DATA RINGKASAN KD KELAS 5 SD

KD adalah singkatan dari Kompetensi Dasar, KD Kelas 5 merupakan KD yang ada pada kelas 5 Jenjang Sekolah Dasar. Ringkasan KD Kelas 5 termasuk hal yang penting dalam proses pembuatan raport kelas 5. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk membuat nilai deskripsi pada raport kurikulum 2013 mengambil dari KD tertinggi dan KD Terendah.
Contoh data ringkasan KD Kelas 5 SD
tampilan KD erapor

Untuk mempermudah Bapak/Ibu kelas 5 dalam meringkas KD, berikut kami share daftar KD Kelas 5 beserta ringkasanya. Kami tidak meringkas sendiri tapi bersumber dari data aplikasi Erapor SD dari Kementrian yang tentunya ada tim yang sudah ahli dalam meringkas KD. Berikut kami posting 2 baris, beris pertama adalah KD asli dan baris kedua adalah KD yang sudah diringkas.

Daftar KD PKn Kelas 5

KD Pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan 

3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
* mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari
* memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga

3.3 Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat
* menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat

3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup
* menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan

KD Keterampilan Pendidikan Kewarganegaraan

4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
* menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
* menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat

4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat
* menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman

4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan
* menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan


Daftar KD Bahasa Indonesia Kelas 5

KD Pengetahuan Bahasa Indonesia 

3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis
* menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

3.2 Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
* mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku

3.3 Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik
* meringkas teks penjelasan dari media cetak atau elektronik

3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik
* menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan

3.5 Menggali informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara lisan dan tulis menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
* menggali informasi penting dari teks narasi sejarah

3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
* menggali isi dan amanat pantun yang disajikan

3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi
* menguraikan konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi

3.8 Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
* menguraikan urutan peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi

3.9 Mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.)
* mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan

KD Keterampilan Bahasa Indonesia 

4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual
* menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks

4.2 Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku
* menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku

4.3 Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual
* menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media

4.4 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual
* memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan

4.5 Memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta kosakata baku dan kalimat efektif
* memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah

4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
* melisankan pantun hasil karya pribadi

4.7 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
* menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi

4.8 Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang terdapat pada teks fiksi
* menyajikan kembali peristiwa atau tindakan

4.9 Membuat surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhati-kan penggunaan ejaan
* membuat surat undangan dengan kalimat efektif

Daftar KD Matematika Kelas 5

KD Pengetahuan Matematika 

3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda
* menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan

3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan decimal
* menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian

3.3 Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu)
* menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda

3.4 Menjelaskan skala melalui denah
* menjelaskan skala melalui denah

3.5 Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga
* menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang

3.6 Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)
* menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana

3.7 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
* menjelaskan data serta cara pengumpulannya

3.8 Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis
* menjelaskan penyajian data dalam bentuk daftar, tabel, diagram

KD Keterampilan Matematika 

4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda
* menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan dan desimal

4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan dan decimal
* menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian pecahan dan decimal

4.3 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit)
* menyelesaikan masalah perbandingan dua besaran yang berbeda

4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala pada denah
* menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala pada denah

4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga
* menyelesaikan masalahvolume bangun ruang

4.6 Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)
* membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana

4.7 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
* menganalisis data serta cara pengumpulannya

4.8 Mengorganisasikan dan menyajikan data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis
* mengorganisasikan dan menyajikan data dalam bentuk daftar, tabel, diagram


Daftar KD IPA Kelas 5

KD Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Alam

3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia
* menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia

3.2 Menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia
* menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia

3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia
* menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia

3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia
* menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia

3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan Sekitar
* menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan

3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari * menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari

3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
* menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda

3.8 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
* menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi

3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran)
* mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari

KD Keterampilan Ilmu Pengetahuan Alam

4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan
* membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan

4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia
* membuat model sederhana organ pernapasan manusia

4.3 Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.
* menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan

4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia
* menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia

4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
* membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan

4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor
* melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor

4.7 Melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor pada benda
* melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor pada benda

4.8 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber
* membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi

4.9 Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari
* melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran

Daftar KD IPS Kelas 5

KD Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Sosial

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi.
* mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan

3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
* menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan

3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.
* menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan

3.4 Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.
* mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia

KD Keterampilan Ilmu Pengetahuan Sosial

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi.
* menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
* menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan

4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.
* menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan

4.4 Menyajikan hasil identifikasi mengenai faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.
* menyajikan hasil identifikasi mengenai faktor-faktor penting penyebab penjajahan

Daftar KD SBdP Kelas 5

KD Pengetahuan Seni Budaya dan Keterampilan 

3.1 memahami gambar cerita
* memahami gambar cerita

3.2 memahami tangga nada
* memahami tangga nada

3.3 memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah
* memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah

3.4 memahami karya seni rupa daerah
* memahami karya seni rupa daerah

KD Pengetahuan Seni Budaya dan Keterampilan 

4.1 membuat gambar cerita
* membuat gambar cerita

4.2 menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik
* menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik

4.3 mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi dearah
* mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi dearah

4.4 membuat karya seni rupa daerah
* membuat karya seni rupa daerah

Daftar KD PJOK Kelas 5

KD Pengetahuan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

3.1 Memahami kombinasi gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
* memahami kombinasi gerak dalam berbagai permainan bola besar

3.2 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
* memahami kombinasi gerak dasar dalam berbagai permainan bola kecil

3.3 Memahami kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
* memahami kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan

3.4 Menerapkan variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**
* menerapkan variasi gerak dasar untuk membentuk gerak dasar seni beladiri

3.5 Memahami aktivitas latihan daya tahan jantung (cardio respiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani
* memahami aktivitas latihan daya tahan jantung

3.6 Memahami kombinasi pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) untuk membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat
* memahami kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan dasar senam

3.7 Memahami penggunaan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
* memahami penggunaan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama

3.8 Memahami salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik pada jarak tertentu***
* memahami salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik pada jarak tertentu

3.9 Memahami konsep pemeliharaan diri dan orang lain dari penyakit menular dan tidak menular
* memahami konsep pemeliharaan dari penyakit menular dan tidak menular

3.10 Memahami bahaya merokok, minuman keras, dan narkotika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya terhadap kesehatan tubuh
* memahami bahaya merokok, minuman keras, dan narkotika, zat-zat aditif

KD Keterampilan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
* mempraktikkan kombinasi gerak dalam berbagai permainan bola besar

4.2 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
* mempraktikkan kombinasi gerak dasar dalam berbagai permainan bola kecil

4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
* mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan

4.4 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**
* mempraktikkan variasi gerak dasar untuk membentuk gerak dasar seni beladiri

4.5 Mempraktikkan aktivitas latihan daya tahan jantung (cardio respiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani
* mempraktikkan aktivitas latihan daya tahan jantung

4.6 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) untuk membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat
* mempraktikkan keterampilan dasar senam menggunakan alat

4.7 Mempraktikkan pengunaan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
* mempraktikkan pengunaan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama

4.8 Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik pada jarak tertentu ***
* mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik

4.9 Menerapkan konsep pemeliharaan diri dan orang lain dari penyakit menular dan tidak menular
* menerapkan konsep pemeliharaan dari penyakit menular dan tidak menular

4.10 Memaparkan bahaya merokok, meminum minuman keras, dan mengonsumsi narkotika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya terhadap kesehatan tubuh
* memaparkan bahaya merokok, meminum minuman keras, dan NAPZA


Adapun cara melihat daftar KD  dan edit KD Kelas 5 yang ada di raport adalah sebagai berikut:

  1. Login pada aplikasi erapor menggunakan akun guru.
  2. Masuk Pada Menu Kompetensi Dasar
  3. Pilih Mata Pelajaran, kemudian tunggu beberapa saat hingga daftar KD muncul.


Pada aplikasi erpor sendiri untuk meringkas KD jumlahnya sebanyak 60 karakter, kalau lebih dari karakter maka tulisan akan berwarna merah.

Anda masih belum punya aplikasi raport, silahkan download:

1. Aplikasi Raport Berbasis Excel apK13sd

2. Aplikasi Raport Berbasis Web Erapor SD

Pelajari juga: Cara Membuat Nilai Deskripsi


Demikian yang bisa  kami share tentang Data Ringkasan Kompetensi Dasar (KD) untuk Kelas 5 Jenjang SD, semoga bermanfaat untuk Bapak/Ibu Guru dalam menyusun nilai deskripsi raport. Koreksi dari teman-teman kami harapkan agar ringkasan KD menjadi lebih pas / baik lagi. Terima kasih.

5 Komentar untuk "DATA RINGKASAN KD KELAS 5 SD"

  1. Trimakasih telah memberkan masukan bagus....
    Apakah untuk kls 6 sudah ada contohnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas apresiasinya. untuk KD kelas 6 yang telah diringkas akan kami usahakan untuk kami posting dengan mencontoh pada aplikasi erapor sd v 2019

      Hapus
    2. KD kelas 6 telah kami posting di sini, https://www.tasadmin.id/2019/11/kd-kelas-6-yang-telah-diringkas.html

      Hapus
  2. Untuk kelas 4 sudah ada belum

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk KD kelas 4 sudah kami posting di sini https://www.tasadmin.id/2019/11/kd-kelas-4-yang-sudah-diringkas.html

      Hapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel