Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Siswa Salah Masuk Kelas Dapodik 2020

Dapodik selalu memperbaiki metode validasinya disetiap rilis versi baru untuk menjamin kevalidan data yang dientry sekolah. Salah satunya adalah tidak bisa mengubah tingkat kelas. Untuk mengubah rombel masih bisa misal dari kelas 3A ke 3B, yang tidak bisa adalah mengubah tingkat kelas misal dari kelas 1 ke kelas 3. Aturan ini sudah dimulai di dapodik versi 2019c dan sekarang dapodik versi 2020. Hal ini karena pada versi sebelumnya ada sekolah yang menambahkan data peserta didik tidak sesuai prosedur, misal ada mutasi siswa kelas 3 ditambahkan melaui tambah siswa baru kelas 1 kemudian diubah / dimaping ke kelas 3. Rombel adalah singkatan dari rombongan belajar, dan tingkat kelas contohnya tingkat kelas SD = I, II, III, IV, V, VI, SMP =  VII, VII, IX,  SMA = X, XI, XII
Cara memperbaiki siswa salah masuk kelas rombel dapodik

Lalu bagaimana jika salah memasukan kelas tidak disengaja? Misal kita salah melakukan tarik PD online dimasukan ke kelas yang bukan seharusnya. Nah berikut ini cara mengatasi / memperbaiki data siswa yang salah masuk kelas.
  1. Cara pertama (sesuai pada panduan dapodik 2019c), Lapor ke operator dinas pendidikan. Selanjutnya operator dinas pendidikan akan memindahkan sesuai kelas rombelnya. Operator sekolah kemudian melakukan sinkronisasi.
  2. Cara kedua, Siswa / PD tersebut keluarkan/mutasikan dulu dengan diisi keterangan salah tingkat rombel. Setelah sinkron siswa tersebut akan masuk ke web manajemen PD. Tarik PD dari sekolah sendiri masukan ke rombel yang seharusnya. Lanjutkan sinkronisasi. ( update 27/2/2020, Mulai Dapodik Semester 2 T.P. 2019/2020 cara ini sudah tidak bisa giunakan lagi.
Demikian, postingan singat cara / solusi mengatasi siswa yang salah masuk kelas rombel pada aplikasi dapodik.
---
Lihat juga:
1. Cara Tarik PD Online
2. Cara membuat akun login guru
3. Mengisi Riwayat Gaji Berkala
---
Dikutip dari buku panduan dapodik 2019c.
Fitur ini ditambahkan pada versi 2019.c untuk mencegah kesalahan penginputan pada anggota rombel khususnya yang turun kelas atau loncat kelas pada periode semester yang sama. Daftar peserta didik yang belum masuk ke dalam tabel anggota rombel akan ditampilkan pada tabel sebelah kanan dan hanya menampilkan peserta didik pada tingkat yang sama.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

10 komentar untuk "Memperbaiki Siswa Salah Masuk Kelas Dapodik 2020"

  1. tapi jadi ganda siswanya pak. 1 di kelas lama dan 1 juga di kelas baru. gmn y solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. keluarkan saja saja, tulis pada keterangan double catat

      Hapus
  2. Biasanya ketika mengeluarkan pd hanya muncul pada kelas yang sama ketika akan memasukan pd rombel sebenarnya nama pd tidak muncul

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya bagaimana ya?
      intinya untuk memasukan ke rombel tujuan pada manajemen dapodik, jangan sampai keliru kelas, karena disana tidak otomatis masuk rombel/tingkat. perlu dipahami bahwa dibeberapa sekolah memiliki lebih dari satu rombongan belajar (rombel) di setiap tingkatnya. misal 2A 2B 2C,

      Hapus
  3. Pak, Jika ada siswa baru pindahan tapi di dapodikdasment tidak terbaca sekolahnya trus gimana cara memasukkannya pak ???
    trus 1 lagi pak jika siswa pindahan tidak ada NISN gimana prosedurnya tu pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dimaksud "tidak terbaca sekolahnya" bagaimana ya? untuk siswa pindahan pastikan sudah dikeluarkan dari dapodik sekolah asal, dan mintalah surat mutasi yang dicetak pada dapodik online.

      NISN akan diberikan otomatis jika sudah ada pada aplikasi dapodik. untuk jenjang SD NISN akan diproses pada bulan September, jadi apabila siswa kelas 1 belum tercatat sampai September maka akan diproses pada tahun ajaran berikutnya.

      Hapus
  4. Maaf Pak, berarti per Maret 2020 ini kalau ada siswa yang salah masuk rombel, harus ke dinas pendidikan setempat nggeh ?
    Sudah tidak bisa menggunakan cara kedua seperti yang Bapak sebutkan nggeh ?
    Terimakasih

    BalasHapus
  5. Jadi, solusi peserta didik salah rombel saat tarik PD hanya bisa dilakukan dengan menghubungi operator dinas pendidikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tarik pd memasukkan kelas nya keliru harusnya kelas 5 kliru kelas 1 gimana solusinya

      Hapus
  6. cara mengatasi tarik pd yang kelasnya keliru bagaimana harusnya kelas 1 dimasukkan kelas 5

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.