APLIKASI NILAI IJAZAH SMP TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Aplikasi nilai ijazah SMP tahun pelajaran 2019/2020 diperlukan untuk mempermudah Guru ataupun Tenaga Administrasi dalam mengolah nilai untuk menentukan kelulusan siswa dan pembuatan ijazah. Penentuan kelulusan diambil dari nilai rata-rata raport semester 1 sampai 5.
Aplikasi nilai ijazah SMP tahun pelajaran 2019/2020
Tampilan Menu Aplikasi Nilai Ijazah SMP

Nah pada postingan kali ini tasADMIN.id akan membahas sebuah aplikasi tersebut berbasis excel, baik tentang aplikasi, cara menggunakan dan link unduh / downloadnya.

Syarat Kelulusan SMP

Sebelum kita melanjutkan ada baiknya kita mengetahui apa sih syarat kelulusan siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama  (SMP)?

Saat postingan ini dibuat memang belum ada juknis penulisan ijazah SMP tahun pelajaran 2019/2020 namun penentuan kelulusan siswa sudah diinformasikan pada surat edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), disebutkan bahwa:
Kelulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) / sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA) /sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Nilai semester genap kelas 9 dan kelas 12 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan
update:
Terkait juknis Ijazah yang didalamnya juga terdapat bagaimana cara pengolahan nilai sudah ada dalam: Persesjen Nomor 5 Tahun 2020.pdf  

Pengumuman kelulusan SMP Tanggal: 5 Juni 2020
Pada aplikasi ini selain untuk mengolah nilai ijazah juga sudah disediakan untuk cetak Surat Keterangan Lulus atau yang sering disingkat dengan SKL

Cara Menggunakan Aplikasi Nilai Ijazah SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

Dan berikut ini bagian-bagian pada aplikasi yang sudah kami susun dan kegunaanya.

1. Karena dishare dalam format zip, maka silahkan diekstrak dulu filenya dengan cara klik kanan - ekstrak here.

2. Sheet Menu Utama, pada sheet ini akan ditampilkan tombol hyperlink menu-menu yang tersedia untuk terhubung ke sheet lainnya.


3. Sheet Data Siswa, pada sheet ini digunakan untuk mengisikan data siswa. Untuk mempercepat pengerjaan Anda bisa copy paste data yang sudah dimiliki misalnya dari dapodik, gunakan paste - spesial - values agar tidak mengubah format aplikasi. Pada aplikasi ini jumlah data siswa 40, namun dapat digunakan hingga 3000 data, cukup masukan data dibawahnya.



4. Sheet Nilai Raport Semester, digunakan untuk mengisikan nilai raport semester 1 (Kelas VII semester 1), semester 2 (Kelas VII semester 2), semester 3 (kelas VIII semester 1), semester 4 (kelas VII semester 2), semester 5 (kelas IX semester 1).

Daftar nilai sesuai kurikulum 2013, KI 3 yaitu nilai pengetahuan, KI 4 yaitu nilai keterampilan, RT di sini maksudnya nilai rata-rata.


Jika masih menggunakan kurikulum 2006 isikan dengan nilai tertulis dan praktik, jika tidak ada praktik maka cukup isikan nilai tertulisnya saja atau sebaliknya.

5. Sheet Nilai Ijazah, setelah semua nilai raport dientrikan maka rekap nilai dari rata-rata raport semester 1 sampai dengan semester 5 akan dirumus dan dirata-rata disini.

Pada sheet ini perlu juga untuk mengisikan Batas Nilai Minimal Kelulusan (BNM). Secara otomatis nilai dibawah BNM akan berwarna merah, karena dilengkapi dengan conditional formating.

Untuk keputusan kelulusan aplikasi ini tidak otomatis harus diisi manual lulus atau tidak lulus. Hal ini dikarenakan untuk penentuan kelulusan juga diperlukan rapat dengan dewan guru.


6. Sheet pengumuman lulus, berfungsi untuk mencetak surat pengumuman kelulusan. Pengumuman kelulusan dibagikan kepada siswa maupun wali siswa. Ditampilkan juga nilai siswa sehingga tidak hanya mengetahui lulus tidak lulus tapi juga dengan perolehan nilai. Sebelum dicetak silahkan sesuaikan dulu formatnya baik dari kata-kata atau lainnya karena tiap sekolah bisa berbeda.



7. Sheet amplop kelulusan, pada aplikasi ini dilengkapi juga untuk mempercepat pembuatan amplop  surat untuk pengumuman lulus. Biasanya amplop ini akan dibuka secara bersama-sama untuk mengetahui lulus tidak lulus siswa. Amplop akan dicetak otomatis untuk nama masing masing siswa. Gunakan spin button untuk beralih ke data berikutnya.


8. Sheet keterangan lulus, karena pada tahun 2020 ini tidak diadakan Ujian Nasional (UN) maka tidak lagi membuat Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU). Kemungkinan perlu dibuatkan surat keterangan lulus dicantumkan juga dengan perolehan nilai yang akan digunakan untuk mendaftar sekolah ke jenjang berikutnya yaitu SMA. Keterangan lulus juga sering disebut dengan Surat Keterangan Lulus (SKL).

Berdasarkan surat edaran dari mendikbud yang telah saya sebutkan diatas juga diinformasikan bahwa: PPDB pada Jalur Prestasi dilaksanakan berdasarkan:
1) akumulasi nilai rapor ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir; dan/atau
2) prestasi akademik dan non-akademik di luar rapor sekolah;

Gunakan spin button untuk mencetak data berikutnya.


9. Sheet draft ijazah untuk mencetak daft ijazah. Kegunaanya adalah untuk mempermudah penulisan ijazah. Penulis tidak lagi melihat rekap nilai, untuk memperkecil resiko kesalahan penulisan ijazah dibuatkan lembaran format yang telah disesuikan dengan bentuk ijazah sehingga langsung bisa disalin/ditulis.


Download Aplikasi Nilai Ijazah SMP Tahun 2020

Aplikasi ini dibuat menggunakan Microsoft Excel 2007 sehingga dapat digunakan atau dibuka pada Micorsoft Excel versi 2007, 2010, 2016, dan excel 365. Dimungkingkan bisa juga dibuka menggunakan program Spreadsheet lainya seperti WPS OpenOffice, WPS Office dll., namun kami tetap menyarankan untuk menggunakan excel untuk performa terbaiknya.

Ukuran aplikasi ini tidak sampai 200 Kb dan disimpan dalam format excel binnary (.xlb) sehingga sangat ringan digunakan. Selain itu disusun dengan format yang sederhana jadi bagi yang belum mahir excel tetap bisa menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini didesain dengan menggunakan warna-warna yang kalem dan soft, untuk membuat nyaman pengentri data.

Silahkan download aplikasiya pada link berikut ini via google drive: https://drive.google.com/file/d/1RuR8GKUrduF5NMkUZ23r8sCfitMLRhD8/view?usp=sharing

APLIKASI MASIH ADA KESALAHAN RUMUS REKAP NILAI MATEMATIKA MASIH PROSES PERBAIKAN


Update
6/5/2020,

Terima kasih telah bersedia menunggu perbaikan.

Kami akui kami kurang teliti dan terburu-buru dalam mengshare aplikasi olah nilai ijazah smp 2020 ini sehingga masih ada rumus rekap matematika yang masih keliru.



Rumus yang harus direvisi atau dibetulkan adalah pada rekap nilai ijazah pada mapel MTK, tertulis =ROUND(AVERAGE(sem_1[[#This Row];[14]];sem_2[[#This Row];[14]];sem_3[[#This Row];[15]];sem_4[[#This Row];[14]];sem_5[[#This Row];[14]]);0)

seharusnya

 =ROUND(AVERAGE(sem_1[[#This Row];[14]];sem_2[[#This Row];[14]];sem_3[[#This Row];[14]];sem_4[[#This Row];[14]];sem_5[[#This Row];[14]]);0)

Aplikasi yang telah direvisi dapat di download melalui link dibawah ini.

Download versi 5 semester klik linkhttps://drive.google.com/open?id=1leX4lwnmqSJEoUx2kRXpF2B6eWJy1Qvj

Frequensy Ask Question (FAQ) Sering Dijawab Ditanya

Bagaimana cara mengganti nama sekolah?


Cara mengganti nama sekolah dan kop langsung diketik di masing-masing sheet yang akan dicetak, sebelumnya unprotect dulu sheetnya. Caranya klik kanan nama sheet --- pilih unprotect sheet, atau bisa juga melalui menu review --- unprotect sheet


Download juga: Aplikasi Khusus Amplop Surat


Modifikasi Aplikasi

Aplikasi ini sederhana menjadikan sangat mudah untuk dimodifikasi, berikut ini aplikasi yang sudah di modifikasi.

1. Modifikasi 6 semester ( download )
Keterangan: Beberapa sekolah tidak hanya menggunakan nilai 5 semester namun 6 semester.

2. Modifikasi 5 semester Nomor Peserta Ujian ( download )
Keterangan: Ada juga sekolah yang mencantumkan nomor perserta ujian, yang mana beberapa sekolah masih mencantumkan nomor peserta ujian.

Rumus Aplikasi Nilai Ijazah SMP 

Rumus-rumus  dan pengaturan yang digunakan pada aplikasi ini diantaranya:

  • Vlookup rumus untuk menampilkan data sesuai nomor urut
  • Average rumus untuk rata-rata nilai
  • Round digunakan untuk rumus pembulatan
  • Hyperlink untuk membuat tombol yang menghubungkan ke sheet lainya
  • Spin Button untuk tombol memilih data berikutnya
  • Conditional Formating untuk membuat data berwarna merah jika dibawah batas nilai minimal
  • Data Validation agar data valid seperti jumlah digit NISN harus 10.
Gabung di grup Telegram Tenaga Administrasi Sekolah: ( gabung di sini )

PENUTUP
Demikianlah yang bisa kami posting mengenai aplikasi olah nilai ijazah SMP yang dilengkapi surat pengumuman kelulusan, amplop, surat keterangan lulus (SKL), dan draft penulisan ijazah berformat excel. Semoga dapat bermanfaat, terima kasih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

18 Komentar untuk "APLIKASI NILAI IJAZAH SMP TAHUN PELAJARAN 2019/2020"

  1. sangat bermanfaat, tapi saya blm berhasil donload untuk saya coba

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat, tapi saya blm berhasil donload untuk saya coba

    BalasHapus
  3. Sangat Bermanfaat, tapi saya belum berhasil donload, mohon bantuannya

    BalasHapus
  4. nomor hpnya ga bisa buat sms

    BalasHapus
  5. assalamualaikum, selamat malam.
    maaf pak apakah boleh saya meminta password untuk unprotect nya?
    saya sudah sms ke nomor yang ada di aplikasi namun blm ada balasan.

    BalasHapus
  6. password nya apa untuk edit sheet nya. di atas cm di tulis unprotect, tp pakai password

    BalasHapus
  7. assalamualikum admin... untuk edit kop sekolah apa pasword nya damin terima kasih

    BalasHapus
  8. Di sheet nilai ijazah setelah saya rata2 secara manual kok gak sesuai ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah menyempatkan berkomentar,
      Bisakan di tunjukkan gak sesuainya seperti apa atau bagian mana?

      Hapus
  9. sangat bermanfaat sekali makasih atas berbagi ilmunya cuma yang versi modifikasinya masih tetep 5 semester.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami mengupload versi modifikasi ada 2, pastikan mendownload yang untuk 6 semester.
      terima kasih

      Hapus
  10. assalamualaikum, selamat malam.
    maaf pak apakah boleh saya meminta password untuk unprotect nya?
    saya sudah sms ke nomor yang ada di aplikasi namun blm ada balasan.

    BalasHapus
  11. sayab belum bisa mendownloadnya, selalu gagal, mohon solusinya

    BalasHapus
  12. selalu gagal mendownloadnya, mohon solusi admin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keterangannya apa? untuk mendownload file aplikasi silahkan klik pada url / link google drive.

      Hapus
1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel