MERINGKAS KD KELAS 3 UNTUK NILAI DESKRIPSI

Meringkas Kompetensi Dasar (KD) Kelas 3 Jenjang atau menentukan kalimat utama KD diperlukan untuk menyusun nilai deskripsi raport kurikulum 2013. Untuk melengkapi postingan sebelumnya tentang ringkasan KD Kelas 2, 4, 5, dan 6, pada kesempatan ini kami share Daftar KD yang telah diringkas bersumber dari aplikasi erapor SD.
meringkas KD kelas 3 nilai deskripsi

Jika Anda menggunakan aplikasi rapor berbasis excel apK13sd maka kami sarankan untuk mengganti ringkasan KD sesuai dibawah ini.

Daftar KD Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 3

KD Pengetahuan PKn

3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
* memahami arti gambar pada lambang negara

3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
* mengidentifikasi kewajiban dan hak

3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar * menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar * memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar

KD Keterampilan PKn

4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” * menceritakan arti gambar pada lambang negara

4.2 Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga Sekolah
* menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak

4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
* menyajikan makna keberagaman karakteristik individu

4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar
* menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman

Daftar KD Bahasa Indonesia Kelas 3

KD Pengetahuan Bahasa Indonesia

3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
* menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda

3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan * menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi

3.3 Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
* menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
* mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan

3.5 Menggali informasi tentang cara- cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan
* menggali informasi tentang cara- cara perawatan tumbuhan dan hewan

3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat
* mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi

3.7 Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
* mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin

3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan
* menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan untuk kesenangan

3.9 Mengidentifi-kasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
* mengidentifi-kasi lambang/ simbol beserta artinya

3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
* mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan

KD Keterampilan Bahasa Indonesia

4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari- hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
* menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda

4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep sumber dan bentuk energi dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
* menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep sumber dan bentuk energi

4.3 Menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam bentuk tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
* menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep perubahan cuaca

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
* menyajikan laporan tentang konsep makhluk hidup

4.5 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
* menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan

4.6 Meringkas informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
* meringkas informasi tentang perkembangan teknologi

4.7 Menjelaskan konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
* menjelaskan konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya

4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
* memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri

4.9 Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif * menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol

4.10 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
* memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan

Daftar KD Matematika Kelas 3

KD Pengetahuan Matematika

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
* menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah

3.2 Menjelaskan bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan
* menjelaskan bilangan cacah dan pecahan sederhana

3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
* menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi

3.4 Menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret
* menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari benda

3.5 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
* menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan

3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung * menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung

3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari
* mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku

3.8 Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret
* menjelaskan dan menentukan luas dan volume dlm satuan tidak baku

3.9 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
* menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar

3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar
* menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar

3.11 Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
* menjelaskan sudut, jenis sudut, dan satuan pengukuran tidak baku

3.12 Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
* menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat yg dimiliki

3.13 Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar
* menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik

KD Keterampilan Matematika

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
* menyelesaikan masalah penggunaan sifat-sifat operasi hitung

4.2 Menggunakan bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan
* menggunakan bilangan cacah dan pecahan sederhana

4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
* menilai pernyataan jumlah, selisih, hasil kali, hasil bagi dua bilangan

4.4 Menyajikan pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret
* menyajikan pecahan sebagai bagian dari benda-benda konkret

4.5 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
* menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan

4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan lama waktu suatu kejadian berlangsung
* menyelesaikan masalah yang berkaitan lama waktu suatu kejadian

4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari
* menyelesaikan masalah hubungan antarsatuan baku

4.8 Menyelesaikan masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret
* menyelesaikan masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku

4.9 Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
* mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar

4.10 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar
* menyajikan dan menyelesaikan masalah keliling bangun datar

4.11 Mengidentifikasi jenis sudut, (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
* mengidentifikasi jenis sudut, dan satuan pengukuran tidak baku

4.12 Mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
* mengelompokkan berbagai bangun datar

4.13 Menyajikan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar
* menyajikan data berkaitan dengan diri peserta didik

Daftar KD Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

KD Pengetahuan SBdP

3.1 mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif * mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
3.2 mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu * mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
3.3 mengetahui dinamika gerak tari * mengetahui dinamika gerak tari
3.4 mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung * mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung

KD Keterampilan SBdP

4.1 membuat karya dekoratif
* membuat karya dekoratif

4.2 menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu
* menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu

4.3 meragakan dinamika gerak tari
* meragakan dinamika gerak tari

4.4 membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung
* membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung

Daftar KD Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

KD Pengetahuan PJOK

3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* memahami kombinasi gerak dasar lokomotor dalam permainan

3.2 Memahami kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* memahami kombinasi gerak dasar non-lokomotor dalam permainan

3.3 Memahami kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* memahami kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan

3.4 Memahami bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
* memahami bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam permainan

3.5 Memahami kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai * memahami kombinasi berbagai pola gerak dominan dalam senam lantai

3.6 Memahami penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non- lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
* memahami penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai irama

3.7 Memahami prosedur gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air***
* memahami prosedur gerak dasar mengambang dan meluncur di air

3.8 Memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
* memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang

3.9 Memahami perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh
* memahami perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat

KD Keterampilan PJOK

4.1 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar lokomotor dalam permainan

4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar non-lokomotor dalam permainan

4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* mempraktikkan kombinasi gerak dasar manipulatif permainan

4.4 Mempraktikkan bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
* mempraktikkan bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam permainan

4.5 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
* mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dominan dalam senam lantai

4.6 Mempraktikkan penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
* mempraktikkan penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai irama

4.7 Mempraktikkan gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air***
* mempraktikkan gerak dasar mengambang dan meluncur di air

4.8 Menceritakan bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
* menceritakan bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang

4.9 Menceritakan perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh
*menceritakan perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat


Lihat juga postingan sebelumnya tentang:
1. Daftar KD Kelas 2 SD
2. Daftar KD Kelas 4 SD
3. Daftar KD Kelas 5 SD
4. Daftar KD Kelas 6 SD
5. Aplikasi Erapor SD
6. Aplikasi apk13sd excel

Itulah yang bisa kami share melalui postingan ini, semoga ada manfaaatnya bagi Bapak/Ibu Guru dan Tenaga Administrasi Sekolah, serta jika ada kesalahan mohon koreksinya. Terima kasih

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar untuk "MERINGKAS KD KELAS 3 UNTUK NILAI DESKRIPSI"

  1. Yang pelajaran PAI ga ada ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Blog ini tidak tersedia, disarankan dapat membuat sendiri karena tidak sulit. Cuma butuh ketelatenan saja..

      Hapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK