5 DAFTAR ERROR APLIKASI PMP DAN SOLUSINYA

Tidak dapat dipungkiri Operator Sekolah (OPS) memang keren, bugs atau error yang masih ada pada aplikasi PMP 2019 Versi Offline tidak menyurutkan antusias dalam mengerjakan tugas untuk membatu para responden Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk mengisinya. Pada postingan ini akan kami share daftar error bugs aplikasi PMP dan solusi cara mengatasinya. Kami coba rangkumkan dari berbagai sumber media sosial operator, maupun di grup yang saling sharing tentang PMP. Kalau begitu langsung saja berikut adalah:

5 Daftar Error Aplikasi PMP dan Solusi Cara Mengatasinya

[Daftar Isi]


1. Tidak Bisa Login PMP Karena Gagal Registrasi

Khasus ini adalah untuk yang pertama kali menginstal aplikasi PMP Offline, setelah registrasi tetapi tidak bisa login malah muncul keterangan "Pengguna tidak ditemukan atau password salah. Mohon cek kembali informasi pengguna Anda"

error tidak bisa login pmp
tampilan login aplikasi PMP

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, karena kemungkinan besar masih belum betul atau ada langkah yang terlewatkan saat registrasi. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam registrasi PMP Offline:

  1. Gunakan prefill nasional untuk registrasi PMP.
  2. Email/username diisi: u_prefill_pmp   Kata Sandi/passwordnya: p4ssw0rd_pmp
  3. Masukan prefill nasional ke folder: c:/prefill_dapodik
  4. Pastikan tidak keliru memasukan kode registrasi koreg dapodik, salah satu huruf saja nantinya tidak akan bisa login, karena disini kita tidak bisa mengecek atau tidak adanya pemberitahuan apakah koreg yang dimasukan benar atau salah, akan langsung dibawa ke halaman login.
  5. Setelah berhasil registrasi, lanjutkan login dengan username dan password operator dapodik.
  6. Selengkapnya baca di sini.
upate 29/11/2019: Gunakan Patch 2019.11.21
dan pastikan PMP DB Runing

2. Tidak Bisa Login di Laptop Client

PMP adalah aplikasi berbasis web yang dirancang canggih berbasis web, sehingga bisa dikerjakan dari laptop/komputer lain yang terhubung dengan jaringan baik itu local maupun internet. Pada PMP 2019-11 ketika tidak bisa login di laptop client silahkan ganti setingan pada file js.

 Silahkan ke postingan: 3 Solusi PMP Offline Tidak Bisa Dibuka di Jaringan
Baca juga cara:
1. Membuka PMP Menggunakan Wifi dan hotspot seluler
2. Mengonlinekan aplikasi PMP

3. Kuesioner PMP Kosong

Bugs yang masih ditemukan pada aplikasi EDS PMP adalah masih kosongnya kuesioner dan terdapat perbedaan dengan kuesioner versi cetak. Sehingga progres pengisian kuesioner tidak bisa 100%. Seperti kuesioner untuk Kepala Sekolah pada bagian B. Isi Pendidikan - Butir Pihak-pihak yang telah mendapatkan sosialisasi pedoman penyusunan kurikulum di sekolah Anda tidak ada pilihan jawabanya.

Adapum untuk mengatasi hal tersebut silahkan melakukan sinkronisasi. Fitur sinkronisasi ada pada aplikasi PMP, dan ini merupakan teknologi yang canggih. Cara sinkronisasi silahkah baca di sini.

4. Responden PMP  PTK Kurang

Dibeberapa kasus terdapat responden PTK cuma ada 2 orang atau masih kurang berbeda dengan yang ada di dapodik. Solusi untuk Responden PTK kurang silahkan menggunakan cara berikut:

  1. Login pada aplikasi PMP Daring / Online : http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745
  2. Selanjutnya pilih menu "Pengaturan" --- "Manajemen Pengguna" --- Kemudian tekan menu strip tiga yag ada pada pojok atas. 
    responden PMP tambah manajemen pengguna
  3. Pilih menu "salin PTK dari dapodik", 
    responden PMP salin ptk dari dapodik
  4. Kemudian pilih PTK yang akan disalin sesuaikan saja dengan kebutuhan minimal responden, supaya nantinya database tidak terlalu besar. Beri tanda ceklist --- kemudian klik tombol "Salin Data"
  5. Setelah itu lakukan sinkronisasi PMP.

5. Sinkronisasi PMP Disconnected.

Ketika akan sinkronisasi muncul keterangan koneksi anda dengan internet: DISCONNECTED, berikut ini beberapa tipsnya:

1. Lakukan refresh halaman CTRL + F5
2. Pastikan koneksi internet Anda stabil
3. Pastikan layanan internet profider tidak diblok server, coba gunakan layanan nomor provider lain.
4. Gunakan VPN, jika hanya punya satu layanan provider

========
Jika masih belum bisa sikron PMP karena DISCONNECTED, coba lakukan langkah berikut,
1. Login pada aplikasi dapodik, ke menu sinkronisasi. tetapi jangan sampai sinkron, cukup lihat apakah di dapodik statusnya connected.

2. Jika sudah silahkan kembali ke menu sinkron PMP, lakukan refresh, jika berubah menjadi connected berarti cara ini memang berpengaruh.

3. Kami sendiri tidak tahu siapa  sumber yang share tutorial ini, tapi sangat bermanfaat.
Coba bagikan tutorial ini ke teman yang belum bisa sinkron PMP
=========

TAMBAHAN:

SINKRON PMP KONEKSI INTERNET LAMBAT

Kasus ini adalah ketika melakukan sinkron PMP muncul keterangan "Koneksi Internet Lambat" padahal koneksinya cepat pakai paketan bulanan dan bisa lancar untuk membuka video di Youtube. Beberapa operator menyebutnya ini fitnah, hehe,, ya boleh saja..

Lalu bagaimana solusinya? Sebelum kita lanjutkan perlu diketahui bahwa sinkronisasi itu terjadi 2 arah pengiriman data yaitu dari lokal ke server dan dari server ke lokal, jadi kemungkinan besar keterangan koneksi internet lambat ini dikarenakan kondisi rerver yang lemah.

Adapun solusinya, silahkan gunakan waktu-waktu sekiranya server sedang sepi, seperti tengah malam, atau dinihari.

Aplikasi PMP Blank Hitam Setelah Update Patch (Selengkapnya)

Error : Tidak bisa melakukan koneksi dengan database PMP1001 (Selengkapnya)

Progres Kemajuan Pengisian Tidak Bisa 100% ( Selengkapnya )

Seperti itulah yang bisa kami bagikan tentang daftar error aplikasi PMP 2019 beserta solusinya, semoga masalah error yang teman-teman operator sekolah saat mengerjakan PMP dapat teratasi. Sekian, semoga bermanfaat.

54 Komentar untuk "5 DAFTAR ERROR APLIKASI PMP DAN SOLUSINYA"

  1. Poin no.3 isi pendidikan masih tidak bosa 100% walaupun disinkron pak.
    Memang kuesioner yg tampil tidak 11 lagi.
    Hanya 10 tapi yg harus di isi tetap 11 dipemberitahuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan disinkron lagi, mungkin perlu 2x sinkron

      Hapus
    2. Mohon izin bertanya bapak ibu operator. Saya sudah ngisi kuisoner satu murid memang kuisoner diaplikasi ny poin d sama e tidak ada.. Tapi koq masih 0 persen ya

      Hapus
  2. Sinkronisasi daring bagaimana? Menunya dmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menu sinkron hanya ada pada pmp versi online, gunanya agar antara pmp offline dan online bisa sama,

      Hapus
  3. Kenapa yah klo stiap sy mau lakukan sinkronisasi pada PMP offline, sllu tdk bisa. Mohon solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ========
      Jika masih belum bisa sikron PMP karena DISCONNECTED, coba lakukan langkah berikut,
      1. Login pada aplikasi dapodik, ke menu sinkronisasi. tetapi jangan sampai sinkron, cukup lihat apakah di dapodik statusnya connected.

      2. Jika sudah silahkan kembali ke menu sinkron PMP, lakukan refresh, jika berubah menjadi connected berarti cara ini memang berpengaruh.

      3. Kami sendiri tidah tahu siapa sumber yang share tutorial ini, tapi sangat bermanfaat.
      Coba bagikan tutorial ini ke teman yang belum bisa sinkron PMP
      =========

      Hapus
    2. Sudah sangat benar sekali dan kami sudah 100% data terkirim ke server pusat dan masih mnunggu hasil raport dari pengawas..

      Hapus
    3. Mantap @ SMK TUNAS KARNYA, nampaknya tiap responden mengisi langsung menggunakan laptop/smart phone

      Hapus
  4. Saat Sinkron muncul keterangan "Pengguna Tidak Aktif". Mohon solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk masalah "Pengguna Tidak Aktif" sinkron PMP kami belum dapat info cara mengatasinya, coba ceritakan kronologinya, kapan terakhir sinkron atau baru mau pertama sinkron. Coba sebelum login menggunakan akun operator di hapus history chache terlebih dahulu.

      Hapus
  5. Mohon solusi login pmp daring gk bisa msuk password salah padah dah benar..ada solusika

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan tidak ada yang salah ketik saat melakukan registrasi, baik itu username, password, dan kode registrasi. karena kita gak pernah tau apakah registrasi berhasil atau tidak karena akan langsung diarahkan ke halaman login.

      Hapus
  6. Kapan bisa Hitung Raport Mutu, Hasil Raport Mutu dan Pakta Integritas karena semua data sudah 100% dan terkirim ke Server Pusat

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperinya menunggu, verifikasi dan validasi dari pengawas sekolah binaanya

      Hapus
  7. Setiap kali saya mau sinkron selalu gagal dan muncul "Koneksi internet lambat". Saya sinkron sekitar pk 13.30. Kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang kami amati kashus "Koneksi internet lambat" untuk saat ini karena faktor servernya yang hampir melampaui kapasitas, karena banyaknya sekolah yang melakukan sinkron PMP, silahkan dicoba trus atau sinkron saat jam tidak sibuk, seperti tengah malam, dan pagi dini hari.

      Hapus
  8. Maaf pak bagaimana dngn SD ndg bisa mencapai 100% respondenx bagian Guru krn cuma ad 8.. guru...6 guru kelas dan 2 guru mapel jdi hax mencapai 80%..sdngkn d aplikasi minta 10 guru. bgmn solusix???...trima kasih

    BalasHapus
  9. menu singkron
    Error : Tidak bisa melakukan koneksi dengan database PMP1001
    mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dicoba panjung menggunakan sinkron dapodik

      Hapus
    2. pny jg seperti itu pak,sdh dpiancing sma dapodik tetep seperti itu gimana solusinya

      Hapus
    3. Error : Tidak bisa melakukan koneksi dengan database PMP1001, untuk kasus ini pastikan DBPMPnya runing, masuk ke service, lakukan start/restar

      Hapus
  10. Sudah mencoba cara di atas namun tetap tidak bisa, sudah ganti jaringan berbeda 3x tetap naik koneksi internet lambat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara yang kami share diatas tidak ada yang membahasa tentang masalah koneksi lambat. koneksi lambat itu karena server pmp itu sendiri

      Hapus
  11. Sudah mencoba cara di atas namun tetap tidak bisa, sudah ganti jaringan berbeda 3x tetap naik koneksi internet lambat.

    BalasHapus
  12. Sudah mencoba cara di atas namun tetap tidak bisa, sudah ganti jaringan berbeda 3x tetap naik koneksi internet lambat.

    BalasHapus
  13. Sudah mencoba cara di atas namun tetap tidak bisa, sudah ganti jaringan berbeda 3x tetap naik koneksi internet lambat.

    BalasHapus
  14. Koneksi internet lambat, jaringan sdh full ok

    Adakah solusinya

    BalasHapus
  15. slamat siang teman" ops saya punya pmp komite sama siswa sdh terisi kosuiner semua waktu perhitungan raport siswa dan komite tidak ada padahal sdh terisi semua makasih mohon bantuan teman" ops saya dari sd negeri 30 ambon

    BalasHapus
  16. gimana solusi buat pmp 2019 siswa dan komite sdh di isi kusioner samua selesai waktu perhitungan raport siswa dan komite belum terisi

    BalasHapus
  17. saat mau sinkron tertulis pengguna tidak aktif itu bagaimana pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan login sebagai akun operator, kami sarankan untuk melakukan clear histori dan chace browser

      Hapus
  18. pada saat sinkron selalu minta kode, username dan pasword,, setelah diisi selalu jawabannya salah,, bagaimana solusinya

    BalasHapus
  19. mohon solusinya saya mau singkron pmp (pada jam tidak sibuk sekitar jam 3 dini hari ) namun tetap ga bisa singkron keterangannya : Kami sedang melakukan maintenance. Sinkronisasi tidak bisa dilakukan saat ini..kenapa ya min apa memang sedang maintenance apknya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat kami membalas komentar Anda, server PMP sedang maintenance

      Hapus
  20. Bgaimana solusinya disingkron tpi selalu gagal koneksi internet lambat itu terus keterangannya padahal jaringan cukup bagus dan stabil mohon solusinya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba gunakan jam yang sekiranya sedikit yang melakukan sinkron, seperti tengah malam. saat kami membalas komentar Anda PMP sedang maintenance

      Hapus
  21. Bagaimana solusinya kalau mau sinkronisasi tertera "Tidak bisa melakukan koneksi dengan database PMP 1001" ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba registrasi ulang mas

      Hapus
    2. pastikan DBPMP nya jalan, buka pada service

      Hapus
  22. ap bisa sinkron klo beru isi kuisioner kepsek ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, namun saat kami membalas komentar Anda, server PMP sedang maintenance

      Hapus
  23. Adakah VPN yang unlimited (gratis) 😂😂😂

    BalasHapus
  24. Untuk Registrasi mohon solusi.
    Username dan Pasword Dapodik tidak diketahui.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan gunakan password dan username dapodik terbaru,

      Hapus
  25. sd kami sudah coba beberapa kali sinkron ada tulisan "Silahkan update aplikasi sinkronisasi Anda dengan versi terbaru " mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan tunggu rilis aplikasi versi baru,

      Hapus
  26. Kenapa ya aplikasi pmp saya tampilannya blank, padahal saya sudah registrasi sesuai aturan hingga berulang kali, saya pun sudah memindahkan prefil pmp saya ke local c : prefil_dapodik,
    Tapi msh saja blank tampilannya??

    Mohon solusinya pak ops,

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk lebih lengkap mengenai pmp blank hitam silahkan ke postingan ini, https://www.tasadmin.id/2019/12/solusi-aplikasi-pmp-menjadi-blank-hitam.html

      Hapus
  27. terima kasih infonya sangat membantu

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel