Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 DAFTAR ERROR DAPODIK 2020B DAN SOLUSINYA

Berikut saya ringkaskan beberapa eror pada aplikasi dapodik 2020b dan solusinya. Diharapkan dapat membantu teman-teman operator yang mengalami masalah pada aplikasi dapodik, khusunya untuk operator baru.
Daftar eror dapodik versi 2020b dan solusinya
ilustrasi eror dapodik 2020b

Seperti yang teman operator sekolah ketahui, belum lama ini telah dirilis pembaharuan aplikasi dapodik versi 2020b untuk digunakan di semester genap tahun pelajaran 2019/2020. ( lihat postingan sebelumnya )

Sebelum aplikasi dapodik dirilis sebetulnya sudah menjalani proses pengetesan dari beberapa operator, istilah kerennya quality control. Namun perlu kita sadari sebagus apapun aplikasi pasti akan ada celah atau bugs. Akan tetapi masih banyak juga operator sekolah yang mengalami kendala bukan dari bugs aplikasi, namun kurangnya kepedulian untuk membaca panduan yang telah disusun dan disajikan oleh pihak pengembang aplikasi dapodik. Nah... pada postingan ini saya akan ringkaskan eror dan kendala pada aplikasi dapodik beserta solusinya yang kami himpun dari grup facebook dan sedikit dari pengalaman pribadi.


[Daftar Isi]


12 Daftar Eror Aplikasi Dapodik Versi 2020b dan Solusinya


1.Bendahara BOS Belum Dipilih 

Setelah operator sekolah berhasil update dapodik 2020b, pada halaman dapodik tampil warna merah Bendahara BOS belum ditentukan.

Solusinya cukup mudah, masuk ke menu GTK, pilih data guru dan isikan tugas tambahan sebagai bendahara sekolah. Kemudian jika sudah lakukan reload atau refresh halaman (CTRL + F5). (lihat langkah detailnya).

Jika langkah diatas masih belum bisa, silahkan kosongkan data TSTnya. Dan jika sebelumnya ada data bendahara lama maka isikan TST bendahara lama. TST adalah singkatan dari Terhitung Selesai Tanggal, yang artinya kapan bendahara tersebut sudah tidak menjadi bendahara.

Jangan heran ketika operator login, menu sinkron ternyata tidak ada setelah update pembaharuan dapodik 2020b. Sebenarnya hal ini telah diutarakan pada panduan, yang memang untuk menu sinkron tidak ditampilkan pada login operator namun login KS atau kepala sekolah. Menu tukar pengguna ada pada menu Pengaturan ( lihat langkah detailnya )


Intinnya mulai dapodik versi 2020b untuk sinkron menggunakan akun KS / Kepsesk. Bagaimana pendapat Anda? apakah memudahkan/menyulitkan? hehe

3. Tidak Ada Menu Tukar Pengguna

Di point nomor 2 telah disampaikan bahwa untuk beralih ke login KS dapat menggunakan menu tukar pengguna, akan tetapi menu tersebut tidak nampak pada aplikasi.

Solusinya, Karena memang menu tukar pengguna ini tidak ditampilkan pada dashboard aplikasi namun diletakan pada menu pengaturan. Silahkan masuk ke menu Pengaturan aplikasi dapodik.

Sudah masuk ke menu pengaturan, tetap saja menu tukar pengguna tidak ditemukan? jangan panik... kemungkinan karena histori chace aplikasi versi sebelumnya masih ada, silahkan dihapus dulu atau dibersihkan ( Lihat caranya )

Masih tentang tukar pengguna, ada teman operator sekolah yang mengalami tidak bisa tukar pengguna ke akun kepala sekolah. Muncul "peringatan pengguna tersebut belum membuat akun. Mohon sebelum menggunakan fitur tukar akses pengguna, user tersebut telah dibuatkan akun terlebih dahulu". Solusi: pastikan telah dibuatkan akun.

4. Solusi Sinkron PLT Kepala Sekolah

Jika tidak ada kepala sekolah definitif, maka untuk sinkron menggunakan akun siapa? tentunya penggunakan akun PLT Kepala Sekolah.


Permasalahan timbul ketika akan sinkron menggunakan akun PLT muncul peringatan pengguna berlum membuat akun. Dan berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk solusinya:

  1. Pastikan akun PTK tersebut sudah dibuat.
  2. Pastikan akun PLT Kepala sekolah sudah diisi tugas sebagai PLT kepala sekolah.
  3. Jika masih belum bisa cobalah untuk mengubah password PTK tersebut dengan ketentuan kombinasi minimal 8 karakter.


5. Sinkron Dapodik Pengguna Tidak Aktif

Tidak bisa melakukan sinkron dapodik, dan muncul keterangan "Pengguna Tidak Aktif" bagaimana solusinya?

Silahkan coba untuk sinkron menggunakan menu tukar pengguna, logout / keluar dulu dari akun KS. Lakukan refresh CTRL + F5 jika diperlukan.

6. Lupa Kode Registrasi Dapodik

Karena untuk update dapodik menggunakan patch, maka tidak perlu menggunakan kode registrasi. Namun kode registrasi diperlukan untuk melakukan tukar pengguna. Bisa terjadi operator lupa dimana menyimpan kode registrasi dapodik atau ganti operator, solusinya lihat trik cara mengetahui koder registrasi (koreg) di postingan ini.

7. Di Dapodik 2020b Kepala Sekolah Masuk Tendik

Banyak muncul pertanyaan terkait di dapodik 2020b Kepala Sekolah masuk ke menu Tenaga Kependidikan (Tendik), diantaranya Saya sudah dowloand Aplikasi dapodik versi 2020 b ternyata nama kasek masuk pada GTK Tendik, mohon solusi dan saran kepada Bapak/Ibu OPS Terima Kasih.

Tak ada yang perlu dikhawatirkan tentang hal ini, karena memang diseting seperti itu oleh pengembang dapodik. Lalu dasarnya apa? Memang masih sangat mungkin diperdebatkan soal Kepala Sekolah termasuk Tendik apa dasarnya?

Kepala Sekolah Masuk Tendik dasarnya adalah Permendikbud nomor 32 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimum (SPM)


Kepala Sekolah Masuk Guru dasarnya adalah Permendikbud nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebgai Kepala Sekolah.

Tupoksi kepala sekolah sudah tidak lagi mengajar namun sebagai manajerial, lalu bagaimana KS yang mendapat tunjangan Profesi Guru padahal tidak mengajar? silahkan coba cari tentang Juknis TPG, hehe

8. Tidak Bisa Sinkron Dapodik Karena NIK Dikunci

Salah satu pembaharuan aplikasi dapodik 2020b adalah dikuncinya form Nomor Induk Kependudukan, untuk mengeditnya harus melalui verval PD. Jika NIK masih kosong maka aplikasi dapodik tidak menguncinya dan bisa dientry langsung.

Namun di grup ada pertanyaan sebagai berikut: Salam satu data. Saya ada kendala ketika akan sinkron, ternyata ada siswa yang belum terisi NIK, namun ketika akan diinput ternyata formnya dikunci, saya coba masukan lewat verval PD ternyata sudah terisi,  so bagaimana caranya agar bisa sinkron. Mohon bantuanya para master...  Tks..

Untuk solusi terkait pertanyaa diatas coba lakukan langkah ini, dari langkah yang paling mudah jika masih belum bisa baru lakukan langkah berikutnya.


  1. Lakukan clear history browser (CTRL + F5), meski kelihatan sepele tapi langkah ini terkadang sangat penting.
  2. Coba lakukan entry NIK menggunakan tukar pengguna ke siswa yang bersangkutan.
  3. Tunggu info2 terbaru.
update 13/02/2020: Silahkan gunakan / update versi dapodik 2020b patch 1

9. Tidak Bisa Sinkron Karena Invalid TMT.

Validasi dapodik memang dirancang cukup kompleks untuk mencapai data yang berkualitas, diantaranya adalah Invalid TMT. Akan muncul keterangan "TMT tidak wajar dikarenakan lebih dari tahun berjalan, harap periksa kembali isian." 

Isian TMT bisanya ada pada TMT Kepegawaian, Jenjang Pangkat, Tugas Tambahan, dan Riwayat Gaji Berkala.

Solusinya, beberapa hal yang harus diperhatikan:
1. Pastikan isian TMTnya sudah benar.
2. Lakukan refresh history browser.

Solusi upade 23-2-2020: Gunakan Dapodik Versi 2020b PATCH 1

10. Invalid Iuaran Sekolah

Pada dapodik 2020b diwajibkan untuk mengisikan apakah selolah memungut iuran atau tidak, dan besarnya berapa. Ketika tidak bisa menyimpan data iuran sekolah pastikan semua data telah diisi dan tidak ada yang bewarna merah, jika masih belum bisa coba hapus saja kolom isian data website sekolah hapus tulisan https:// kemudian save. Jika anda memerlukan alamat domain website sekolah sch.id (kontak saya di sini)


11. Invalid Rombongan Belajar.

Tidak bisa sinkron semester 2 karena invalid rombongan belajar, silahkan lakukan maping atau lanjutkan semester. Rombongan belajar pada dapodik memang harus diperbaharui setiap semester berganti.


12. Laptop Tidak Bisa Instal Dapodik

Dibebera kondisi di sekolah bisa terjadi laptop harus diinstal ulang windowsnya, yang tentunya harus instal lagi dapodiknya menggunakan file fress installer. Masalah yang timbul tidak bisa instal dapodik karena memang windowsnya dari tempat jasa istal perbaikan laptop yang tidak lengkap. 

Menang disarankan untuk hal yang bagus adalah instal menggunakan windows ori atau asli. Selain itu juga perlu diperhatikan spesifikasi minimal laptop karena semakin updatenya sofware harus diimbangi dengan hadware. Lihat spesifikasi minmal laptop pada juknis bos 2019 adalah core i3, dan pada juknis BOS 2020 nampaknya tidak disebutkan minimalnya.

Jika memang karena keterbatasan belum bisa instal dapodik karena habis install ulang, coba lakukan langkah:

  1. Update NET framework windows pada laptop,
  2. Lakukan juga update Microsoft Visual C++
  3. Jika tidak memungkinkan update sendiri, coba kembali ke tempat service laptop untuk dibantu update.
Baca juga: Aplikasi Erapor SD

Demikianlah yang bisa saya posting terkait daftar error dapodik versi 2020b dan solusinya semoga bermanfaat untuk teman-teman operator. Satu hal yang bisa kita pahami bahwa tidak ada aplikasi yang sempurna yang lepas dari bugs, dan aplikasi dapodik akan terus ditingkatkan kevalidan datanya. Terima kasih telah menyempatkan mengunjungi blog ini, silahkan tinggalkan komentar Anda... selamat mengerjakan dapodik di semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 semoga dipenuhi dengan keberkahan.

2 komentar untuk "12 DAFTAR ERROR DAPODIK 2020B DAN SOLUSINYA"

  1. Maaf pak Admin klo pas Sinkronisasi PLT Kepala Sekolah muncul peringatan "Kode Registrasi tidak ditemukan diserver" bagai mana solusinya?....

    BalasHapus
  2. Kepala sekolah plt
    Bikin username gagal terus gmn solusinya
    Sedangkan mau singkron nga bisa

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.