KD KELAS 4 YANG SUDAH DIRINGKAS

Sebelumnya sudah kami share daftar KD kelas 5 dan 6 yang sudah diringkas. Pada postingan ini saatnya kami share juga daftar KD Kelas 4 yang sudah di ringkas atau sudah ditentukan kalimat utamanya. Kami ulang lagi bahwa kita perlu menentukan kalimat utama Kompetensi Dasar (KD) untuk membuat nilai deskripsi rapor kurikulum 2013 yang mana mengambil dari KD tertinggi dan KD terendah. Baiklah tanpa basa-basi langsung saja...
KD kelas 4 yang sudah diringkas

Daftar KD Pendidikan Kewarganegawaan (PKn) Kelas 4

KD Pengetahuan PKn

3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
* memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila

3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
* mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga

3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari- hari
* menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu

3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
*mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman di Indonesia

KD Keterampilan PKn

4.1 Menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
* menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila

4.2 Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
* menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak

4.3 Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari- hari
* mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu

4.4 Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
* menyajikan berbagai bentuk keberagaman di Indonesia

Daftar KD Bahasa Indonesia Kelas 4

KD Pengetahuan Bahasa Indonesia

3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
* Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung

3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
* Mencermati keterhubungan antargagasan

3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
* Menggali informasi dari seorang tokoh

3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda

* Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
* Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra

3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
* Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan

3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi * Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi

3.8 Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi
* Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru

3.9 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
* Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi

3.10 Membanding-kan watak setiap tokoh pada teks fiksi
* Membanding-kan watak setiap tokoh pada teks fiksi

KD Keterampilan Bahasa Indonesia

4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan
* Menata informasi yang didapat dari teks

4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan
* Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan

4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
* Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku

4.4 Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
* Menyajikan petunjuk penggunaan alat

4.5 Mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan
* Mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra

4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
* Melisankan puisi hasil karya pribadi

4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
* Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi

4.8 Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan bahasa sendiri
* Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan baru

4.9 Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
* Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh

4.10 Menyajikan hasil membandingkan watak setiap tokoh pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
* Menyajikan hasil membandingkan watak setiap tokoh

Daftar KD Matematika Kelas 4


KD Pengetahuan Matematika

3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret * menjelaskan pecahan senilai dengan gambar dan model konkret

3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
* menjelaskan berbagai bentuk pecahan dan hubungan di antaranya

3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal * menjelaskan dan melakukan penaksiran operasi hitung bilangan cacah

3.4 Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan
* menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan

3.5 Menjelaskan bilangan prima
* menjelaskan bilangan prima

3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari * menjelaskan dan menentukan FPB dan KPK

3.7 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
* menjelaskan dan melakukan pembulatan ke satuan terdekat

3.8 Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
*menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan tidak beraturan

3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua
* menjelaskan dan menentukan keliling dan luas

3.10 Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
* menjelaskan hubungan antar garis menggunakan model konkret

3.11 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
* menjelaskan data diri dan lingkungannya dalam bentuk diagram batang

3.12 Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat
* menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar

KD Keterampilan Matematika

4.1 Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
* mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai

4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
* mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan dan hubungannya

4.3 Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan decimal
* menyelesaikan masalah penaksiran dari operasi hitung dua bilangan

4.4 Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan
* mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan

4.5 Mengidentifikasi bilangan prima
* mengidentifikasi bilangan prima

4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
* menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan FPB dan KPK

4.7 Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
* menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat

4.8 Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
* mengidentifikasi segibanyak beraturan dan tidak beraturan

4.9 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua
* menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas

4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
* mengidentifikasi hubungan antar garis

4.11 Mengumpulkan data diri peserta didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang
* mengumpulkan data dalam bentuk diagram batang

4.12 Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat
* mengukur sudut pada bangun datar menggunakan busur derajat

Daftar KD Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 4

KD Pengetahuan IPA

3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
* menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi tubuh mhkluk hidup

3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
* membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup

3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
* mengidentifikasi macam-macam gaya

3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
* menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
* mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi

3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera Pendengaran
* menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan Pendengaran

3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera Penglihatan
* menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan Penglihatan

3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
* menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian SDA

KD Keterampilan IPA

4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan Tumbuhan
* menyajikan laporan hasil pengamatan bentuk dan fungsi bagian tubuh mahkluk hidup

