KD KELAS 6 YANG TELAH DIRINGKAS

Daftar Isi
Ringkasan Kompetensi Dasar (KD) Kelas 6 termasuk hal yang penting dalam proses pembuatan raport kelas 6 jenjang SD. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk menyusun nilai deskripsi pada raport kurikulum 2013 mengambil dari KD tertinggi dan KD terendah. Untuk itulah kami posting Daftar KD Kelas 6 berserta ringkasanya atau kalimat utama KD.
KD kelas 6 yang telah diringkas atau kalimat utama

Daftar KD Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

KD Pengetahuan PKn

3.1 Menganalisis penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
* menganalisis penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari

3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
* menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari

3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
* menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat

3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya
* menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara

KD Keterampilan PKn

4.1 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
* menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila

4.2 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, ha, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
* menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab

4.3 Mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi
* mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi

4.4 Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya
* menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara

Daftar KD Bahasa Indonesia Kelas 6

KD Pengetahuan Bahasa Indonesia

3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca
* menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan

3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
* menggali isi teks penjelasan ilmiah yang didengar dan dibaca

3.3 Menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca
* menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca

3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
* menggali informasi penting dari buku sejarah

3.5 Membandingkan karakteristik teks puisi dan teks prosa
* membandingkan karakteristik teks puisi dan teks prosa

3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.)
* mencermati petunjuk dan isi teks formulir

3.7 Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya saja)
* memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi

3.8 Menggali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi
* menggali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi

3.9 Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi
* menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis

3.10 Mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi
* mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi

KD Keterampilan Bahasa Indoesia

4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti
* menyajikan simpulan dari teks laporan hasil pengamatan

4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
* menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan ilmiah

4.3 Menyampaikan pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri
* menyampaikan pidato hasil karya pribadi

4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif
* memaparkan informasi penting dari buku sejarah

4.5 Mengubah teks puisi ke dalam teks prosa dengan tetap memperhatikan makna isi teks puisi
* mengubah teks puisi ke dalam teks prosa

4.6 Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya
* mengisi teks formulir sesuai petunjuk pengisiannya

4.7 Menyampaikan kemungkinan informasi yang diperoleh berdasarkan membaca judul teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual
* menyampaikan kemungkinan informasi yang diperoleh

4.8 Menyampaikan hasil membandingkan informasi yang diharapkan dengan informasi yang diperoleh setelah membaca teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual
* menyampaikan hasil membandingkan informasi yang diharapkan

4.9 Menyampaikan penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
* menyampaikan penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh

4.10 Menyajikan hasil pengaitan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi secara lisan, tulis, dan visual * menyajikan hasil pengaitan peristiwa yang dialami tokoh

Daftar KD Matematika Kelas 6

KD Pengetahuan Matematika

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)
* menjelaskan bilangan bulat negatif

3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
* menjelaskan dan melakukan operasi melibatkan bilangan bulat negatif

3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi
* menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran

3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
* menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring

3.5 Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran
* menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

3.6 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
* membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.

3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya
* menjelaskan bangun ruang serta luas permukaan dan volumenya

3.8 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data
* menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data

KD Keterampilan Matematika

4.1 Menggunakan konsep bilangan bulat negatif (termasuk mengggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari- hari
* menggunakan konsep bilangan bulat negatif

4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negative dalam kehidupan sehari-hari
* menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan negative

4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan Operasi
* menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran

4.4 Mengidentifikasi titik pusat, jari- jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
* mengidentifikasi bagian-bagian lingkaran

4.5 Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah
* menaksir keliling dan luas lingkaran

4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola
* mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola

4.7 Mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya
* mengidentifikasi bangun ruang serta luas permukaan dan volumenya

4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah
*menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modus, median, dan mean

Daftar KD Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 6

KD Pengetahuan IPA

3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
* membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
* menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan

3.3 Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
* menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
* mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya

3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari
* mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari

3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik
* menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik

3.7 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya
* menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya

3.8 Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana Matahari
* menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi

KD Keterampilan IPA

4.1 Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan
* menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan

4.2 Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami
* menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas

4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber
* menyajikan karya tentang cara makhluk hidup

4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan parallel
* melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana

4.5 Membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
* membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet

4.6 Menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi Listrik
* menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi

4.7 Membuat model sistem tata surya
* membuat model sistem tata surya

4.8 Membuat model gerhana bulan dan gerhana matahari
* membuat model gerhana bulan dan gerhana matahari

Daftar KD Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

KD Pengetahuan IPS

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
* mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan di wilayah ASEAN.

3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
* menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi

3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
* menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN.

3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
* memahami makna proklamasi kemerdekaan

KD Keterampilan IPS

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
* menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis di wilayah ASEAN.

4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
* menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya

4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
* menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam lingkup ASEAN.

4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
* menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan

Daftar KD Seni Budaya dan Keterampilan (SBdP)

KD Pengetahuan SBdP

3.1 memahami reklame
* memahami reklame

3.2 memahami interval nada
* memahami interval nada

3.3 memahami penampilan tari kreasi daerah
* memahami penampilan tari kreasi daerah

3.4 memahami patung
* memahami patung

KD Keterampilan SBdP

4.1 membuat reklame
* membuat reklame
4.2 memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik

* memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik

4.3 menampilkan tari kreasi daerah
* menampilkan tari kreasi daerah

4.4 membuat patung
* membuat patung

Daftar KD Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesenian (PJOK) Kelas 6

KD Pengetahuan PJOK

3.1 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
* memahami variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola besar

3.2 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
* memahami variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola kecil

3.3 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional
* memahami variasi dan kombinasi gerak dasar melalui permainan

3.4 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**
* memahami variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerak dasar seni beladiri

3.5 Memahami latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai)
* memahami latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani

3.6 Memahami rangkaian tiga pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dengan konsisten, tepat dan terkontrol dalam aktivitas senam
* memahami rangkaian tiga pola gerak dominan dalam aktivitas senam

3.7 Memahami penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
* memahami penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar mengikuti irama

3.8 Memahami keterampilan salah satu gaya renang dan dasar-dasar penyelamatan diri***
* memahami keterampilan salah satu gaya renang dan dasar-dasar penyelamatan diri

3.9 Memahami perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi * memahami perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi

KD Keterampilan PJOK

4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
* mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola besar

4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
* mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola kecil

4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional
* mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar melalui permainan

4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif untuk membentuk gerak dasar seni beladiri** * mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar seni beladiri

4.5 Mempratikkan latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai)
* mempratikkan latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani

4.6 Mempraktikkan rangkaian tiga pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dengan konsisten, tepat dan terkontrol dalam aktivitas senam
* mempraktikkan rangkaian tiga pola gerak dominan dalam aktivitas senam

4.7 Mempraktikkan penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
* mempraktikkan penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar dalam aktivitas gerak berirama

4.8 Mempraktikkan keterampilan salah satu gaya renang dan dasar-dasar penyelamatan diri***
* mempraktikkan keterampilan salah satu gaya renang dan dasar-dasar penyelamatan diri

4.9 Memaparkan perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
* memaparkan perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi

Demikianlah daftar KD dan ringkasan atau kalimat utama KD yang digunakan untuk membuat deskripsi yang bersumber dari aplikasi erapor sd versi 2019.1

Download: 
1. Aplikasi Erapor SD V 2019.1
2. Aplikasi raport apk13sd final

Lihat juga: Daftar KD Kelas 5 yang telah diringkas.

Pelajari juga selengkapnya tentang: Cara Membuat Nilai Deskripsi Raport K13

Atas perhatian, dan koreksinya tentang menentukan kalimat utma KD ini kami mengucapkan terima kasih.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar