Kerjaan Operator Sekolah Entri Data Dapodik

Daftar Isi
Pada postingan ini saya akan nglindur saja menulis tentang apa yang saya pikirkan tentang pekerjaan saya sebagai operator sekolah suatu sekolah dasar. Sebenarnya status operator sekolah itu ngambang. Tidak ada operator sekolah adanya petugas pendataan. Mungkin pekerjaan entri data ini kalau di jenjang SMP atau SMA dikerjakan oleh Tata Usaha (TU).

Setiap semester aplikasi dapodik selalu memperbaharui versinya baik berupa updater dan installer. Updater digunakan untuk perubahan kecil pada aplikasi sehingga tidak perlu install ulang. Versi fresh installer artinya kita harus menginstall ulang aplikasi dapodik istilah kerennya adalah inul hehehe.

Disetiap awal rilis aplikasi dapodik dalam bentuk installer ini kadang bikin gregetan juga karena website resmi dapodik tidak dapat dibuka dengan lancar bahkan error. Ini dikarenakan banyaknya operator yang sedang mengakses halaman tersebut. Selain kesulitan untuk mendownload file installer operator perlu mengunduh file prefill. Operator bisa instal dapodik tanpa unduh prefill yaitu dengan cara registrasi online. Namun karena masih awal rilis kemungkinan server registrasi online juga sedang di serbu operator. Hehehe

Saya sudah berhasil install dan registrasi dapodik, awalnya saya juga bingung karena aplikasi bisa dibuka dan login tapi beberapa saat langsung loggout karena muncul keterangan Terdeteksi versi Database 2.98d. Saya sempat galau juga dan coba install ulang. Dan setelah diinstall ulang ternyata sama masih gak bisa... dan ternyata.... setelah melihat info di grup facebook operator ternyata hanya cukup hapus histori browser. Sebelumnya saya posting tentang: Daftar Eror Dapodik 2020 dan solusinya.

Dapodik 2020 ini ada isian baru, salah satunya adalah nomor KK.  Nomor NIK pada 2020 wajib dientri dan nomor KK masih bisa dikosongkan. nah ini. .. nomor NIK dan KK terdiri dari 16 digit. bayangkan deh dituntut ketelitian dalam entri ini. Untung nya yang versi sebelumnya saya udah masukan nomor NIK.

NIK adalah singkatan dari Nomor Induk Kepegawaian. Sebelum sudah ada wacana katanya NISN nomor induk Siswa Nasional Akan diganti NIK. Data ini akan terintegrasi dengan Dukcapil. Dan di Dapodik 2020 ini saat tarik PD sudah bisa diketahui jika salah satu siswa salah entri NIK. Nomor NIK sudah dipakai siswa.

Baca juga:

  1. Cara menambahkan siswa baru di dapodik
  2. Cara mengisi kepala sekolah di dapodik
  3. Cara tarik PD online
  4. Spesifikasi Minimal Laptop Dapodik
  5. Membuat Akun guru di dapodik
  6. Mengisi riwayat gaji berkala di dapodik
  7. Memperbaiki Siswa salah kelas rombel
  8. Mengubah username dan password dapodik
  9. Lupa Password dan koreg dapodik


Sebenarnya masih banyak lagi yang harus diisikan pada Dapodik baik yang wajib maupun masih bersifat sunah. Data lengkap dan berkualitas tentu sangat berharga. Ayo lengkapi data Dapodik,  bisa jadi dapat penghargaan atau reward dari kemdikbud.

Berhubung lagi malas nulis dan bukan seorang penulis, cukup sekian. Yang pasti saya adalah operator yang diberikan upah untuk entri data... semangat... semoga berkah

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

1 komentar

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.
Comment Author Avatar
1 Maret 2021 pukul 12.12 Hapus
waahh..
kalau bisa tau pak, entri data apa saja itu ya pak??