4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya
* membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup

4.3 Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya Gesekan
* mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari

4.4 Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak
* menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak

4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi
* menyajikan laporan hasil pengamatan berbagai perubahan bentuk energi

4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi
* menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi

4.7 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya
* menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya

4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya
* melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam

Daftar KD Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 4

KD Pengetahuan IPS

3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
* mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam

3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
* mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama

3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
* mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan

3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
* mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam

KD Keterampilan IPS

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
* menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan SDA

4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
* menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama

4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
* menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi

4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
* menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam

Daftar KD Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Kelas 4

KD Pengetahuan SBdP

3.1 mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi
* mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi

3.2 mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
* mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada

3.3 mengetahui gerak tari kreasi daerah
* mengetahui gerak tari kreasi daerah

3.4 mengetahui karya seni rupa teknik tempel
*mengetahui karya seni rupa teknik tempel

KD Keterampilan SBdP

4.1 menggambar dan membentuk tiga dimensi
* menggambar dan membentuk tiga dimensi

4.2 menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
* menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada

4.3 meragakan gerak tari kreasi daerah
* meragakan gerak tari kreasi daerah

4.4 membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik
* membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik

Daftar KD Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PJOK) Kelas 4

KD Pengetahuan PJOK

3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
* memahami variasi gerak dasar dalam permainan bola besar

3.2 Memahami variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
* memahami variasi gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana

3.3 Memahami variasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
* memahami variasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan

3.4 Menerapkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**
* menerapkan gerak dasar untuk membentuk gerak dasar seni beladiri

3.5 Memahami berbagai bentuk aktivitas kebugaran jasmani melalui berbagai latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan kelincahan untuk mencapai berat badan ideal
* memahami berbagai bentuk aktivitas kebugaran jasmani

3.6 Menerapkan variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
* menerapkan variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan dalam senam lantai

3.7 Menerapkan variasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama * menerapkan variasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama

3.8 Memahami gerak dasar satu gaya renang***
* memahami gerak dasar satu gaya renang

3.9 Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari
* memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana

3.10 Menganalisis perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda)
* menganalisis perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari

KD Keterampilan PJOK

4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
* mempraktikkan variasi gerak dasar dalam permainan bola besar

4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
* mempraktikkan variasi gerak dasar dalam permainan bola kecil

4.3 Mempraktikkan variasi pola dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
* mempraktikkan variasi pola dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan

4.4 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**
* mempraktikkan gerak dasar untuk membentuk gerak dasar seni beladiri

4.5 Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani melalui berbagai bentuk latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan kelincahan untuk mencapai berat badan ideal
* mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani

4.6 Mempraktikkan variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai * mempraktikkan variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan dalam senam lantai

4.7 Mempraktikkan variasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
* mempraktikkan variasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama

4.8 Mempraktikkan gerak dasar satu gaya renang ***
* mempraktikkan gerak dasar satu gaya renang

4.9 Mendemonstrasikan cara penanggulangan jenis cidera secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari- hari. * mendemonstrasikan cara penanggulangan jenis cidera secara sederhana

4.10 Mendemonstrasikan perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda) * mendemonstrasikan perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari

Perdebadan nomor KD Pengetahuan dengan KD Keterampilan adalah kalau KD Pengetahuan 3. .... KD Keterampilan 4. ....

Lihat juga daftar KD lainya yang sudah diringkas:
1. Kelas 6 SD (lihat)
2. Kelas 5 SD (lihat)

Postingan ini kami share, salah satu tujuanya untuk mempermudah Bapak / Ibu Guru yang menggunakan aplikasi raport apk13sd.  ataupun aplikasi lainya yang memerlukan data ringkasan KD.

Daftar ringkasan KD ini kami ambil dari aplikasi yang ada di erapor SD versi 2019.1, namun jika ada yang masih kurang pas, silahkan sampaikan pada kotak komentar yang tersedia. Terima kasih.

Demikianlah tentang Daftar KD Kelas 4 SD yang sudah diringkas untuk membuat nilai deskripsi pada raport. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "KD KELAS 4 YANG SUDAH DIRINGKAS"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel