5 DAFTAR ERROR APLIKASI PMP DAN SOLUSINYA
Tidak dapat dipungkiri Operator Sekolah (OPS) memang keren, bugs atau error yang masih ada pada aplikasi PMP 2019 Versi Offline tidak menyurutkan antusias dalam mengerjakan tugas untuk membatu para responden Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk mengisinya. Pada postingan ini akan kami share daftar error bugs aplikasi PMP dan solusi cara mengatasinya. Kami coba rangkumkan dari berbagai sumber media sosial operator, maupun di grup yang saling sharing tentang PMP. Kalau begitu langsung saja berikut adalah:
[Daftar Isi]
- 1 Tidak Bisa Login PMP Karena Gagal Registrasi
- 2 Tidak Bisa Login di Laptop Client
- 3 Kuesioner PMP Kosong
- 4 Responden PMP PTK Kurang
- 5 Sinkronisasi PMP Disconnected
1. Tidak Bisa Login PMP Karena Gagal Registrasi
Khasus ini adalah untuk yang pertama kali menginstal aplikasi PMP Offline, setelah registrasi tetapi tidak bisa login malah muncul keterangan "Pengguna tidak ditemukan atau password salah. Mohon cek kembali informasi pengguna Anda"![]() |
tampilan login aplikasi PMP |
Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, karena kemungkinan besar masih belum betul atau ada langkah yang terlewatkan saat registrasi. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam registrasi PMP Offline:
Gunakan prefill nasional untuk registrasi PMP.Email/username diisi: u_prefill_pmp Kata Sandi/passwordnya: p4ssw0rd_pmpMasukan prefill nasional ke folder: c:/prefill_dapodikPastikan tidak keliru memasukan kode registrasi koreg dapodik, salah satu huruf saja nantinya tidak akan bisa login, karena disini kita tidak bisa mengecek atau tidak adanya pemberitahuan apakah koreg yang dimasukan benar atau salah, akan langsung dibawa ke halaman login.Setelah berhasil registrasi, lanjutkan login dengan username dan password operator dapodik.Selengkapnya baca di sini.
dan pastikan PMP DB Runing
2. Tidak Bisa Login di Laptop Client
PMP adalah aplikasi berbasis web yang dirancang canggih berbasis web, sehingga bisa dikerjakan dari laptop/komputer lain yang terhubung dengan jaringan baik itu local maupun internet. Pada PMP 2019-11 ketika tidak bisa login di laptop client silahkan ganti setingan pada file js.Silahkan ke postingan: 3 Solusi PMP Offline Tidak Bisa Dibuka di Jaringan
Baca juga cara:
1. Membuka PMP Menggunakan Wifi dan hotspot seluler
2. Mengonlinekan aplikasi PMP
3. Kuesioner PMP Kosong
Bugs yang masih ditemukan pada aplikasi EDS PMP adalah masih kosongnya kuesioner dan terdapat perbedaan dengan kuesioner versi cetak. Sehingga progres pengisian kuesioner tidak bisa 100%. Seperti kuesioner untuk Kepala Sekolah pada bagian B. Isi Pendidikan - Butir Pihak-pihak yang telah mendapatkan sosialisasi pedoman penyusunan kurikulum di sekolah Anda tidak ada pilihan jawabanya.
Adapum untuk mengatasi hal tersebut silahkan melakukan sinkronisasi. Fitur sinkronisasi ada pada aplikasi PMP, dan ini merupakan teknologi yang canggih. Cara sinkronisasi silahkah baca di sini.
4. Responden PMP PTK Kurang
Dibeberapa kasus terdapat responden PTK cuma ada 2 orang atau masih kurang berbeda dengan yang ada di dapodik. Solusi untuk Responden PTK kurang silahkan menggunakan cara berikut:- Login pada aplikasi PMP Daring / Online : http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745
- Selanjutnya pilih menu "Pengaturan" --- "Manajemen Pengguna" --- Kemudian tekan menu strip tiga yag ada pada pojok atas.
- Pilih menu "salin PTK dari dapodik",
- Kemudian pilih PTK yang akan disalin sesuaikan saja dengan kebutuhan minimal responden, supaya nantinya database tidak terlalu besar. Beri tanda ceklist --- kemudian klik tombol "Salin Data"
- Setelah itu lakukan sinkronisasi PMP.
5. Sinkronisasi PMP Disconnected.
Ketika akan sinkronisasi muncul keterangan koneksi anda dengan internet: DISCONNECTED, berikut ini beberapa tipsnya:1. Lakukan refresh halaman CTRL + F5
2. Pastikan koneksi internet Anda stabil
3. Pastikan layanan internet profider tidak diblok server, coba gunakan layanan nomor provider lain.
4. Gunakan VPN, jika hanya punya satu layanan provider
========
Jika masih belum bisa sikron PMP karena DISCONNECTED, coba lakukan langkah berikut,
1. Login pada aplikasi dapodik, ke menu sinkronisasi. tetapi jangan sampai sinkron, cukup lihat apakah di dapodik statusnya connected.
2. Jika sudah silahkan kembali ke menu sinkron PMP, lakukan refresh, jika berubah menjadi connected berarti cara ini memang berpengaruh.
3. Kami sendiri tidak tahu siapa sumber yang share tutorial ini, tapi sangat bermanfaat.
Coba bagikan tutorial ini ke teman yang belum bisa sinkron PMP
=========
TAMBAHAN:
SINKRON PMP KONEKSI INTERNET LAMBAT
Kasus ini adalah ketika melakukan sinkron PMP muncul keterangan "Koneksi Internet Lambat" padahal koneksinya cepat pakai paketan bulanan dan bisa lancar untuk membuka video di Youtube. Beberapa operator menyebutnya ini fitnah, hehe,, ya boleh saja..Lalu bagaimana solusinya? Sebelum kita lanjutkan perlu diketahui bahwa sinkronisasi itu terjadi 2 arah pengiriman data yaitu dari lokal ke server dan dari server ke lokal, jadi kemungkinan besar keterangan koneksi internet lambat ini dikarenakan kondisi rerver yang lemah.
Adapun solusinya, silahkan gunakan waktu-waktu sekiranya server sedang sepi, seperti tengah malam, atau dinihari.
Aplikasi PMP Blank Hitam Setelah Update Patch (Selengkapnya)
Error : Tidak bisa melakukan koneksi dengan database PMP1001 (Selengkapnya)
Progres Kemajuan Pengisian Tidak Bisa 100% ( Selengkapnya )
Seperti itulah yang bisa kami bagikan tentang daftar error aplikasi PMP 2019 beserta solusinya, semoga masalah error yang teman-teman operator sekolah saat mengerjakan PMP dapat teratasi. Sekian, semoga bermanfaat.
----------------
UPDATE 23 Oktober 2020: 9 LANGKAH SUKSES MENGERJAKAN PMP EDS 2020
Poin no.3 isi pendidikan masih tidak bosa 100% walaupun disinkron pak.
BalasHapusMemang kuesioner yg tampil tidak 11 lagi.
Hanya 10 tapi yg harus di isi tetap 11 dipemberitahuannya
silahkan disinkron lagi, mungkin perlu 2x sinkron
HapusMohon izin bertanya bapak ibu operator. Saya sudah ngisi kuisoner satu murid memang kuisoner diaplikasi ny poin d sama e tidak ada.. Tapi koq masih 0 persen ya
HapusSinkronisasi daring bagaimana? Menunya dmn?
BalasHapusmenu sinkron hanya ada pada pmp versi online, gunanya agar antara pmp offline dan online bisa sama,
HapusKenapa yah klo stiap sy mau lakukan sinkronisasi pada PMP offline, sllu tdk bisa. Mohon solusinya ?
BalasHapus========
HapusJika masih belum bisa sikron PMP karena DISCONNECTED, coba lakukan langkah berikut,
1. Login pada aplikasi dapodik, ke menu sinkronisasi. tetapi jangan sampai sinkron, cukup lihat apakah di dapodik statusnya connected.
2. Jika sudah silahkan kembali ke menu sinkron PMP, lakukan refresh, jika berubah menjadi connected berarti cara ini memang berpengaruh.
3. Kami sendiri tidah tahu siapa sumber yang share tutorial ini, tapi sangat bermanfaat.
Coba bagikan tutorial ini ke teman yang belum bisa sinkron PMP
=========
Sudah sangat benar sekali dan kami sudah 100% data terkirim ke server pusat dan masih mnunggu hasil raport dari pengawas..
HapusMantap @ SMK TUNAS KARNYA, nampaknya tiap responden mengisi langsung menggunakan laptop/smart phone
HapusSaat Sinkron muncul keterangan "Pengguna Tidak Aktif". Mohon solusinya?
BalasHapusuntuk masalah "Pengguna Tidak Aktif" sinkron PMP kami belum dapat info cara mengatasinya, coba ceritakan kronologinya, kapan terakhir sinkron atau baru mau pertama sinkron. Coba sebelum login menggunakan akun operator di hapus history chache terlebih dahulu.
HapusMohon solusi login pmp daring gk bisa msuk password salah padah dah benar..ada solusika
BalasHapuspastikan tidak ada yang salah ketik saat melakukan registrasi, baik itu username, password, dan kode registrasi. karena kita gak pernah tau apakah registrasi berhasil atau tidak karena akan langsung diarahkan ke halaman login.
HapusKapan bisa Hitung Raport Mutu, Hasil Raport Mutu dan Pakta Integritas karena semua data sudah 100% dan terkirim ke Server Pusat
BalasHapusseperinya menunggu, verifikasi dan validasi dari pengawas sekolah binaanya
HapusSetiap kali saya mau sinkron selalu gagal dan muncul "Koneksi internet lambat". Saya sinkron sekitar pk 13.30. Kenapa ya?
BalasHapusYang kami amati kashus "Koneksi internet lambat" untuk saat ini karena faktor servernya yang hampir melampaui kapasitas, karena banyaknya sekolah yang melakukan sinkron PMP, silahkan dicoba trus atau sinkron saat jam tidak sibuk, seperti tengah malam, dan pagi dini hari.
HapusMaaf pak bagaimana dngn SD ndg bisa mencapai 100% respondenx bagian Guru krn cuma ad 8.. guru...6 guru kelas dan 2 guru mapel jdi hax mencapai 80%..sdngkn d aplikasi minta 10 guru. bgmn solusix???...trima kasih
BalasHapustunggu info berikutnya
Hapusmenu singkron
BalasHapusError : Tidak bisa melakukan koneksi dengan database PMP1001
mohon solusinya
silahkan dicoba panjung menggunakan sinkron dapodik
Hapuspny jg seperti itu pak,sdh dpiancing sma dapodik tetep seperti itu gimana solusinya
HapusError : Tidak bisa melakukan koneksi dengan database PMP1001, untuk kasus ini pastikan DBPMPnya runing, masuk ke service, lakukan start/restar
HapusSudah mencoba cara di atas namun tetap tidak bisa, sudah ganti jaringan berbeda 3x tetap naik koneksi internet lambat.
BalasHapusCara yang kami share diatas tidak ada yang membahasa tentang masalah koneksi lambat. koneksi lambat itu karena server pmp itu sendiri
HapusSudah mencoba cara di atas namun tetap tidak bisa, sudah ganti jaringan berbeda 3x tetap naik koneksi internet lambat.
BalasHapusSudah mencoba cara di atas namun tetap tidak bisa, sudah ganti jaringan berbeda 3x tetap naik koneksi internet lambat.
BalasHapusSudah mencoba cara di atas namun tetap tidak bisa, sudah ganti jaringan berbeda 3x tetap naik koneksi internet lambat.
BalasHapusKoneksi internet lambat, jaringan sdh full ok
BalasHapusAdakah solusinya
silahkan coba pada jam2 tidak sibuk
Hapusslamat siang teman" ops saya punya pmp komite sama siswa sdh terisi kosuiner semua waktu perhitungan raport siswa dan komite tidak ada padahal sdh terisi semua makasih mohon bantuan teman" ops saya dari sd negeri 30 ambon
BalasHapusgimana solusi buat pmp 2019 siswa dan komite sdh di isi kusioner samua selesai waktu perhitungan raport siswa dan komite belum terisi
BalasHapussaat mau sinkron tertulis pengguna tidak aktif itu bagaimana pak?
BalasHapuspastikan login sebagai akun operator, kami sarankan untuk melakukan clear histori dan chace browser
Hapuspada saat sinkron selalu minta kode, username dan pasword,, setelah diisi selalu jawabannya salah,, bagaimana solusinya
BalasHapusSilahkan di refresh saja,
Hapusmohon solusinya saya mau singkron pmp (pada jam tidak sibuk sekitar jam 3 dini hari ) namun tetap ga bisa singkron keterangannya : Kami sedang melakukan maintenance. Sinkronisasi tidak bisa dilakukan saat ini..kenapa ya min apa memang sedang maintenance apknya.?
BalasHapusSaat kami membalas komentar Anda, server PMP sedang maintenance
HapusBgaimana solusinya disingkron tpi selalu gagal koneksi internet lambat itu terus keterangannya padahal jaringan cukup bagus dan stabil mohon solusinya.....
