CARA SINKRON PMP OFFLINE 2019

Assalamualaikum Wr. Wb.

Baik, teman-teman operator PMP, pada postingan ini izin sharing bagaimana cara sinkron PMP Offline 2019. Sepertihalnya Dapodik, pada aplikasi PMP Versi Offline juga ada menu sinkronisasi.

Menu Sinkronisasi adalah menu yang digunakan untuk mengirimkan data ke server pusat yang sudah diisi secara lengkap dan benar. Berikut cara untuk menampilkan halaman Sinkronisasi:


  1. Klik menu Sinkronisasi, seperti pada gambar berikut ini: 
  2. Jika muncul permintaan login menggunakan kode registrasi silahkan masukgan koreg dapodik  
  3. Selanjutnya jika tidak bisa login malah muncul keterangan Pengguna atau password salah, silahkan refresh halaman atau ctrl + f5
  4. Lanjut dengan klik tombol sinkronisasi, proses sinkronisasi akan berjalan dan pastikan koneksi internet stabil, disarankan tetap membuka halaman ini saat sinkronisasi. 
  5. Ketika sudah selesai sinkron dan berhasil akan muncul keterangan sinkronisasi selesai, dan menampilkan waktu sinkronisasi. Ditampilkan juga data-data yang di kirim ke sever maupun data yang masuk ke lokal. 



Nah, seperi itulah cara sinkron PMP, jadi dari menu ini kita bisa tahu untuk pengiriman data PMP tidak harus menunggu semua pengisian kuesioner selesai.

Secara desain aplikasi PMP ini memang canggih, sebelumnya saya juga pernah mendengar di video bahas dapodik, kurang lebih bahwa untuk membuat satu tombol ini, tapi rumit untuk membuatnya.

Lihat juga postingan sebelumnya: 6 Tips Sinkronisasi Dapodik Lancar 

Perbedaan PMP 2018 dengan PMP 2019

update 15/12/2019:
Saat ini pada aplikasi PMP Versi 2019.12.18 memberlakukan jadwal sinkron (lihat di sini)

Jika terjadi muncul keterangan "tidak terkoneksi dengan database server" padahal sudah sesuai jadwal, silah reload/refresh CTRL + F5 kemudian klik lagi tombol sinkron

Demikian yang bisa kami share, mudah-mudahan bermanfaat. Dan tujuan utama aplikasi PMP dapat sesuai harapan yang intinya ada pada pengisian kuesioner yang dilakukan oleh masing-masing responden (Guru, Kepala Sekolah, Siswa, Orang Tua Siswa). Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

15 komentar untuk "CARA SINKRON PMP OFFLINE 2019"

  1. Ini sinkorn PMP gagal trus, yg server sibuklah, yang jaringan lambat pdahal saya cek ping bagus, internet udah pake yg 50mbps kurang apa coba ><

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul server sibuk, silahkan coba ping server pmp.

      Hapus
  2. setiap kali sinkron PMP selalu muncul pesan "Koneksi internet lambat." Padahal koneksi ini yang selalu saya gunakan untuk sinkron Dapodik (yang datanya biasanya lebih banyak dari data PMP). Akibatnya sinkron PMP selalu macet. Ada solusi, gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurt kami pesan koneksi lambat saat sinkron PMP adalah karena servernya yang kelebihan muatan,

      Hapus
  3. mohon pencerahan nya klo mau sinkron keterangan nya seperti ini bagaimana "Error : Tidak bisa melakukan koneksi dengan database PMP1001"???

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kasus ini, kami belum paham, coba gunakan dapodik 2020 patch 2,

      Hapus
  4. OPS, saya mau nanya isian kuesioner Kepsek saya tidak bisa 100% di poin B, apabenar solusinya saya sinkron dulu seadanya.

    BalasHapus
  5. OPS, saya mau nanya kenapa setiap mau sinkronisasi PMP selalu keluar kata2 Silahkan update aplikasi sinkronisasi Anda dengan versi terbaru. apa solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan akan ada update versi aplikasi baru,

      Hapus
  6. susah sinkron muncul tulisan ini terus "Tidak terkoneksi dengan database server". udah di refresh terus terusan begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba terus, jalur sedang padat merayap semangat...

      Hapus
  7. assalmualikum,saya mau tnya tidak bisa sinkron pmp,setelah klik sinkron trus muncul kode registrasi dan pasword salah.dan stelah itu refresh klik sinkron lagi muncul seperti ini ''jadwal sinkron di sekolah anda sabtu.bgimna solusinya jika seperti ini terimkasih.wasslm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, langkah sinkronisasi yang sobat lakukan telah betul. namun perlu diketahui bahwa untuk sinkron pmp, diberlakukan jadwal masing-masing provinsi. Selengkapnya tentang info jadwal dapat dilihat pada postingan berikut ini: https://www.tasadmin.id/2019/12/aplikasi-pmp-2019-12-18.html

      Hapus
  8. prefiil pmp tidak bisa di download apa penyebabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan karena kendala pada server, atau sedang perbaikan

      Hapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK