SOLUSI APLIKASI PMP MENJADI BLANK HITAM

Sharing saja, sebenarnya saya sendiri merasa agak gimana gitu degan aplikasi PMP seperti tidak ada manfaatnya dari aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan PMP. Tentunya PMP ini menggunakan anggaran yang tidak sedikit dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari PMP berupa Pemetaan Mutu Pendidikan melihat kondisi mutu apakah bisa? disisi lain yang mengisi kuesioner Evaluasi Diri Sekolah (EDS) juga kebanyakan digarap oleh operator sekolah, yang seharusnya diisi oleh masing-masing responden, ditambah munculnya aplikasi yang bisa menyalin jawaban. Hehhe kompleks juga ya... hasil PMP ini dengan tampilan grafik - grafiknya maupun raport mutunya, masih sangat bisa disanggah dan diperdebatkan. hehhee...
Solusi cara mengatasi aplikasi PMP offline blank setelah update


Kembali ket topik, Aplikasi PMP menjadi Blank Hitam setelah patch 2019.11.21. Ada beberapa kasus yang dialami tenaga administrasi sekolah / operator mengalami pmp menjadi blank hitam. Kasus ini ditanyakan solusinya melalui media sosial yang mereka punya, ditambah semakin banyak ternyata yang ditanyakan ini bukan punya sendiri tapi PMP milik teman.

Ada beberapa postingan yang yang intinya menanyakan kenapa setelah di patch pmp 2019.11.18 (tidak rilis resmi) dan patch pmp 2019.11.21 PMP malah menjadi blank hitam padahal sudah banyak isi kuesioner, bagai mana ini?


Selanjutnya bebera komentar yang muncul, ya karena orang banyak komentarnya juga macam-macam, mungkin yang tanya malah bingung he. Yang saya amati yang populer intinya sebagai berikut:

  1. Lakukan refresh history browser dan chace.
  2. Lakukan backup PMP, (lah emang ada fitur backup PMP?) beberapa membuatkan tutorial backup manual melalui copy folder dataweb dan database, ada juga yang membuatkan script batch menggunakan cmd yang cara kerjanya juga sama mengcopy folder dataweb dan database.
  3. Lakukan update browser.
  4. Lakukan patch 2019.11.18 kemudian 2019.11.21, selanjutnya 2019.11.18 kemudian 2019.11.2, selanjutnya 2019.11.18 kemudian 2019.11.2, selanjutnya 2019.11.18 kemudian 2019.11.2, selanjutnya 2019.11.18 kemudian 2019.11.2,  (pusing kan wkwkwkw)


Yang membuat sedih, ternyata komentar solusi yang diberikan penanya tidak memberikan balasan apakah trik/cara yang diberikan berhasil.

Baik, untuk memberikan solusi tentu harus tau duduk permasalahanya.

Lalu apakah benar penyebab PMP Blank adalah karena update patch PMP? Lalu mengapa banyak juga yang tidak mengalami masalah setelah update patch.

Dan setelah saya coba-coba, ternyata ini hanya karena browser yang digunakan untuk membuka PMP tidak suport script PMP ataupun meloadnya.  Kok bisa tau? ya karena saya coba  download mozila versi lama dan ternyata benar kalau untuk membuka PMP jadi blank. Selain itu saya scrol-scrol yang menanya di grup ada terlihat menggunakan browser versi lawas, ada juga yang memposting bisa membuka PMP di server, tapi ketika di client tidak bisa.

Solusinya tentu mudah tinggal update browser / peramban Anda.... beberapa browser yang sering poluler adalah:

1. Google Chrome (update di sini)
2. Mozila Firefox (update di sini)
3. Microsoft Edge  (update di sini)

Sudah update browser kenapa masih blank? mungkin ada faktor lain seperti kinerja laptop yang berat sehingga tidak bisa meload script aplikasi PMP.

Baca juga: Update Pacth PMP 2019.11.21 Resmi

Demikianlah tentang Solusi PMP Blank Hitam, semoga bermanfaat untuk teman-teman tenaga administrasi / operator sekolah, bagikan postingan ini yang mengalami kendala tersebut diatas. Terima kasih

3 Komentar untuk "SOLUSI APLIKASI PMP MENJADI BLANK HITAM"

  1. mau tanya kalau masih blank semisal di unintal apakah berpengaruh

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika di uninstal dan belum sinkron, tentunya akan entry ulang

      Hapus
  2. kalo saya coba cara ini bro/sis...

    1. buka broser krom, mozila, ie atau yg laen
    2. ketik diaddress bar: localhost:1745/login
    3. silakan registrasi kalo belom bisa login
    4. jika udah pernah login langsung masukan username dan password dapodik
    5. selesai

    sumber:
    https://sdndabung2.blogspot.com/2019/11/cara-mengatasi-error-aplikasi-pmp-offline-2019.11.21.html

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel