Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGENAL PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA

Pada pembelajaran paradigma baru atau yang sekarang dikenalkan dengan nama "Kurikulum Merdeka" terdapat projek Profil Pancasila. Pada postingan ini saya akan berbagi sedikit untuk sama-sama belajar mengenal Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka
Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka


Sebeluh lebih lanjut perlu disamakan persepsi dulu tentang penamaan istilah kurikulum merdeka, dari istilah Pembelajaran Paradigma Baru --- Kurikulum Sekolah Penggerak --- Kurikulum Prototipe --- Kurikulum 2022 --- Kurikulum Merdeka. 

Apa Itu Profil Pelajar Pancasila?

Profil pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan untuk menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik dan para pemangku kepentingan.

Profil pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. Profil pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik.

Sebetulnya Profil Pelajar Pancasila tidak hanya di Kurikulum Merdeka, namun juga berlaku untuk sekolah yang masih menerapkan Kurikulum 2013.

Profil Pelajar Pancasila sudah memetakan/merujuk Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sehingga dalam implementasinya dapat diselaraskan. Dengan penyesuaian sesuai dengan kemampuan satuan pendidikan, satuan pendidikan yang menggunakan Kurikulum 2013 boleh menerapkan pembelajaran berbasis projek untuk penguatan profil pelajar Pancasila seperti yang dilakukan oleh Sekolah Penggerak
atau SMK PK.

Dimensi Porfil Pelajar Pancasila

Dimensi profil pelajar Pancasila adalah karakter dan kompetensi fondasi yang perlu dikembangkan satuan pendidikan untuk peserta didik.

Profil pelajar Pancasila harus dapat dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan karena perannya yang penting. Profil ini perlu sederhana dan mudah diingat dan dijalankan baik oleh pendidik maupun oleh pelajar agar dapat dihidupkan dalam kegiatan sehari-hari. Berdasarkan pertimbangan tersebut, profil pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi.

Dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila adalah 
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 
2. Berkebinekaan global, 
3. Bergotong-royong
4. Mandiri
5. Bernalar kritis
6. Kreatif

Keenam dimensi profil pelajar Pancasila perlu dilihat secara utuh sebagai satu kesatuan agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Pendidik perlu mengembangkan keenam dimensi tersebut secara menyeluruh sejak pendidikan anak usia dini. Selain itu, untuk membantu pemahaman yang lebih menyeluruh tentang dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila, maka setiap dimensi dijelaskan maknanya dan diurutkan perkembangannya sesuai dengan tahap perkembangan psikologis dan kognitif anak dan remaja usia sekolah.

Selanjutnya, setiap dimensi profil pelajar Pancasila terdiri dari beberapa elemen dan sebagian elemen
dijelaskan lebih konkrit menjadi subelemen.

Untuk lebih jelas mengenai urian pelajar pancasila silahkan [ Download Dimensi Profil Pelajar Pancasila.pdf ]

Tema Projek Penguatan Pelajar Pancasila

Projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah sebuah pendekatan pembelajaran melalui projek dengan sasaran utama mencapai dimensi profil pelajar Pancasila. Peserta didik akan belajar menelaah tema-tema tertentu yang menjadi prioritas setiap tahunnya.

Dengan adanya projek penguatan profil pelajar Pancasila, maka satuan pendidikan perlu mengalokasikan waktu agar guru bisa bekerja secara kolaboratif. Kolaborasi akan menjadi kunci
sukses/tidaknya sebuah projek. 

Dalam pelaksanaan projek, guruguru harus berkolaborasi secara lintas ilmu untuk merencanakan, memfasilitasi, dan menjalankan asesmen. Pada satuan PAUD, projek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki tema-tema yang ditentukan pemerintah. Tema-tema ini dapat dikembangkan oleh satuan pendidikan. Pada setiap tahunnya, satuan pendidikan melaksanakan dua tema projek sehingga hal ini perlu masuk dalam pengorganisasian pembelajaran dalam kurikulum operasional satuan pendidikan.

Sebagai referensi telah tersedia juga contoh modul proyek penguatan Profil Pelajar pancasila untuk semua jenjang  SD, SMP, SMA, SMK serta masing-masing fase.

Lihat juga: [  RAPORT PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA ]

Tokoh Pada Buku Projek Pelajar Pancasila

Dalam melakukan sosialisasi tentang Projek Pelajar Pancasila, Direktorat Selolah Dasar Menenalkan Tokok Kartun yang mengisi jalan cerita yang disebut dengan Sahabat Pelajar Pancasila. Tokoh tersebut yaitu bernama Yafi, Ratna, Tangguh, Meylan, Lisa dan Markus.



6 Sahabat Pelajar Pancasila akan menemani jalan cerita siswa jenjang Sekolah Dasar (SD) dalam belajar berbagai hal untuk menjadi generasi unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila.

Meylan, Markus, Lisa, Yafi, Tangguh, dan Ratna memiliki karakter masing-masing. Meski mereka memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda tetap dapat berteman akrab. Mereka tentunya adalah Pelajar Pancasila yang menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika.

Meylan merupakan tokoh yang digambarkan anak yang suka mempelajari berbagai bahasa dan ilmu pengetahuan tentang Indonesia dan luar negeri. Teman-teman-teman mengatakan yang paling cerewet. Hobinya berbagi dan traveling.


Markus nama tokoh yang jago berolahraga, suka berpetualang menikmati keindahan alam Indonesia. Dia termasuk yang paling mandiri diantara teman-teman serta banyak yang bilang "santai kaya di pantai".


Lisa, tokoh yang mempunyai moto berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Lisa suka bergotong royong dan mengajak temannya untuk berbuat kebaikan. Di sekolah, Lisa dipercaya sebagai ketua kelas. Lisa juga pernah menjadi juara menyanyi dan pidato tingkat nasional.


Yafi suka membaca komik dan bermain ukulele. Kata teman-teman Yafi membuat suasana menjadi seru dan ramai. Yafi anak yang humoris dan kreatif. Pandai menciptakan hal-hal baru agar aktivitas lebih menyenangkan.


Tangguh, seperti arti namanya adalah anak yang pemberani, kuat, dan berjiwa besar. Tangguh suka membaca dan bereksperimen sain sederhana. Cita-citanya menjadi ilmuwan Indonesia yang mendunia. Tangguh termasuk anak yang kritis, jago berhitung dan tentunya termasuk anak yang tegas dan peduli


Ratna adalah tokoh yang memiliki hobi memasak dan berkebun. Ratna sebagai Pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia yang senantiasa berbuat baik. Diantaranya teman-temannya Ratna adalah anak yang pendiam. Kata Bu Gurunya, Ratna bersikap santun dan ramah.

Mungkin Bapak / Ibu Guru tentu masih ingat, kalau didalam buku Tematik Kurikulum 2013, juga diperkenalkan tokoh yang mengisi jalan cerita buku yaitu Mely, Lani, Dayu, Beni, Siti, dan Edo.

Lirik Lagu Projek Pelajar Pancasila

Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud juga membuat Video Musik Pelajar Pancasila
Vokal: Kikan Namara
Pencipta Lagu dan Komposer: @Eka Gustiwana
Sutradara: @eugene panji

Adapun Untuk lirik Lagu Profil Pelajar Pancasila adalah sebagai berikut.

Bangun dan bukalah matamu
Saatnya meraih mimpimu
Arahkan pandangan ke depan
Tuhan kan menuntunmu

Sadarilah Masa Berganti
Tantangan kan kita hadapi
Bergandeng tangan untuk negeri
Era Kita Menanti Berseri

Kita pelajar Pancasila
Kita bernafas dalam sila-silanya
Kita pelajar Pancasila
Ayo kita jaga untuk Indonesia

Bersatu dalam perbedaan
Berpegang tangan dan berlari
Singkirkan Egomu Oh Kawan
Demi negeri ini

Jadilah generasi emas
Cerdas berkarakter itu kita
Berjuang dan harus berani
Kita terus torehkan prestasi

Kita pelajar Pancasila
Kita bernafas dalam sila-silanya
Kita pelajar Pancasila
Ayo kita jaga untuk Indonesia
Karena Video ini tidak boleh diunggah ulang tanpa seizin Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud, untuk melihatnya silahkan langsung saja ke Chanel: https://youtu.be/Lz7Drdz-vLg

Akhir Kata

Demikilahlah yang bisa saya share tentang Apa itu profil Pelajar Pancasila, Dimensi Profil Pelajar Pancasila, Tema Projek Penguatan Pelajar Pancasila, Tokoh Pada Karakter Profil Pelajar Pancasila serta Lirik Lagu Projek Pelajar Pancasila.

Apabila ada link download via google drive yang error silahkan beritahu kami agar dapat di perbaiki.

Siap untuk melaksanakan projek penguatan Pelajar Pancasila?

Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih...

Sumber Referensi:
1. Buku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka.
2. Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudyaan, Riset, dan Teknologi, Nomor 009/H/KR/2022 tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar untuk "MENGENAL PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA"

Sahabat GTK