MOODLE BISA DIGUNAKAN UNTUK MODEL PENILAIAN ASESMEN

tasADMIN.id - merupakan blog yang postingannya diantaranya memberikan tutorial pembuatan elearning menggunakan LMS MOODLE. Selanjutnya saya terpikir untuk membuat tulisan berjudul moodle bisa digunakan untuk model penilaian assesmen karena kebijakan Pak Nadiem yang berencana bahkan sudah menyusun teknis untuk mengganti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi penilaian assesmen.
moogle bisa digunakan untuk penilian asesmen
ilustrasi assesmen menggunakan moodle

Penghapusan UN dan diganti menjadi assessment merupakan salah satu dari 4 kebijakan konsep "merdeka belajar" yang diusung Mas Nadim Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Agar lebih jelas berikut kami tulis kedalam beberapa point.

1. Kebijakan Mendikbud Nadiem Terkait Penilaian

Tahun 2020 Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dihapus,  akan diterapkan dengan ujian yang diselenggarakan hanya oleh sekolah . Ujian tersebut dilakukan untuk menilai kompetensi siswa yang dapat dilakukan dalam bentuk tes tertulis atau bentuk penilaian lainnya yang lebih komprehensif, seperti portofolio dan penugasan (tugas kelompok, karya tulis, dan sebagainya).
kebijakan ujian nasional diganti asesmen

Selanjutnya, di Tahun 2020 merupakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk terakhir kalinya. Penyelenggaraan UN tahun 2021, akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

Pelaksanaan ujian akan dilakukan oleh siswa yang berada di tengah jenjang sekolah (misalnya kelas 4, 8, 11), sehingga dapat mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran.

Untuk asesmen, tetap menggunakan komputer. Seperti yang Pak Nadiem katakan: "Kami belum tahu apakah pelaksanaan asesmen ini akan mengurangi anggaran atau tidak, karena prosesnya sama dengan Ujian Nasional (UN). Anak-anak tetap dibawa ke depan komputer,"

2. Pengertian Asesmen

Sebelum kita melanjutkan, ada baiknya kita mengetahui pengertian istilah asesmen.
Jika diartikan kebahasa Indonesia Assessment berarti Penilaian.

Assessment atau disebut juga dengan penilaian adalah suatu penerapan dan penggunaan berbagai cara dan alat untuk mendapatkan serangkaian informasi tentang hasil belajar dan pencapaian kompetensi dari peserta didik.
pengertian penilaian asesmen

Pengertian lain dari assesment yaitu proses untuk memperoleh data atau informasi dari proses pembelajaran dan juga memberikan umpan biak terhadap guru ataupun kepada peserta didik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti Asesmen sebagai berikut:
ases.men /asèsmên/
⇢ Tesaurus

  1. n penilaian
  2. n Dik kegiatan mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data atau informasi tentang peserta didik dan lingkungannya untuk memperoleh gambaran tentang kondisi individu dan lingkungannya sebagai bahan untuk memahami individu dan pengembangan program layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan kebutuhan


Kata Asesmen kemungkinan merupakan kata serapan dari Assessment.


3. Moodle Sebagai Alat Untuk Asesmen

Moodle adalah LMS elearning yang populer karena juga banyak tersedia bermacam bahasa. Menurut kami Moodle memang powerful yang bisa dieksplore lebih banyak lagi karena saya juga masih belajar. Moodle menggunakan prinsip social constructionist pedagogy,
moodle quiz, assigment, workhop, forum untuk asesmen

Ada banyak fitur pada modle yang bisa digunakan dan dikombinasikan untuk penilaian sumatif maupun sumatif diantaranya:

3.1. Quiz

Quiz: Modul aktivitas Kuis memungkinkan guru untuk merancang dan membuat kuis yang terdiri dari berbagai jenis pertanyaan, termasuk pilihan ganda, benar-salah, jawaban pendek dan seret dan lepas gambar dan teks.

3.2. Assignment

Assignment: Kegiatan penugasan memberikan ruang di mana siswa dapat mengirimkan pekerjaan untuk guru untuk menilai dan memberikan umpan balik. Ini menghemat kertas dan lebih efisien daripada email. Ini juga dapat digunakan untuk mengingatkan siswa tentang tugas 'dunia nyata' yang mereka butuhkan untuk luring secara offline, seperti karya seni, dan dengan demikian tidak memerlukan konten digital. Pengajuan siswa bersama di satu layar kursus Anda. Anda dapat meminta mereka untuk mengirim satu atau beberapa file dan / atau mengetik esai teks. Dimungkinkan untuk meminta mereka menyerahkan pekerjaan sebagai kelompok dan Anda juga dapat memilih sebagai guru untuk menilai pekerjaan mereka 'buta' dengan kata lain untuk tidak melihat identitas mereka yang telah menyerahkan tugas. Tugas dapat memiliki tenggat waktu dan memotong tanggal - yang juga dapat diperpanjang jika perlu.

3. Workshop

Workshop: Lokakarya adalah kegiatan penilaian sejawat yang kuat. Dokumentasi tentang pengaturan Lokakarya menjelaskan berbagai opsi yang tersedia. Tinjauan umum kegiatan Lokakarya Siswa menyerahkan karya mereka sendiri dan kemudian menerima sejumlah kiriman dari siswa lain yang harus mereka nilai sesuai dengan spesifikasi guru. (Mereka juga dapat menilai pekerjaan mereka sendiri jika guru meminta ini.) Teks dapat diketik langsung ke editor Moodle, atau file jenis apa pun dapat diunggah, asalkan orang lain memiliki perangkat lunak untuk melihatnya. Guru dapat memutuskan apakah akan menunjukkan atau menyembunyikan identitas siswa satu sama lain ketika menilai sedang berlangsung.

4. Forum

Forum: Kegiatan forum memungkinkan siswa dan guru untuk bertukar ide dengan memposting komentar sebagai bagian dari 'utas'. File seperti gambar dan media mungkin dimasukkan dalam posting forum. Guru dapat memilih untuk menilai posting di forum dan juga memungkinkan untuk memberi siswa izin untuk menilai posting masing-masing. Untuk menambahkan forum, Anda harus mengaktifkan pengeditan dan memilihnya dari Pemilih aktivitas.

Dan masih banyak lagi plugin pada moodle yang bisa di gunakan dan dikombinasikan

Penutup

Kesimpulananya, Moodle adalah LMS elearning yang bisa digunakan untuk berbagai bentuk asesmen sesuai kebijakan Pak Nadiem yang mengusung program merdeka belajar.
Jadi intinya moodle yang umumnya hanya digunakan untuk penilaian pilihan ganda, bisa lagi lebih untuk dioptimalkan. Terlebih untuk sekolah-sekolah yang sudah memiliki sarana dan prasarana komputer yang pernah digunakan untuk kegian Ujian Berbasis Komputer (UNBK)

Lihat Tutorial Moodle yang sebelumnya sudah pernah diposting di blog ini (selengkapnya)


Download juga: Kumpulan Pedoman Pelaksanaan Ujian Sekolah Tahun 2020

Demikianlah yang bisa kami share semoga bermanfaat untuk Bapak / Ibu Guru, dan jadilah guru penggerak dengan memanfaatkan Teknologi untuk pembelajaran dan penilaian.

Sumber / Referensi :

  1. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/mendikbud-tetapkan-empat-pokok-kebijakan-pendidikan-merdeka-belajar
  2. https://www.jpnn.com/news/asesmen-kompetensi-minimum-siswa-tetap-di-depan-komputer-mirip-un
  3. https://jojonomic.com/blog/assessment/
  4. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/asesmen
  5. https://m.youtube.com/watch?v=2lQbugU0Ys0
  6. https://docs.moodle.org
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Belum ada Komentar untuk "MOODLE BISA DIGUNAKAN UNTUK MODEL PENILAIAN ASESMEN"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel