MERINGKAS KD KELAS 1 SD UNTUK NILAI DESKRIPSI

Meringkas Kompetensi Dasar (KD) Kelas 1 SD atau menentukan kalimat utama KD diperlukan untuk menyusun kata-kata pada nilai deskripsi raport kurikulum 2013. Sebelumnya telah diposting ringkasan KD Kelas 2, 3, 4, 5, dan 6, dan kesempatan ini kami share Daftar KD Kelas 1 yang telah diringkas bersumber dari aplikasi erapor SD.
KD Kelas 1 yang telah diringkas

Langsung saja berikut adalah daftar KD asli sesuai Permendikbud dan KD yang telah diringkas.

Daftar KD Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 1

KD Pengetahuan PKn

3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
* mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara

3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
* mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari

3.3 Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah
* mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah

3.4 Mengidentifikasi bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah * mengidentifikasi bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah

KD Keterampilan PKn

4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila
* menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang negara

4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
* menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku

4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah
* menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman

4.4 Menceritakan pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah * menceritakan pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah


Daftar KD Bahasa Indonesia Kelas 1

KD Pengetahuan Bahasa Indonesia

3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar * menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan

3.2 Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan
* mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan

3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah
*menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan

3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan
* menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra

3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan
* mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan

3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan
* menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda

3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
* menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam

3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah
* merinci ungkapan penyampaian dan petunjuk kepada orang lain

3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa Daerah
* merinci kosakata dan ungkapan perkenalan

3.10 Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah
* menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar

3.11 Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan
* mencermati puisi anak/syair lagu

KD Keterampilan Bahasa Indonesia

4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar
* mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan

4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar
* mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan

4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
* melafalkan bunyi vokal dan konsonan

4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis * menyampaikan penjelasan tentang anggota tubuh dan panca indera

4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah
* mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan

4.6 Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana

* menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
* menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia

4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
*mempraktikan ungkapan menggunakan bahasa yang santun

4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulis
* menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat

4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah keluarga * menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan

4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri
* melisankan puisi anak atau syair lagu

Daftar KD Matematika Kelas 1

KD Pengetahuan Matematika

3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
* menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99

3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
* menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat

3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda- benda konkret
* membandingkan dua bilangan sampai dua angka

3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan Pengurangan
* menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau Lainnya
* mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda

3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda Konkret
* mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan benda Konkret

3.7 Mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
* mengidentifikasi bangun datar pembentuk pola pengubinan

3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
* mengenal dan menentukan panjang dan berat

3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi Konkret
* membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu


KD Keterampilan Matematika

4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
* menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian

4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
* menuliskan lambang bilangan sampai dua angk

4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
* mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka

4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
* menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan

4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/Gerakan atau lainnya
* memprediksi dan membuat pola bilangan

4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret
* mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar

4.7 Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan * menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan

4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret
* melakukan pengukuran panjang dan berat

4.9 Mengurutkan benda/kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu
* mengurutkan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu


Daftar KD Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

KD Pengetahuan SBdP

3.1 mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
* mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi

3.2 mengenal elemen musik melalui lagu
* mengenal elemen musik melalui lagu

3.3 mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
* mengenal gerak anggota tubuh melalui tari

3.4 mengenal bahan alam dalam berkarya
*mengenal bahan alam dalam berkarya

KD Keterampilan SBdP

4.1 membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
* membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi

4.2 menirukan elemen musik melalui lagu
* menirukan elemen musik melalui lagu

4.3 meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
* meragakan gerak anggota tubuh melalui tari

4.4 membuat karya dari bahan alam
*membuat karya dari bahan alam

Lihat juga postingan sebelumnya tentang:



Daftar KD Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

KD Pengetahuan PJOK

3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* memahami gerak dasar lokomotor dalam permainan

3.2 Memahami gerak dasar non- lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* memahami gerak dasar non-lokomotor dalam permainan

3.3 Memahami pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
*memahami pola gerak dasar manipulatif dalam permainan

3.4Memahami menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional
*memahami menjaga sikap tubuh, dan bergerak secara lentur

3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
* memahami berbagai gerak dominan dalam aktivitas senam lantai

3.6 Memahami gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama * memahami gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama

3.7 Memahami berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air***
*memahami berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan

3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian
*memahami bagian-bagian tubuh, cara menjaga kebersihannya


KD Keterampilan PJOK

4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* mempraktikkan gerak dasar lokomotor dalam permainan

4.2 Mempraktikkan gerak dasar non- lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
*mempraktikkan gerak dasar non- lokomotor dalam permainan

4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif dalam permainan

4.4 Mempraktikkan sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional
* mempraktikkan sikap tubuh, dan bergerak dalam permainan

4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
* mempraktikkan berbagai pola gerak dominan dalam aktivitas senam lantai

4.6 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama * mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama

4.7 Mempraktikkan berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air***
* mempraktikkan berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan

4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian
* menceritakan bagian-bagian tubuh, cara menjaga kebersihannya

----------------
Permudah mencari nilai per KD menggunakan aplikasi: Download Aplikasi nilai per KD
--------------

Itulah yang bisa kami share melalui postingan ini, semoga ada manfaaatnya dan jika ada kesalahan mohon koreksinya. Terima kasih

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar untuk "MERINGKAS KD KELAS 1 SD UNTUK NILAI DESKRIPSI"

  1. bagaimana cara mengganti ki dan kd agama

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mengganti KD pada aplikasi raport apk13sd silahkam masuk pada menu utama --- klik tombol KD

      Hapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK