Update Dapodik Versi 2024. untuk Tahun Pelajaran 2023 / 2024

Daftar Isi

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo sahabat GTK salam sehat dan bahagia.

Pada tanggal 12 Juli 2023 Kemendikbud telah merilis aplikasi  Dapodik Versi 2024. Aplikasi ini digunakan untuk mengupdate data Siswa, Guru, dan Sekolah Tahun Pelajaran 2023/2024.

Update Dapodik Versi 2024
Tampilan Web Resmi Rilis Update Dapodik Versi 2024


Pada postingan ini akan sedikit merangkum beberapa hal yang penting untuk di ketahui teman-teman operator sahabat GTK.

Tapi saya rasa teman-teman tidak akan menemukan kesulitan yang berarti untuk melakukan pembaruan / update aplikasi versi Dapodik 2023.d ke Dapodik 2024. Namun mungkin bagi Anda operator yang baru pertama kali ini ditugasan bisa baca dulu postingan saya sebelumnya: 👉 OPERATOR WAJIB TAHU ISTILAH  PADA APLIKASI DAPODIK KEMDIKBUD 

A. Surat Edaran Update Dapodik Semester 1 Tahun 2023/2024

Dasar update Dapodik Versi 2024 adalah Surat Edaran Nomor: 6032/C/HK.04.01/2023 Ditjen PAUDDIKDASMEN. Telah dilakukan integrasi data dan pembaruan pada Aplikasi Dapodik versi 2024 untuk itu sekolah perlu melakukan update data tahun pelajaran 2023/2024 yang diutamakan terlebih dahulu yaitu yang berkaitan dengan dana BOSP.

Edaran Update Dapodik 2024


Isi dari surat edaran ini antara lain berikut ini:

1. Aplikasi Dapodik

Versi 2024, formulir cetak, panduan, dan perangkat pendataan lainnya dapat diunduh pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id.

2. Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) tahun 2024

Dana BOSP diberikan kepada satuan pendidikan yang telah memenuhi persyaratan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Mengisi dan melakukan pemutakhiran Dapodik sesuai dengan kondisi riil di satuan pendidikan paling lambat tanggal 31 Agustus 2023.
  2. Mempunyai Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) yang terdata pada Dapodik.
  3. Mempunyai izin untuk menyelenggarakan pendidikan bagi satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat yang terdata pada Dapodik, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 63 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan. [ Unduh Juknis BOS 2023 ]

3. Besaran Alokasi Dana BOSP

Besaran alokasi Dana BOSP dihitung berdasarkan besaran satuan biaya Dana BOSP pada masing-masing daerah dikalikan dengan jumlah peserta didik yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) berdasarkan data pada Dapodik.

B. Cara Melakukan Update Dapodik Versi 2024

Untuk mengupdate aplikasi Dapodik menjadi Versi 2024 ada 2 cara yaitu menggunkan file Installer dan menggunakan file Pacth. Namun saran saya lebih bagus menggunakan versi Insttaller (Instal Ulang). Alasanya karena dari segi bahasa saja Patch itu artinya Tambalan yang berarti metodenya adalah menambal.

Bagi teman-teman yang sudah lama jadi Operator Dapodik tentu tidak begikut kesulitan, namun bila Anda Operator Baru berikut ini langkah umumnya.

1. Update Dapodik 2024 menggunakan Installer.

Menggunakan installer artinya adalah instal ulang, Anda menghapus aplikasi lama yang sudah terinstal. Kemudian instal menggunakan versi terbaru.

  1. Unduh file installer Aplikasi Dapodik versi 2024 pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan
  2. Lakukan instalasi Aplikasi Dapodik. Biasanya cuma di next-next saja. 
    installasi dapodik 2024

  3. Refresh browser (ctrl+F5);
  4. Lakukan registrasi
    registrasi dapodik 2024

  5. Pastikan proses registrasi berhasil;
  6. Isi user name dan password;
  7. Pilih semester 2023/2024;
  8. Klik tombol Masuk;
  9. Pastikan tampilan Aplikasi Dapodik sudah versi 2024;
  10. Lakukan input data sesuai kondisi riil;
  11. Login Akun Kepala Sekolah
  12. Klik tombol "Sinkronisasi."

2. Update Dapodik 2024 menggunakan Patch.

Update Dapodik dari versi 2023 ke 2024 memungkinan untuk menggunakan Patch. Namun disini saya merekomendasikan menggunakan full insttaler saja. Jadi cara update Dapodik 2023 ke Dapodik 2024 tidak saya share di sini.

3. Update Versi Dapodik Versi 2024. (Ada Titiknya)

Setelah beberapa jam sejak info rilis Dapodik 2024, seperti biasanya antusiasme teman-teman operator sekolah untuk segera update dapodik versi terbaru. Bahkan beberapa sudah ada yang pamer berhasil sinkron.

Namun beberapa saat banyak muncul kendala tidak bisa sinkron tarik data. Hingga munculah versi Dapodik 2024. (Ada Titiknya)

Dapodik 2024. Titik


Untuk melakukan update versi yang ada titiknya ini tidaklah sulit, cukup buka menu "Notifikasi"

patch dapodik 2024 . titik


Bagi Satuan Pendidikan yang terkendala Tarik Data atau Sinkronisasi dengan keterangan Tidak Terhubung dapat melakukan unduh ulang Installer atau Patch Aplikasi Dapodik Versi 2024. Patch 2024 (Dapat diinstal mesikup sudah terinstall versi 2024)



C. Cara Mengerjakan Dapodik 2024

Setelah teman-teman operator berhasil melakukan update versi Dapodik, silahkan langsung cek menu validasi pada Dapodik. Pasti Anda akan menemukan banyak data yang kembali merah. Bagi Anda operator baru tidak perlu panik. 

1. Update Data Rinci Sekolah

Update data periodik memang perlu dilakukan agar Dapodik memiliki database yang valid dan termutahir. Jangan lupa untuk mengisi "Bersedia menerima BOS": pilihan diisi dengan ya atau tidak. Khusus untuk sekolah negeri, pilihan isian "tidak" dinonaktifkan.

Pada menu sanitasi di versi 2024 terdapat perbedaan alur pengisian, yaitu penjelasan pengisian lebih di diperjelas.

sanitasi dapodik 2024


2. Mengisi Data Bantuan Blockgrant TIK di Dapodik

Blockgrant adalah bentuk bantuan hibah atau bantuan sosial yang diberikan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi kepada sekolah yang digunakan untuk pembangunan fisik sekolah seperti rehabilitasi sekolah, pembangunan ruang kelas baru (RKB), pembangunan unit sekolah baru (USB), sarpras laboratorium, dan sarpras perpustakaan, sarpras kebudayaan/kesenian. 

Blokgrant Dapodik 2024

Tabel ini akan secara otomatis terisi sesuai dengan dana yang telah diterima oleh sekolah.

Jika dana yang diterima belum masuk ke dalam isian ini, petugas pendataan di sekolah dapat menginput secara manual. Kolom isian yang terdapat pada tabel ini antara lain: nama bantuan, tahun menerima, sumber dana, jenis bantuan, peruntukan dana, besar bantuan, dan dana pendamping.

Untuk sekolah yang menerima bantuan TIK dari tahun 2020, pada Dapodik versi akan memunculkan secara otomatis data Blockgrant Bantuan TIK dari Direktorat jenjang pengampunya.

Pada gambar dibawah ini menampilkan bahwa satuan pendidikan mendapatkan Bantuan TIK dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar sejumlah 15 unit komputer dengan besaran bantuan senilai Rp 0,00. Bantuan berupa fisik komputer sehingga satuan pendidikan tidak perlu mengubah nilai besaran bantuan

bantuan TIK dapodik 2024
Bila Anda sudah pernah menginputkan data sarana komputer yang dihasilkan dari Bantuan TIK, maka Langkah pendataan selanjutnya cukup tetap dalam "menu Blockgrant", pilih daftar "Bantuan TIK", kemudian klik "Alat Dihasilkan" kemudian klik "Tambah". Cari komputer/laptop yang pernah diinputkan pada menu sarana seperti pada gambar dibawah ini:
Laptop Bantuan TIK
Kemudian klik "simpan". Atau anda dapat melakukan dengan cara Langkah ke-2 yaitu melalui menu Sarana. Selengkapnya:  Cara Mengisi Kondisi Sarana dan Prasarana Pada Dapodik

3. Update Data PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan)

Semua kolom yang ada pada atribut data identitas PTK pada aplikasi dapodik dikunci. Jika ada data yang keliru perbaiki melaui: 👉 Verval PTK untuk Perbaikan Data Guru

Perbaikan kolom jenis PTK, status kepegawaian, SK pengangkatan, TMT pengangkatan, dan lembaga pengangkat dapat diajukan oleh petugas pendataan sekolah atau guru yang bersangkutan kepada admin dapodik di dinas pendidikan dengan melampirkan dokumen valid seperti: SK penugasan terbaru, dan SK pembagian jam mengajar. Setelah itu admin dapodik di dinas pendidikan dapat memperbaiki data melalui aplikasi manajemen dapodik

ubah data kepegawaian dapodik

Pada versi 2024, Jenis PTK yang berada pada data Kepegawaian PTK, dipindah ke menu "Penugasan PTK".

Selanjutnya adalah Data Rincian PTK seperi Riwayat Sertifikasi, Riwayat Pendidikan Formal, Kompetensi dan lainya dapat diubah menggunakan akun PTK masing-masing. Selengkapnya: 

Atribut yang perlu diisi adalah riwayat jabatan pendidik berupa struktural PTK.  Isiannya antara lain: jabatan PTK, SK Struktural/fungsional, TMT (Terhitung Mulai Tanggal) Jabatan.

riwayat jabatan struktural dapodik

Di dapodik dilengkapi juga data riwayat jabatan fungsional guru.

jabatan fungsional dapodik

4. Update Data Peserta Didik (PD)

Pada data periodik peserta didik pengisian dimulai dengan memilih data peserta didik mana yang akan diisikan selanjut nya data periodik akan aktifk dan dapat diisikan di bawah data nama peserta didik, isian dimulai dengan mengisikan Tinggi badan(cm), berat badan(kg), lingkar kepala, Jarak rumah kesekolah, waktu tempuh ke sekolah(jam/menit), dan terkahir mengisikan jumlah saudara kandung. Untuk mempercepat pengisian ada fitur tombol "Salin Data Periodik" Namun tentunya akan lebih baik di update. 

Apabila ada data yang tidak bisa diedit alias di kunci, berarti perubahan data melaui VervalPD. Selengkapnya: Verval PD NEW Perbaikan Data Siswa

Untuk mengisikan data Nomor Induk Siswa (NIS), melaui menu "Registrasi Peserta Didik". Siswa yang mutasi keluar atau masuk dikerjakan melalui menu ini.

menu registrasi peserta didik

5. Update Data Rombongan Belajar (Rombel)

Update data rombongan belajar dilakukan selambat-lambatnya setiap semester atau jika ada pembaruan. Karena ini berkaitan dengan validasi Info GTK.

Pada versi 2024, sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka memiliki tambahan fitur pada rombongan belajar reguler. Terdapat tombol menu Pilih Tema P5, guna pemilihan tema terkait Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

update p5 dapodik

Setiap semester khusunya saat pergantian tahun pelajaran, teman-teman operator harus mengupdate data anggota rombel. Karena disini ada siswa naik kelas dan tidak naik kelas.

menambahkan anggota rombel dapodik
 Menambahkan anggota rombel dapodik dengan cara di drag (klik tahan geser)

Selengkapnya: CARA MEMASUKAN SISWA KE APLIKASI DAPODIK

Hal yang selanjutnya penting untuk dilakukan oleh teman-teman operator adalah update "Data Pembelajaran" atau yang berkaitan dengan pembagian jam megajar guru. Hal ini berkaitan dengan validasi Info GTK untuk pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG).

pembagian jam dapodik


Pembelajaran mencatat pembagian tugas mengajar guru pada setiap kelas. Pemetaan guru pada menu pembelajaran disesuaikan dengan SK pembagian beban jam mengajar yang telah diatur dan disepakati di sekolah. ( Unduh: CONTOH FORMAT SK PEMBAGIAN TUGAS MENGAJAR ATAU PBM )

6. Sinkron Dapodik

Setelah data di update maka langkah selanjutnya adalah melakukan sinkronisasi. Sinkronisasi bisa dilakukan setelah melakukan klik validasi dan tidak ada data yang invalid merah. 

Fitur tarik data satu arah untuk menurunkan perubahan data dari Manajemen Sekolah mauapun Manajemen Dinas (server) pusat ke Aplikasi Dapodik. Proses Tarik Data tidak mengirimkan data dari local Aplikasi Dapodik ke server Kemdikbud.

tarik data sinkron dapodik

Tarik Data hanya bisa dilakukan saat kondisi data masih ada yang invalid. Jika tidak ada data yang invalid, maka menu Tarik Data tidak dapat digunakan, dan disarankan ke menu Kirim Data (Sinkronisasi). Tarik Data dapat dilakukan menggunakan akun pengguna Dapodik (Akun Sekolah)

Proses kirim data Aplikasi Dapodik dinamakan dengan sinkronisasi. Sinkronisasi Aplikasi Dapodik adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk melakukan pengiriman data meliputi data sekolah, data sarpras, data peserta Didik, data guru dan tenaga kependidikan, data rombel, data anggota rombel, data pembelajaran, data nilai dan data jadwal.

Penting dipahami sekolah bawha pada saat pengisian dan perbaikan data yang dilakukan, meskipun kondisi komputer/laptop terknoneksi jaringan internet, maka bukan berarti data secara otomatis terkirim ke server. Data terkirim ke server pusat pada saat melakukan Sinkronisasi Aplikasi Dapodik.

Metode pengiriman data dengan sinkronisasi merupakan pengiriman data secara dua arah pertama dari lokal ke server, dan pada waktu yang bersamaan dari server ke lokal.

  • Lokal ke Server. Proses sinkronisasi untuk mengirimkan pengubahan data dari Aplikasi Dapodik di Sekolah ke server pusat di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi secara langsung. Untuk melakukan sinkronisasi
  • Server ke Lokal. Proses sinkronisasi untuk mengirimankan pengubahan data dari Manajemen Dapodik, Validasi Pusat, VervalSP, VervalPD, VervalPTK dan Referensi di server pusat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ke dalam Aplikasi Dapodik di Sekolah secara langsung. Bila sekolah melakukan proses Tarik Data PTK, Tarik Data Peserta Didik maka untuk memindahkan data pengubahan di Manajemen Dapodik diperlukan Sinkronisasi Aplikasi Dapodik.

D. Update Versi Dapodik 2024.a

Dapodik seperti aplikasi lainya, akan selalu dikembangkan agar lebih baik lagi. Untuk perbaikan perbagikan kecil biasanya hanya di tambal menggunakan file Patch.

Berikut ini merupakan daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik 2024.a:
  1. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada menu mata pelajaran pilihan bagi jenjang PKBM/SKB.
  2. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada validasi pengecekan Bahasa Asing pada Kurikulum 2013 bagi jenjang SMK.
  3. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat pemilihan program dilayani di rombongan belajar kurikulum 2013 bagi jenjang SMA.
  4. [Perbaikan] Perbaikan pesan error tempat lahir pada saat menambah peserta didik baru pada jenjang TK dan SD.
Cara mudah update Dapodik 2024.a yaitu klik menu "Pengaturan" --- "Pembaruan Aplikasi Dapodik"

E. Download Aplikasi dan Panduan Dapodik 2024

Tentunya untuk mendownload aplikasi versi terbaru sudah tersedia di web resmi dapodik https://dapo.kemdikbud.go.id. Pada saat peluncuran versi Dapodik 2024 juga sudah di sertakan Panduan Lengkapnya cukup tebal juga kurang lebih ada 321 halaman. Karena di postingan ini sebenarnya saya hanya merangkumkan khususnya untuk teman operator dari jenjang SD.

buku panduan dapodik 2024

Download Aplikasi dan Panduan Dapodik 2024

F. Penutup

Demikianlah yang bisa saya share pada kesempatan ini. Mudah-mudahan bermanfaat untuk teman-teman semua, terlebih untuk saya pribadi yang juga sama-sama belajar tentang update perkembangan Dapodik hingga saat ini. Update Dapodik Versi 2024. untuk Tahun Pelajaran 2023 / 2024.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau ada koreksi dari postingan saya, silahkan melaui kolom komentar.

Semoga teman-teman semua dilancarkan dan dimudahkan dalam proses pengerjaan Dapodik. Tetap semangat dan diberikan keberkahan.

Atas perhatianya saya mengucapkan terima kasih banyak.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar