Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APLIKASI SKHU DAN IJAZAH SD, SMP, SMA TAHUN 2022

Aplikasi Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) dan pengolahan Nilai Ijazah diperlukan untuk mempercepat serta mempermudah pekerjaan guru kelas VI, wali kelas IX, wali kelas XII, atapun yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah.

Pada postingan ini, saya akan berbagi info sebuah aplikasi berbasis Micosoft Excel untuk mencetak SKHU dan olah Nilai Ijazah Tahun 2022

File aplikasi yang akan saya bagikan ini lengkap dari jenjang SD, SMP, dan SMA.

Aplikasi SKHU Ijazah Tahun 2022
Aplikasi SKHU Ijazah SD/SMP/SMA Tahun 2022



Namun sebelum lanjut mengunduh aplikasi, Bapak/Ibu Guru perlu mengetahui cara pengolahan nilai ijazah yang bisa kita temukan di Juknis yang diterbitkan oleh Kemendikbudristek.

Juknis Ijazah SD/SMP/SMA tahun pelajaran 2021/2022 mengacu pada Persesjen Kemendikbudristek Nomor 1 Tahun 2022 tentang Spesifikasi Teknis Dan Bentuk, Serta Tata Cara Pengisian, Penggantian, Dan Pemusnahan Blangko Ijazah Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2021/2022


Lalu bagaimana cara mengolah / menghitung nilai ijazah dan nilainya diambil dari mana?

Untuk menjawab pertanyaan diatas sebetulnya sudah tertulis di Peraturan Sekeretaris Jendral (Persesjend) Kemendikbudristek tersebut diatas yang bunyinya:

Nilai Ujian Sekolah/Ujian Pendidikan Kesetaraan yang diperoleh sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah/Ujian Pendidikan Kesetaraan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-l9) dan/atau perubahannya.
Nilai Ujian untuk setiap mata pelajaran ditulis dalam skala 0-100 dengan pembulatan 2 (dua) angka di belakang koma.


Jadi untuk pengolahan nilai ijazah dan syarat kelulusan masih mengacu pada SE Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021
Nilai Ujian Sekolah Tahun 2022



Lihat arsip tahun 2021 lalu: KRITERIA KELULUSAN SISWA SD SMP SMA SMK 

Bagi Bapak / Ibu yang ingin mendownload file Aplikasi Cetak SKHU dan Pengolahan Nilai Ijazah Lengkap dari Jenjang SD, SMP, SMA, Tahun Pelajaran 2022 silahkan melaui link lampiran dibawah ini.




          5. 10 MENU DAN RUMUS EXCEL PERMUDAH KERJA 


Aplikasi yang kami bagikan ini sebenarnya merupakan aplikasi yang di susun tahun 2021, namun karena tidak ada perubahan juknis tentang pengolahan nilai dan kriteria kelulusan maka aplikasi ini masih dapat digunakan untuk tahun pelajaran 2021/2022.

Selain itu aplikasi ini suport Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013, setiap muatan pelajaran terdapat 2 kolom untuk mengisikan nilai Tertulis / Pengetahuan KI-3 dan Praktik/Keterampilan KI-4, jika tidak ada keduanya cukup isikan salah satu saja.

Walaupun Aplikasi berbasis web sudah banyak dikembangkan, namun untuk saat ini lebih praktis mengolah nilai dan mencetak SKHU menggunakan aplikasi berbasis excel.

Demikian yang bisa kami informasikan mengenai Aplikasi Cetak SKHU dan Olah Nilai Ijazah Tahun 2022 Jenjang SD, SMP, SMA, silahkan modifikasi sesuai keperluan dan semoga bermafaat.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi ini, bisa disampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

Terima kasih
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar untuk "APLIKASI SKHU DAN IJAZAH SD, SMP, SMA TAHUN 2022"

  1. Sangat bagus aplikasinya, sangat membantu. Cuma ada satu masalah yg Sy temukan di keterangan lulus tu sekolah asal tidak bisa di edit mohon di kasih password nya base bisa di edit, sebelumnya Sy ucapkan terimakasih banyak, kepada yg membuat aplikasinya mudhan sehat slalu dan di catat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT amiiiiin

    BalasHapus
  2. saya muridnya 50, tidak bisa memasukan nama anak karna di protek. tolong untuk passwordnya

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK