Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APLIKASI NILAI IJAZAH SD TAHUN 2021

Asslamulaikum Wr Wb.

Halo Bapak/Ibu Guru dan Tenaga Administrasi Sekolah yang saya hormati,

Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang Aplikasi Nilai Ijazah SD Tahun 2021 berbasis excel sederhana. 

APLIKASI NILAI IJAZAH SD TAHUN 2021 EXCEL
APLIKASI NILAI IJAZAH SD TAHUN 2021 EXCEL

Aplikasi ini dibuat dengan harapakan dapat membantu Guru Kelas VI, Kepala Sekolah, Tenaga Administrasi, maupun Guru yang diberi tugas untuk mengolah nilai ijazah Tahun 2021. 


A. Dasar Penyusunan Aplikasi

Aplikasi ini merupakan pembaharuan dari versi sebelumnya yang mana kami sesuikan dengan peraturan dan kebijakan terbaru mengenai Ijazah dan Kriteria Kelulusan Siswa Kelas VI.

Aplikasi Ijazah SD Tahun 2021 mengacu pada: 

  • 1. Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2020, tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2020/2021 [ Unduh ]
  • 2. Surat Edaran Mendikbud nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam masa Darurat Penyebaran Covid-19. [ Unduh ]
  • 3. Peran Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota pada Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021/ [ Unduh ]


B. Cara Menggunakan dan Fitur Aplikasi

Aplikasi ini dibuat menggunakan Microsoft Excel 2007, sehingga dapat dibuka versi diatas 2007. Namun kami sarankan untuk menjalankan aplikasi hanya menggunakan Microsoft Excel, tidak disarankan menggunakan aplikasi spread sheet lainnya. Aplikasi berbasis excel masih sangat diandalkan dalam mempercepat dan mempermudah pekerjaan walupun sebenarnya juga sudah banyak aplikasi berbasis web yang dapat dikerjakan secara online.

Berikut ini cara menggunakan aplikasi sekaligus keterangan fitur yang disematkan pada aplikasi Ijazah SD Tahun 2021.

1. Buka Sheet Menu Aplikasi

Pada Bagian menu aplikasi terdapat tombol-tombol yang menghubungkan ke sheet kerja seperti "Data Peserta Didik", "Nilai Raport Per Semester", "Nilai Asesmen", "Nilai Ijazah", "Pengumuman Lulus", "Amplop", "Keterangan Lulus", "Draf Ijazah", dan "Keterangan Lulus untuk PPDB SMP"

Menu Aplikasi Ijazah SD Tahun 2021


2. Isi Pengaturan Bobot Nilai

Pada aplikasi ini disediakan pengaturan bobot nilai secara otomatis. Bobot nilai diisi berdasarkan kebijakan daerah masing-masing. 

  • Bobot Nilai Raport: disisi angka 10 - 100 sesuai kebijakan
  • Bonot Nilai Asesmen / Ujian Sekolah (US) / Ujian Satuan Pendidikan (USP):  disisi angka 10 - 100 sesuai kebijakan
  • Nilai Pengetahuan (KI -3 ): disisi angka 10 - 100 sesuai kebijakan
  • Nilai Pengetahuan (KI -4 ): disisi angka 10 - 100 sesuai kebijakan

Bobot Nilai Ijazah 2021

Jika tidak ada pembobotan maka cukup diisi dengan angka 50

Tiap daerah memiiki kebijakan tersendiri terkait bobot nilai, ini dalam rangka kebijakan yang adil dalam seleksi penerimaan peserta didik di jenjang SMP yang melaui jalur prestasi. Jalur PPD Prestasi menggunakan Nilai dalam seleksinya. 

3. Isi Data Peserta Didik

Isikan Data Siswa atau Peserta Didik pada sheet "Data Siswa". Data siswa disini akan otomatis untuk data daftar nilai dan surat keterangan, jadi cukup isikan data siswa satu kali saja. Pengisian format tanggal lahir yaitu tanggal/bulan/tahun cotoh: 21/03/2008

Data Peserta Didik Aplikasi Ijazah

4. Daftar Nilai Raport per Semester

Pada sheet ini silahkan isikan nilai raport tiap semester. Semeseter 7 (Kelas IV Semester 1), Semester 8 (Kelas IV Semester 2), Semester 9 (Kelas V Semester 1), Semester 10 (Kelas V Semester 2), Semester 11 (Kelas VI Semester 1).

Nilai Raport Semester 7

Sesuai penilian kurikulum 2013, KI-3 adalah nilai pengetahuan, KI-4 adalah nilai keterampilan. Nilai Rata-rata yang ditampilkan di sini adalah nilai rata-rata yang dihitung sesui pembobotan yang telah ditentukan. Apabila nilai rata-rata tidak dilakukan pembobotan maka cukup isikan 50

Apabila Anda menggunakan aplikasi raport "apk13sd", di sana juga sudah disediakan rekap nilai raport KI-3 dan KI-4. Apabila nomor urut siswa sama maka dapat di copy paste - values langsung, namun jika tidak lebih baik di print terlebih dahulu dan diinputkan secara manual. Dengan cara ini Anda tidak perlu repot membolak balik dan membuka raport masing - masing siswa karena sudah punya rekapanya.

Rekap Nilai Raport KI 3 KI 4

Sebetulnya jika Anda sudah terbiasa dengan excel, urutan nomor absen peserta didik tidak akan menjadi kendala karena bisa di excel ada fasilitas sort atau pengurutan. Biasanya untuk siswa peserta ujian diurutkan berdasarkan abjad nama siswa. Pelajari tentang copy paste values dan pengurutan data (sort) pada postingan: 10 MENU DAN RUMUS EXCEL PERMUDAH KERJA OPERATOR SEKOLAH

5. Nilai Asesmen / Ujian Sekolah

Di sheet ini digunakan untuk memasukan nilai Asesmen / Ujian Satuan Pendidikan (USP) / Ujian Sekolah (US). Ini bergantung istilah masing-masing. Dalam kebijakannya sekolah dapat mengadakan Ujian Sekolah dengan model daring atau luring, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Nilai Asesmen Ujian Sekolah

Pada daftar nilai Asesmen / Ujian Sekolah ini juga disesiakan KI-3 dan KI-4, jika tidak ada nilai KI-4 bisa dikosongkan saja. 

6. Rumus Nilai Ijazah 2021

Pada sheet ini ditampilkan rumus perhitungan Nilai Ijazah Tahun 2021, aplikasi akan menghitung Otomatis sesuai bobot nilai yang telah ditentukan di awal.

Rumus Nilai Ijazah 2021

NI: rt Nilai Rapor (70%) + Nilai Ujian Sekolah (30%)

rt: rtK13 sem 7-11 (70%) + rtK13 sem 7-11 (30%)

Keterangan:

NI: Nilai Ijazah

rt: rata-rata

Yang pasti tiap daerah memilik kebijakan masing-masing untuk penentuan bobot nilai.

Rumus pembulatan yang digunakan pada aplikasi nilai ijazah SD ini sudah menggunakan rumus excel =ROUND, sehingga tidak perlu khawatir tentang angka dibelakang koma yang bisa mengakibatkan perbedaan perhitungan secara pembulatan manual


7. Rekap Nilai Ijazah

Pada sheet ini ditampilkan rekap Nilai Ijazah, Anda dapat menganilis untuk penentuan Kelulusan. Isikan Batas minimal nilai kelulusan secara otomatis nili yang berada di bawah batas Nilai Minimal (BNM) akan berwarna merah.

Rekap Nilai Ijazah Tahun 2021

8. Pengumunan Kelulusan

Pada aplikasi ini disesuakan cetak surat pengumuman kelulusan. Bianya pada kondisi normal Siswa dan Wali siswa akan diberikan amlop berisi surat pengumuan kelulusan yang akan dibuka bersama-sama.

Aplikasi Pengumuman Kelulusan

Cukuk ketikan nomor urut siswa, maka surat pengumuan kelulusan akan otomatis terisi datanya.


9. Keterangan Lulus

Keterangan Lulus digunakan untuk kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP. Pada keterangan lulus dicantumkan juga nilai siswa, untuk formatnya tiap sekolah atau daerah bisa berbeda. Silahkan diubah atau dimodifikasi sesuap keperluan. Surat keterangan ini kadang juga disebut dengan Surat Keterangan Hasil Ujian Sementara (SKHUS).

Aplikasi Keterangan Lulus PPDB

Pada aplikasi ini untuk nomor seri surat juga sudah otomatis berdasarkan nomor urut siswa


10. Amplop Pengumunan Lulus

Disini kami juga menambahkan fitur untuk ceta Amplop Pengumunan Kelulusan Secara otomatis. Gunakan ukuran kertas Env. #10. Pengaturan masing-masing printer kemungikan juga berbeda, silahkan disesuaikan.

Amlop Pengumunan Lulus


D. Download Aplikasi Ijazah SD 2021

Aplikasi Nilai Ijazah ini dapat digunakan Bapak/Ibu secara gratis, untuk memastikan file aman dari viru dan mempermudah dalam mendownload kami upload via google drive .

Aplikasi Nilai Ijazah SD Th. 2021 Versi 2021_04_RC [ Unduh ]

Aplikasi masih dalam proses tahap uji coba, kirimkan feed back (koreksi kritik & saran) melaui kotak komentar dibawah ini.

Untuk menggunakannya, setelah di download ekstrak dahulu aplikasinya dengan "klik kanan" --- "ekstrak here"

Lebih jelasnya tentang penggunaan aplikasi ini silahkan tonton video tutorial berikut ini.


Demikianlah tentang Aplikasi Nilai Ijazah SD Tahun 2021 berbasis Microsoft Excel. Kami menyadari bahwa aplikasi ini masih banyak kekurangan. Koreksi kritik dan saran dari Anda sangat kami perlukan agar aplikasi ini menjadi lebih baik lagi dan dapat digunakan dengan mudah dalam proses olah nilai ijazah dan cetak surat keterangan lulus maupun SKHU tahun pelajaran 2020/2021. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb. 

12 komentar untuk " APLIKASI NILAI IJAZAH SD TAHUN 2021"

  1. bagaimana cara mengganti nama mapel bahasa jawa dan muatan lokal lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengganti nama mapel dapat langsung di ketik. Silahkan unprotect dulu sheetnya jika akan melakukan pengeditan dengan cara klik menu "Review" --- "Unprotect Sheet". Setelah selesai jangan lupa untuk memproteck kembali dengan cara "Review" --- "Protect Sheet" --- "OK".

      Hapus
  2. Balasan
    1. tidak bisa unduh kemungkinan diblok oleh keamanan webrowser. Caranya klik tanda anak panah keatas kemudian pilih "Keep" --- "Keep Anyway"

      Hapus
  3. Di tempat sy NI = (rata2 rapotrt 7+8+9+10+11) + (nilai bdr kls 6 smster 2). + (2xnilai us)/4..ada g aplikasinya ?.terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa di modifikasi saja aplikasi ini, karena rumus-rumusnya tidak di protect

      Hapus
  4. Minta Untuk jenjang SMA. Kalau bisa share di WA. 081246182986

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini masih fokus pengembangan aplikasi untuk jenjang SD.

      Hapus
  5. Kolom untuk nilai US ga da ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kolom Ujian Sekolah (US) ada, silahkan download yang versi 2020_04. Hanya perbedaan istilah saja.

      Hapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.