BalasHapuscoba gunakan jam yang sekiranya sedikit yang melakukan sinkron, seperti tengah malam. saat kami membalas komentar Anda PMP sedang maintenance
HapusBagaimana solusinya kalau mau sinkronisasi tertera "Tidak bisa melakukan koneksi dengan database PMP 1001" ????
BalasHapuscoba registrasi ulang mas
Hapuspastikan DBPMP nya jalan, buka pada service
Hapusap bisa sinkron klo beru isi kuisioner kepsek ya
BalasHapusbisa, namun saat kami membalas komentar Anda, server PMP sedang maintenance
HapusAdakah VPN yang unlimited (gratis) 😂😂😂
BalasHapuskami rasa tidak Ada,
HapusUntuk Registrasi mohon solusi.
BalasHapusUsername dan Pasword Dapodik tidak diketahui.
Terimakasih
silahkan gunakan password dan username dapodik terbaru,
Hapussd kami sudah coba beberapa kali sinkron ada tulisan "Silahkan update aplikasi sinkronisasi Anda dengan versi terbaru " mohon solusinya
BalasHapussilahkan tunggu rilis aplikasi versi baru,
HapusKenapa ya aplikasi pmp saya tampilannya blank, padahal saya sudah registrasi sesuai aturan hingga berulang kali, saya pun sudah memindahkan prefil pmp saya ke local c : prefil_dapodik,
BalasHapusTapi msh saja blank tampilannya??
Mohon solusinya pak ops,
untuk lebih lengkap mengenai pmp blank hitam silahkan ke postingan ini, https://www.tasadmin.id/2019/12/solusi-aplikasi-pmp-menjadi-blank-hitam.html
Hapusterima kasih infonya sangat membantu
BalasHapussama-sama semoga bermanfaat,
HapusMohon solusi apabila mau sinkronisasi malah muncul Error : Tidak bisa melakukan koneksi dengan database PMP1001
BalasHapuspastikan PMPDB dan PMPWebSrv jalan / running, selengkapnya https://www.tasadmin.id/2019/12/cara-menjalankan-pmpdb-dan-pmpwebsrv.html
Hapusmau syncron muncul jendela login dan masukan koreg tetapi tidak bisa login, pengguna tidak terdaftar????
BalasHapuspastikan login sebagai akun operator, kemudian lakukan refresh halaman atau tekan tombol ctrl + f5
HapusKenapa setiap sinkron selalu tidak terkoneksi dengan server database padahal sudah sesuai dengan jadwal untuk sinkron
BalasHapusterkadang memang begitu, lakukan saja refresh ctrl + f5, dan coba terus untuk melakukan sinkronisasi,
Hapussaya mencoba melakukan pengisian PMP dengan beberapa Komputer . . tapi ternyata di komputer client tidak muncul menu login . . mohon solusi
BalasHapuscoba lakukan install ulang browser dengan versi terbaru, kalau kami sarankan menggunakan mozila firefox
Hapusmohon solusinya tmn,pmp ku sering lemot dan saya keluar'in..mau msuk lg muncul pengguna tdk d tmukan atau password salah.
HapusPMP lemot, kemungkinan karena faktor spesifikasi laptop, dan laptop sudah banyak instal aplikasi lain-lain. Di beberapa kasus, antivirus kadang malah membuat laptop menjadi lemot karena spesifikasi laptop yang pas-pasan,
Hapusuntuk pengguna tidak ditemukan, pastikan tidak salah ketik,
mw tanya pak .. saat saya mw sinkron pmp keluar tulisan pengguna tidak aktif .. itu bagaimaana caranya pak
BalasHapuskmren sdh saya uninstal dan regis lagi ... dan saat mw sinkron ttp gk bsa
kita tunggu saja info terbaru tentang aplikasi PMP, nampaknya kegiatan PMP ini bisa dikatakan gagal
Hapusmohon solusinya setiap kali sinkron pmp selalu "sever sedang sibuk, silakan dicoba beberap menit lagi"...walaupun sinkronnya jam 04:00 pagi.
BalasHapusmohon solusinya setiap kali sinkron pmp selalu "sever sedang sibuk, silakan dicoba beberap menit lagi"...walaupun sinkronnya sampe jam 04:00 pagi.
BalasHapusMohon solusinya, utk pmp tingkat sd. setelah di instal aplikasinya login..trus jumlah pengisi kusioner tidak lengkap hanya satu orng guru dan satu kepsek ..jumlah guru yg sebenarnya 10 orng,, masalahnya skrg dimana data guru yg lain tidak ada sehingga tidak bisa mengisi kisionernya...gan solusinya.
BalasHapus