Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan S1 di Dapodik 2021

Kami sampaikan bahwa tutorial cara menambahkan riwayat pendidikan S1 pada aplikasi Dapodik 2021 dibuat karena saat ini sedang berlangsung verval ijazah guru honorer. Yang kabarnya untuk keperluan pendataan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjuan Kerja (PPK), yang telah kami posting beberapa hari yang lalu.

Jika Anda baru lulus dan mendapatkan ijazah S1 maka data Dapodiknya juga harus di update. Sebenarnya pengisian riwayat pendidikan S1 tidak harus menunggu lulus namun ketika sudah mendaftar S1 silahkan isikan pada Dapodik status masih kuliah. Ini agar Anda mendapatkan peluang bantuan beasiswa  pendidikan S1  dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan S1 di Dapodik 2021
Tambah Riwayat Pendidikan di Dapodik


Ijazah dan gelar pendidikan S1 bagi guru adalah hal yang wajib jika ingin berprofesi sebagai guru. Hal ini sesuai dasar hukum Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Pada pasal 8 disebutkan Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.  Dan pada pasal 9 berbunyi Kualifikasi akademik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana atau program diploma empat. 

Pada aplikasi Dapodik versi 2021 penambahan riwayat pendidikan S1 tidak bisa langsung ditambahkan di dapodik melalui akun operator sekolah, namun harus melalui akun masing-masing guru. Selain itu untuk  perubahan data riwayat pendidikan formal dengan kualifikasi D4/S1 hanya dapat dilakukan di aplikasi individual GTK online https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/.  Lebih lengkap silahkan simak langkah - langkah dibawah ini


Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan S1 di Dapodik 2021

1. Silahkan hubungi operator dapodik dan sampaikan tujuan Anda ingin menambah data riwayat pendidikan formal S1. Operator Sekolah akan membantu Anda ataupun hanya memberitahukan akun username dan password PTK, agar Anda bisa menambahkannya sendiri.

2. Buka langsung aplikasi dapodik ataupun buka peramban internet kesukaan Anda bisa Google Chrome, Mozila Firefox, Microsoft Edge, Opera Mini, ataupun yang lainnya. Disarankan menggunakan versi terbaru. Ketikan alamat http://localhost:5774/

akun individu dapodik

3. Silahkan login menggunakan  username dan password akun individu dapodik Anda, 

4. Setelah Anda berhasil login lanjut pilih menu "GTK" --- "Guru" --- kik nama Anda --- "Ubah"

ubah gtk guru dapodik

5. Kemudian cari tab menu "Riwayat Pendidikan Formal" dan klik "Tambah" untuk menambahkan S1 Anda. 

riwayat pendidikan formal dapodik


6. Isikan Bidang Studi, Jenjang Pendidikan, Gelar Akademik, Satuan Pendidikan Formal, Fakultas, Kependidikan, Tahun Masuk, Tahun Lulus, NIM, Masih kuliah / tidak, semester, Rata-Rata IPK. Silahkan isikan dengan baik dan benar. Penting diketahui bahwa perubahan data riwayat pendidikan formal dengan kualifikasi D4/S1 hanya dapat dilakukan di aplikasi individual gtk online https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/. Untuk itu sebelum "Simpan", cek sekali lagi. 

masih kuliah atau tidak di dapodik

7. Langkah terakhir selelah disimpan lakukan sinkronisasi dapodik agar data Anda terkirim ke server kementrian. Jika anda bukan operator, silahkan beri tahu bahwa pengisian data S1 sudah selesai dilakukan, untuk selanjutnya operator sekolah yang akan mensinkronkan.  Setelah beberapa jam silahkan di cek di apakah data Anda telah berhasil diperbaharuai atau belum. 

Pelajari lebih lanjut: CEK DATA GURU DI WEB PTK DATADIK KEMDIKBUD

Jika Anda sudah lulus dan mendapatkan ijazah S1 maka segera lakukan:  Verval Ijazah S1 INFO GTK untuk Guru Non-PNS

Itulah yang bisa tasadmin.id bagikan bagaimana cara menambahkan  data riwayat pendidikan formal S1 di aplikasi / sistem Dapodik 2021. Semoga dapat berguna, dan terima kasih.

Posting Komentar untuk " Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan S1 di Dapodik 2021"