV Sem 1
      8 - IV Sem 2
      9 - V Sem 1
      10 -V Sem 2
      11 - VI Sem 1

      Hapus
  28. Untuk menghapus mulok 2 dan mulok 3 bagaimana ya ka? Soalnya saya mulok nya cuma 1, kalau tidak d hapus jadi tidak muncul nilai rata-ratanya, karena harus diisi dengan nilai. Terimakasih.. Ditunggu sekali jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau muloknya cuma 1, mulok2 dan mulok3 bisa langsung saja dihapus di sheet cetaknya. terkait nilai rata-rata bisa langsung menggunakan rumus =AVERAGE

      Hapus
  29. Mas Nir Singgih Mau Tanya Untuk SKHU Nya Sebelah Mana Ya Di Aplikasi Nya. Yang Saya Lihat Cuma SKL Mas. Mohon Petunjuk Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SKHU = Surat Keterangan Hasil Ujian
      SKL = Surat Keterangan Lulus.
      Bisa langsung dimodifikasi saja istilah ini. Namun yang perlu dipahami adalah tentang kriteria penentuan lulus dan kebijakan masing-masing daerah.
      1. Belum tentu sebuah daerah mengadakan ujian sekolah.
      2. Kriteria kelulusan bisa ditentukan hanya berdasarkan nilai raport.
      3. Intinya silahkan sesuaikan dengan kebijakan daerah masing-masing

      Hapus
  30. Mas untuk unprotect sheet password nya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak pakai password, bisa langsung di unprotect sheet daftar nilai maupun sheet cetak

      Hapus
  31. Mas itu aplikasi Excellnya berbayar yaa, yg nilai ijazah SMA???
    kalo misal mau beli bgmna???

    BalasHapus
  32. Maaf untuk menambah peserta didik karena peserta didik di sekolah kami sampai dengan 100 siswa bagaimana menambahkan kolom nya.
    hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi ini disusun untuk 40 siswa, bisa sampai dengan 100 siswa namun perlu didit tabelnya tiap semester dan tabel rekap nilainya.

      Lebih mudah bila ada 100 siswa maka dibagi saja menjadi 3 file aplikasi

      Hapus
  33. maaf pak mau tanya, untuk unprotect password nya apa ya pak? saya sudah ke review dan unprotect sheet, tapi tetap muncul harus memasukkan password terlebih dahulu

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK