RINGKASAN KD KELAS 2 SD

Daftar Isi
Ringksan Kompetensi Dasar (KD) kelas 2 SD ini kami share untuk mempermudah Bapak/Ibu Guru dalam membuat nilai deskripsi pada rapor kurikulum 2013. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa untuk membuat nilai deskripsi mengambil dari KD nilai tertinggi kemudian KD nilai terendah. Jika langsung mengambil KD yang sesuai permendikbud maka kata-kata deskripsi akan terlau panjang dan kalimatnya tidak nyaman untuk dibaca. Untuk itulah pentinggnya meringkas atau menentukan kalimat utama KD kelas 2 SD.
ringkasan kd kelas 2 SD


Daftar KD Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 2

KD Pengetahuan PKn

3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
* mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila

3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah
* mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah

3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah
* mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah
* memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah

KD Keterampilan PKn

4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila- sila Pancasila
* menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah
* menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib

4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah
* mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu

4.4 Menceritakan pengalaman melakukan kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman di sekolah
* menceritakan pengalaman melakukan kegiatan yang mencerminkan persatuan

Daftar KD Matematika Kelas 2

KD Pengetahuan Matematika

3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
* menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya

3.2 Membandingkan dua bilangan cacah
* membandingkan dua bilangan cacah

3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
* menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan

3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian
* menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah

3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
* menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang

3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
* menjelaskan dan menentukan panjang, berat, dan waktu

3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari- hari
* menjelaskan pecahan menggunakan benda-benda konkret

3.8 Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
* menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret

3.9 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya * menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan cirinya

3.10 Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan gambar atau benda konkret
* menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang

KD Keterampilan Matematika 

4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
* membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya

4.2 Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya
* mengurutkan bilangan-bilangan

4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan Pengurangan
* menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan

4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian
* menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian bilangan cacah

4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang
* mengurutkan nilai mata uang

4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
* melakukan pengukuran panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku

4.7 Menyajikan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret dalam kehidupan sehari-hari * menyajikan pecahan yang bersesuaian dengan bagian dari benda

4.8 Mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang* mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan model konkret

4.9 Mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
* mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan cirinya

4.10 Memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan gambar atau benda Konkret
* memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang

Daftar KD Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

KD Pengetahuan SBdP

3.1 mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
* mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi

3.2 mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
* mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak

3.3 mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
* mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari

3.4 mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
* mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya

KD Keterampilan SBdP

4.1 membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi
* membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi

4.2 menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
* menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak

4.3 meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari
* meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari

4.4 membuat hiasan dari bahan alam dan buatan
* membuat hiasan dari bahan alam dan buatan

Daftar KD Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

KD Pengetahuan PJOK

3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* memahami variasi gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan

3.2 Memahami variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* memahami variasi gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan

3.3 Memahami variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* memahami variasi gerak dasar manipulatif dalam bentuk permainan

3.4 Memahami bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
* memahami bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam permainan

3.5 Memahami variasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
* memahami variasi berbagai pola gerak dominan dalam aktivitas senam lantai

3.6 Memahami penggunaan variasi gerak dasar lokomotor dan non- lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
* memahami penggunaan variasi gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor

3.7 Memahami prosedur penggunaan gerak dasar lokomotor, non- lokomotor,dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air ***
* memahami prosedur penggunaan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,dan manipulatif

3.8 Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan, serta berbagai hal yang harus dilakukan dan dihindari sebelum, selama, dan setelah melakukan aktivitas fisik
* memahami manfaat pemanasan dan pendinginan, serta hal yang harus dilakukan dan dihindari

3.9 Memahami cara menjaga kebersihan lingkungan (tempat tidur, rumah, kelas, lingkungan sekolah, dan lain-lain)
* memahami cara menjaga kebersihan lingkungan

KD Keterampilan PJOK

4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan

4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* mempraktikkan variasi gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan

4.3 Mempraktikkan variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* mempraktikkan variasi gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan

4.4 Mempraktikkan prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau Tradisional
* mempraktikkan prosedur bergerak melalui permainan

4.5 Mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam Lantai
* mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dominan dalam senam Lantai

4.6 Mempraktikkan penggunaan variasi gerak dasar lokomotor dan non- lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak berirama
* mempraktikkan penggunaan variasi gerak dasar lokomotor dan non- lokomotor sesuai irama

4.7 Mempraktikkan penggunaan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air***
* mempraktikkan penggunaan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan

4.8 Menceritakan manfaat pemanasan dan pendinginan, serta berbagai hal yang harus dilakukan dan dihindari sebelum, selama, dan setelah melakukan aktivitas fisik
* menceritakan manfaat pemanasan dan pendinginan dalam aktivitas fisik

4.9 Menceritakan cara menjaga kebersihan lingkungan (tempat tidur, rumah, kelas, lingkungan sekolah).
* menceritakan cara menjaga kebersihan lingkungan

Lihat juga:
1. Daftar KD Kelas 4 yang Sudah Diringkas
2. Daftar KD Kelas 5 yang Sudah Diringkas
3. Daftar KD Kelas 6 yang Sudah Diringkas

Download:
1. Aplikasi Raport Berbasis Excel apk13sd
2. Aplikasi Raport Berbasis Web erapor SD.

Demikian yang bisa kami share tentang ringkasan KD kelas 2 SD, semoga bermanfaat untuk Bapak Ibu Guru maupun Kreator Aplikasi Raport Kurikulum 2013. Koreksi dan saran kami harapkan demi ringkasan KD yang lebih tepat lagi.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar