Download Aplikasi Nilai Ijazah SD Tahun Pelajaran 2019/2020

Asslamaualaikum Wr. Wb.

Aplikasi nilai ijazah Sekolah Dasar (SD) Tahun Pelajaran 2019/2020 diperlukan guna mempermudah Bapak / Ibu Guru, dalam menentukan kelulusan siswa kelas 6 dan untuk keperluan pembuatan nilai ijazah.
aplikasi nilai ijazah sd tahun pelajaran 2019/2020
Tampilan aplikasi nilai ijazah SD tahun pelajaran 2019/2020


Kali ini saya akan share sebuah aplikasi berbasis excel yang bisa teman-teman operator download dan digunakan disekolah masing-masing.

Sebelum kita lanjutkan perlu diketahui tentang bahwa kelulusan Sekolah Dasar (SD)/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir (kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 semester gasal). Nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan. Hal ini berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Selain itu, terkait surat edaran yang saya sebutkan diatas diinformasikan juga tentang PPDB.
PPDB pada Jalur Prestasi dilaksanakan berdasarkan:
1) Akumulasi nilai rapor ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir; dan/atau
2) Prestasi akademik dan non-akademik di luar rapor sekolah;

Atas dasar itulah saya menyusun aplikasi ini sebagai persiapan lebih awal, dan jika nantinya sudah ada juknis tentang ijazah maka aplikasi ini bisa diperbaharui atau dimodifikasi.

Tentang Aplikasi Nilai Ijazah SD Tahun Pelajaran 2019/2020

Aplikasi ini dibuat menggunakan microsoft excel versi 2007 sehingga dapat dioperasikan pada versi yang lebih tinggi. Sebisa mungkin aplikasi ini dibuat sesederhana mungkin guna memudahakan Bapak Ibu Guru atau yang diberi tugas untuk mengolah nilai kelas VI Sekolah Dasar.

Aplikasi ini digunakan mengolah nilai yang merupakan rata-rata raport dari kelas IV semester 1 sampai dengan kelas V semester 2, kemudian cetak pengumuman kelulusan, amplop kelulusan, keterangan lulus, dan draft penulisan ijazah.

Rumus utama aplikasi ini adalah rumus nilai rata-rata yaitu average, kemdudian untuk menampilkan data surat keterangan menggunakan rumus vlookup berdasarkan nomor urut data. Kami juga menggunan rumus pembulatan round agar lebih akurat. Teman-teman bisa mempelajari tentang rumus rumus excel ini pada blog saya satunya di deuniv.blogspot.com 

Cara Menngunakan Aplikasi

Secara teknis aplikasi ini cara kerjanya seperti aplikasi untuk SMP yang telah di share di postingan sebelumnya (di sini ).

Adapun cara menggunakan aplikasi untuk SD, saya coba buat ulang sebagai berikut.

1. Ekstrak dulu filenya dari format zip, klik kanan - ekstrak here.

2. Buka aplikasi, dan masuk pada sheet menu utama aplikasi. Sheet menu ini berisi tombol link untuk menuju sheet lainya.


3. Isikan nilai raport dari selama 5 semester pada sheet nilai raport. Disini format disesuikan dengan nilai kurikulum 2013, isikan nilai pengetahuan pada KI 3, nilai keterampilan pada KI 4. RT disini adalah rata-rata nilai dari KI 3 dan KI 4.

Jika di sekolah teman-teman masing menggunakan kurikulum 2006, maka KI 3 diisi dengan nilai tertulis, dan KI 4 diisi dengan nilai praktik, atau bisa diisi salah satu saja.

Jika akan menggunakan copy paste nilai gunakan paste spesial values agar yang tercopy hanya nilainya saja. 

Oh iya jika teman-teman menggunakan aplikasi raport kurikulum 2013 apk13sd, berikut cara mudah untuk mengcopy paste nilai ( lihat di postingan ini https://apk13sd.nsp.web.id/2020/04/memasukan-nilai-raport-dapodik.html)

5. Setelah semua nilai raport lengkap diisi, selanjutkan ke menu nilai ijazah. Pada sheet ini merupakan rata-rata dari raport 5 semester yang telah diisikan. Jangan lupa untuk memasukan Batas Nilai Minimal (BNM). Nantinya jika ada nilai dibawah BNM maka otomatis akan berwarna merah.


Untuk keputusan lulus dan tidak lulus diisi secara manual dengan sebelumnya telah dilakukan rapat penentuan kelulusan siswa bersama dewan guru.

6. Setelah selesai menentukan kelulusan siswa lanjut ke sheet pengumuman lulus. Ini digunakan untuk mencetak surat pengumuman kelulusan yang akan dibagikan ke siswa ataupun wali siswa. Gunakan spin button atau anak panah untuk mengganti dan menampilkan data selanjutnya. Cara print saya biasa menggunakan tombol CTRL+P.


7. Cetak juga amplop untuk pengumuman kelulusan, seperti yang sudah-sudah pada acara pengumuman kelulusan biasanya amplop akan dibuka bersama-sama dan serentak untuk mengetahui lulus tidak lulus. Amplop yang digunakan adalah amlop ukuran besar. Pada aplikasi ini akan membantu mempercepat cetak amplop sesuai nama masing-masing siswa.


8. Setelah pengumuman kelulusan, selanjutnya akan ada kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), jika ijazah belum terbit maka bisa menggunan Surat Keterangan Lulus (SKL) untuk mendaftarkan siswa ke SMP. Silahkan format pada aplikasi ini untuk disesuikan, karena tiap sekolah mungkin berbeda dan disini menampilkan semua nilai. Jika hanya ingin menampilkan 3 mapel, silahkan hapus yang tidak diperlukan. 

Karena tidak diadakan Ujian maka tentunya tidak membuat surat keterangan hasil ujian yang biasanya kita sebut SKHU.

9. Yang terakhir adalah cetak draft ijazah. Fungsinya untuk mempermudah penulisan ijazah, lebar ini dicetak sehingga penulis tidak perlu melihat rekap nilai langsung menyalin. Diharapkan dengan cara ini akan meminimalisir kesalahan penulisan ijazah.



Unprotect Sheet Aplikasi

Beberapa sheet memang di protect yang bertujuan agar rumus tidak terhapus. Meskipun di protect beberapa sheet tidak diberi password, jika ingin mengedit silahkan terlebih dahulu buka dulu unprotect sheetnya dengan cara. Klik kanan nama sheet - pilih unprotect.


Jangan lupa setelah selesai mengedit atau memodifikasi untuk di protect kembali dengan cara klik kanan nama sheet - pilih protect

Selain itu cara unprotect sheet juga bisa melalui menu Review --- Unprotect sheet .

Download Aplikasi Nilai Ijazah SD Tahun Pelajaran 2019/2020

Silahkan untuk teman-teman yang ingin menggunakan aplikasi ini dapat didownload  via google drive melalui link/tautan di bawah ini:

https://drive.google.com/file/d/19IzQdBPLrBe_E9WYlqbe3inqBMgO-AAr/view?usp=sharing

APLIKASI MASIH ADA KESALAHAN RUMUS MATEMATIKA, SEDANG DIPERBAIKI

Update 06/05/2020

Kami terlalu tergesa-gesa untuk menshare aplikasi ini sehingga masih terdapat keleliruan rumus, untuk teman-teman yang sudah banyak mengentrikan nilai bisa diganti sendiri rumusnya pada rekap nilai mapel Matematika sebagai berikut:


=ROUND(AVERAGE(sem_1[[#This Row];[14]];sem_2[[#This Row];[14]];sem_3[[#This Row];[15]];sem_4[[#This Row];[14]];sem_5[[#This Row];[14]]);0)

SEHARUSNYA:

=ROUND(AVERAGE(sem_1[[#This Row];[14]];sem_2[[#This Row];[14]];sem_3[[#This Row];[14]];sem_4[[#This Row];[14]];sem_5[[#This Row];[14]]);0)

Mohon bantuannya untuk menginfokan teman yang menggunakan aplikasi ini, terima kasih

Untuk file aplikasi yang telah kami revisi dan kami tambahkan format Surat Keterangan Lulus (SKL) sesuai ditempat saya bekerja dapat di download memalui link di bawah ini:



DOWNLOAD VERSI 6 (ENAM) SEMESTER: https://drive.google.com/open?id=1rf3idnOI7b7r_lC0CHxVOVr4vg7n6JIu


Gabung di grup WhatsAPP: Administrasi Sekolah

Terkait cara mengganti nama sekolah, aplikasi ini memang tidak dibuat otomatis mengganti nama sekolah, silahkan ganti pada masing-masing sheet yang akan dicetak. Klik nama sheet --- pilih unprotect



Download juknis pengolahan nilai ijazah dan pedoman kelulusan pada: Peraturan Sekretaris Jendral Persesjen Nomor 5 Tahun 2020.pdf  

Pengumuman kelulusan SD tanggal: 15 Juni 2020

File aplikasi ini berkukuran kurang dari 300 kb, sehingga ringan digunakan. Dan aplikasi ini dapat teman-teman download dan gunakan secara gratis.

Koreksi dan saran dari teman-teman bisa disampaikan melaui kotak komentar yang telah tersedia dibawah, dan share juga kepada teman-teman lainya dengan klik tombol share.

Demikian yang bisa kami share mengenai aplikasi nilai ijazah SD tahun pelajaran 2019/2020, semoa bermanfaat dan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr Wb.
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

40 Komentar untuk "Download Aplikasi Nilai Ijazah SD Tahun Pelajaran 2019/2020"

  1. Terima kasih, sangat membantu

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum,izin download pak,terimakasih

    BalasHapus
  3. mohon izin download dan minta unprotectnya bu..makasih

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum. terima kasih telah membantu meringankan pekerjaan saya dalam menentukan nilai ijazah tahun 2020. semoga Allah membalas kebaikannya. tapi klo boleh gimana mengubah bagian yang diprotect. mohon bantuannya lagi. .

    BalasHapus
  5. Terima kasih ,aplikasinya sangat membantu

    BalasHapus
  6. mohon izin download dan minta unprotectnya bu..makasih

    BalasHapus
  7. mohon ijin untuk download. Ini sangat bermanfaat. Semoga Tuhan membalas amal ibd Ibu. Amin

    BalasHapus
  8. Terma kasih atas bantuannya untuk mempermuda pengolahan nilai kls 6. Dan sya mohon paswordnya pak

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum. Izin download pak.

    BalasHapus
  10. Izin download bu...
    Mohon d kirmkan kode unprotecnya bu..
    Tksh..

    BalasHapus
  11. izin download ya makasih atas aplikasinya

    BalasHapus
  12. Izin download bu...
    Boleh dikirim kode unprotecnya bu....
    Terimakasih, sangat membantu....

    BalasHapus
  13. Izin download bu...
    Boleh dikirim kode unprotecnya bu...
    Terimakasih bu. Aplikasi ini sangat membantu kami....

    BalasHapus
  14. TERIMA KASIH BANYAK KARENA SUDAH BERBAGI

    BalasHapus
  15. Terima kasih Pak, izin download

    BalasHapus
  16. Ijin download... Trimakasih.. 🙏🙏

    BalasHapus
  17. terimakasih, sangat bermanfaat. izin download.
    bertanya" : kalau nilai smester genap (kls 6 smt 2) dimasukan ke kolom mana ya..?maaf

    BalasHapus
  18. sangat membantu. izin download pak

    BalasHapus
  19. alhamdulillah...aplikasi ini sgt bermanfaat. Mohon ijin bertanya : Jika ingin memasukkan nilai kelas 6 smster genap, bgaimana caranya? trima kasih sbelumnya...

    BalasHapus
  20. Mohon di bagi unprotecnya gan...


    BalasHapus
  21. mohon ijin download gan...aplikasi ini sangat membantu kami

    BalasHapus
  22. terimaksih. izin unduh min...

    BalasHapus
  23. assalamualikum... saya mau nambah siswa karena siswa kelas 6 jumlahnya 45 orang... gmn caranya ?

    BalasHapus
  24. silahkan teman-temans, untuk mendownload aplikasi VERSI REVISI, terima kasih

    BalasHapus
  25. Mau tanya min, bagaimana jika nilai semester 2 kelas 6 dimasukkan, aplikasi nya mohon dibuatkan . terimakasih..

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum Wr. wb.
    Terima kasih banyak atas aplikasi ini. Mau tanya pak, bagaimana cara menambah jumlah siswa?
    Terima kasih banyak sebelummnya.
    Wassalamualaikum Wr, Wb.

    BalasHapus
  27. Selamat pagi,
    terima kasih sangat membantu.

    Kalau kita mau nambah kolom untuk masukkan nilai US bisa ngak?

    BalasHapus
  28. Terima kasih sangat membantu

    Maaf, Digit untuk NIPD cuma 4 Digit. sedangkan disekolah kami pakai 8 Digit.. Mohon di beritahu Password Protech nya.. makasih sebelumnya..

    BalasHapus
  29. min tolong passwordnya dong buat unprotect

    BalasHapus
  30. terimakasih semoga aplikasi ini membantu tugas guru mengolah nilai

    BalasHapus
  31. unprotect data siswa pass nya berapa ya min? terimakasih

    BalasHapus
  32. Assakamualaikum terimakasih aplikasinya sangat betmanfaat smoga d bls amal ibadahnya, mhon maaf minta tolong password unprotect

    BalasHapus
  33. Bagaimana caranya mengedit nama sekolah dan nama mata pelajaran yang ingin ditambahkan ? terimakasih.

    BalasHapus
  34. Terimakasih.. bisa diberikan password protech nya ya??

    BalasHapus
  35. sangat bermanfaat, ijin download

    BalasHapus
1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel