Aplikasi Olah Nilai Ijazah SD Tahun 2023 Sesuai Juknis

Daftar Isi

 Assalamulaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, kita semua diberikan nikmat sehat sehingga dapat beraktifitas untuk meraih keberkahan dunia dan akhirat.

Melaui postingan ini saya akan berbagi sebuah aplikasi berbasis excel yang diharapkan dapat membantu mempermudah Bapak/Ibu Guru di jenjang Sekolah Dasar (SD) untuk mengolah nilai ijazah sekaligus mencetak Surat Keterangan Lulus (SKL).

Aplikasi Ijazah SD Tahun 2023 dan SKL
Tampilan Aplikasi Ijazah SD Tahun 2023 dan SKL


Mesikpun sudah banyak aplikasi berbasis web yang canggih, aplikasi excel yang terkenal sebagai aplikasi pengolah angka masih sangat berguna dalam mengolah nilai ijazah.

Surat Keterangan Lulus (SKL) biasanya digunakan sebagai syarat pendaftaran siswa baru di jenjang selanjutnya.

A. Dasar Penyususnan Aplilasi Nilai Ijazah dan SKL SD Tahun 2023

Dalam perkembanganya kebijakan tentang pendidikan juga ikut berubah menyesuikan dengan perkembangan zaman, termasuk juga tentang Juknis Ijazah.

Sebelum lanjut, silahkan baca terlebih dahulu:

  1. KRITERIA/SYARAT KELULUSAN SD, SMP, DAN SMA/SMK TAHUN 2023
  2. JUKNIS IJAZAH TAHUN 2023

Menurut pemahaman saya, pada tahun 2023 ini atau tahun pelajaran 2022/2023 sekolah tidak perlu lagi mengadakan kegiatan Ujian Sekolah (US) karena sudah dihapuskan dan nilainya tidak digunakan dalam pengolahan nilai ijazah.

Kemudian untuk nilai yang diolah sebagai nilai Ijazah jenjang Sekolah Dasar (SD) adalah nilai rata-rata raport kelas V (lima) dan VI (enam).

Kalau tahun-tahun sebelumnya nilai raport kelas IV (empat) ikut digunakan dalam mengolah nilai ijazah.

Jika pemahaman saya keliru, boleh kiraya dikoreksi melaui kotak komentar di bawah ini.

B. Fitur Aplikasi Ijazah SD Tahun 2023

Seperti pada umumnya aplikasi berbasis excel, aplikasi olah nilai ijazah dan cetak SKL ini terdiri dari beberapa sheet untuk mengolah nilai dan sheet cetak menggunakan rumus Vlookup.

Berikut ini adalah fitur sekaligus cara penggunaannya.

1. Sheet Menu Aplikasi Ijazah SD Tahun 2023 

menu aplikasi ijazah sd tahun 2023

Disini saya mencoba membuat tampilan aplikasi yang seperti aplikasi berbasis web, sayangnya ini cuma tampil di sheet menu saja. Yang bagus harusnya bisa tampil di semua sheet. Hal ini tidak bisa saya lakukan karena langkah membuat menu seperti ini harusnya dilakukan dari awal penyusunan aplikasi. Aplikasi ini merupakan modifikasi dari aplikasi sebelumnya yaitu Aplikasi Ijazah SD Tahun 2021.

2. Sheet Data Siswa

Disini silahkan masukan data nama siswa yang betul dan valid. Jika Anda melakukan copy paste silahkan gunakan Paste Spesial Values agar data yang tercopy hanya isinya saja.

paste spesial values data siswa

Jika Anda sudah menggunakan Microsoft Excel versi 2010 ke atas, maka bisa dilakukan dengan cara cepat dengan Klik Kanan, kemudian pilih icon yang ditunjukan pada gambar diatas.

3. Sheet Data Nilai Raport Kelas V dan VI SD

Silahkan masukan data nilai raport kelas V dan VI semester 1 dan 2. Jika Anda mengcopy paste nilai dari aplikasi raport harus berhati-hati dan teliti karena kadang susunan nomor urut siswa itu berubah dan ada siswa yang keluar masuk.

nilai raport kelas v dan vi

Sebagai pengaman kami menggunakan rumus fungsi pembulan =ROUND untuk mencegah adanya selisih angka dibelakang koma yang tidak tampil. Sehingga akan cocok ketika dihitung menggunakan rumus excel maupun manual menggunakan kalkulator.

4. Sheet Rekap Nilai Ijazah SD Tahun 2023

rekap nilai ijazah sd 2023

Pada tabel ini nilai ijazah diolah dari rata-rata nilai raport. Untuk pembulatan sudah disesuaikan dengan juknis yaitu 2(dua) Angka dibelakang koma.

5. Sheet Cetak Surat Pengumuman Kelulusan

sheet cetak pengumuman lulus sd

Surat Pengumuman Kelulusan biasanya diberikan saat pengumuman kelulusan. Dengan aplikasi ini Bapak/Ibu Guru hanya cukup memasukan nomor absen yang akan di cetak. Untuk KOP dan data sekolah juga sudah dibuat otomatis mengambil data dari sheet menu Aplikasi.

6. Sheet Cetak Surat Keterangan Lulus (SKL)

Surat Keterangan Lulus (SKL) juga sudah disesiakan pada aplikasi ini. Jika formatnya kurang sesuai silahkan disesuaikan termasuk kalimat dan kata-katanya.

Aplikasi Surat Keterangan Lulus SD Tahun 2023

Diaplikasi ini untuk nomor surat juga sudah dibuat agar tiap siswa memiliki nomor seri yang berbeda. Nomor seri surat ini saya sesuaikan dengan nomor urut absen siswa. Jangan lupa menuliskanya di Agenda Surat Masuk dan Keluar sebagai arisip.

Bila kode nomor surat ini kurang tepat silahkan disesuaikan, atau mari pelajari bertama tentang:  Kode Nomor Surat Dinas Yang Sesuai Ketentuan Permendagri 

Adapun kertas yang disarankan untuk cetak surat keterangan lulus pada aplikasi ini adalah ukuran A4, dengan maksud agar ketika difotocopy ada bagian yang bisa untuk legalisir.

7. Cetak Amplop Surat Penumuman Kelulusan

Pengumuman Kelulusan menjadi acara yang bisa membuat deg-degan. Panitia kadang membuat acara agar amlpop pengumuman kelulusan dibuka secara bersama-sama. Di sini sudah disediakan cetak amplopnya yang diberi nama Siswa masing-masing.

amplop pegumuman lulus sd 2023

Agar hasil cetakan pas, jangan lupa mengubah pengaturan ukuran kerta pada print dengan ukuran Envelope. Jika tidak tersedia silahkan diseting manual berukuran 229 x 110 mm.

8. Sheet Rekap Nilai Raport Siswa

Selain kami buatkan tutorial penggunaan aplikasi ini melalui postingan, agar aplikasi ini lebih mudah digunakan kami buatkan videonya juga di youtube. Dari situ kami juga mendapatkan umpan balik melalui kotak komentar yang tersedia. Ada teman kita yang berkomentar:

Apakah bisa ditambahankan sheet untuk rekap nilai rapot kelas 5 & 6 per siswa per satu lembar.

Saya berpikir sejenak, untuk apa ya? owh iya, Penerimaan Peserta Didik zaman now memiliki banyak pilihan jalur yaitu Zonasi, Afirmasi, Prestasi, dan Perpindahan Orang Tua.

Rekap nilai raport siswa bisa digunakan untuk mendaftar jalur prestasi. 

Untuk selengkapnya di sini: Menambah Sheet Keterangan Nilai Raport Aplikasi SKL Ijazah Excel

C. Yang Sering Ditanyakan dan Solusinya.

Walaupun kami sudah berusaha membuatkan panduan dalam bentuk artikel, tetap saja masih ada yang terlewatkan atau kurang lengkap yang menjadi pertanyaan. Berikut ini yang sering ditanyakan dan jawabanya dalam penggunaan aplikasi SKL dan Olah Ijazah ini.


1. Hanya Ada Satu Mulok.

Tanya:

Banyak sekolah yang hanya menggunakan satu Muatan Lokal (Mulok), dan diaplikasi disediakan 3 Mulok. Bagaimana cara mengatasi rekap nilainya, karena nilai rata-rata bisa berbeda.

Jawab:

Solusina mudah, silahkan buka Sheet Rekap Nilai / Nilai Ijazah, kemudian hapus pada kolom nilai yang tidak digunakan termasuk nilai batas minimalnya. Anda tak perlu khawatir dengan rumusnya, karena sudah menggunakan rumus rata-rata average. Bila kurang yakit bisa di cek dulu secara manual menggunakan kalkulator.

Namun bila Bapak/Ibu ingin perfect bisa mengganti rumusnya dari =ROUND(AVERAGE(ijazah[@[3]:[13]]);2) menjadi =ROUND(AVERAGE(ijazah[@[3]:[11]]);2). Angka yang saya tebali menunjukan nomor kolom daftar nilai.




2. Rekap Nilai Tidak Muncul #DIV/0!

Tanya
Sudah memasukan nilai siswa tapi di rekap nilai tidak muncul hanya muncul error #DIV/0!.


Jawab:
Silahkam masukan nilai secara lengkap semua semester, karena ini menggunakan rumus average yang saling berhubungan, maka nilai harus lengkap dulu ya...


3. Surat Keterangan Lulus (SKL) Hanya 1 Mulok

Tanya:
Bagaimana cara cetak SKL apabila sekolah hanya menggunakan 1 mulok?


Jawab:
Silahkan langsung saja edit pada bagian sheet cetak SKL, hapus atau beri tanda strip (-) pada nama mulok dan hapus nilainya.



Jika tidak bisa diketik / terkunci silahkan buka dulu dengan cara klik menu "Review" --- "Unprotect Sheet". Setelah selesai, jangan lula di kunci lagi dengan cara "Review" --- "Protect Sheet" --- "Ok".


Disini Anda tidak perlu menghapus kolom mulok pada masing-masing daftar nilai, abaikan saja atau kosongkan nilainya. Karena tidak ditampilkan di cetak SKL.

4. Tanggal Lahir di SKL menjadi Format Inggris.

Tanya:
Bagaimana cara mengatasi tanggal lahir menjadi format bahasa Inggris?
 
 

Jawab:
Kemungkinan besar karena pengaturan Format Regional seting masih Bahasa Inggris, belum di ubah ke Bahasa Indonesia. Silahkan ubah dulu
 

Anda juga bisa menggunakan cara lain dengan menambahkan kode:[$-421]

=VLOOKUP(nket;siswa;6;0)&", "&TEXT(VLOOKUP(nket;siswa;7;0);"[$-421]d mmmm yyyy")

Ini adalah rumus untuk menampilkan tanggal dalam bahasa lain.

Anda harus menambhkan kode lokal Windows, contohnya:
  • [$-409] - English, Untitled States
  • [$-1009] - English, Canada
  • [$-407] - German, Germany
  • [$-421] - Indonesia
  • [$-21] - Indonesia
Pakai yang [$-421]  atau yang [$-21]? 
Saya juga belum begitu paham maksudnya, tapi bisa di coba saja.

Ada pertanyaan tambahan? bisa dituliskan di kolom komentar di bawah ini.


D. Download Aplikasi Nilai Ijazah SD Tahun 2023

Nah sekarang setelah Anda mengetahui dasar dan fitur serta cara penggunaan aplikasi silahkan jika ingin mencoba langsung. Download file via google drive 

Untuk mempercantik/memperindah surat keterangan lulus, bisa juga ditambahkan bingkai/border sebagai berikut.


Download: Blangko Draf Ijazah Boder Mirip.xlsx

Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis dan mudah dimodifikasi karena rumus-rumus tidak kami sembunyikan sehingga mudah dipelajari.



D. Penutup

Demikianlah yang bisa saya share mengenai Aplikasi Olah Nilai Ijazah dan Surat Keterangan Lulus (SKL) Jenjang SD Tahun 2023 sesuai juknis terbaru berbasis excel.

Semoga bermanfaat untuk Ibu/Bapak yang sedang diberi tugas untuk mengolah ijazah, atau bagi Anda yang sedang belajar utak-atik aplikasi berbasis excel.

Update:

Setelah kami coba pelajari, di JUKNIS PENGOLAHAN NILAI IJAZAH SD, SMP, SMA/SMK TAHUN 2024 tidak ada perubahan kaidah pengolahan nilai. Jadi aplikasi ini masih bisa digunakan.

Aplikasi ini tentunya masih banyak keurangan bahkan mungkin ada yang kurang tepat, kritik koreksi saran masukan dari Anda kami harapkan agar aplikasi menjadi lebih baik lagi.

Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

33 komentar

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.
Comment Author Avatar
18 April 2023 pukul 04.55 Hapus
Terimakasih gan..sangat membantu,kalau ada dibagikan juga aplikasi ijazah 2022/2023 yang SD dong Gan..Terimakasih
Comment Author Avatar
18 April 2023 pukul 16.20 Hapus
Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis karena sheetya tidak di beri password. Berbeda antara di password dengan di protect.

Cara di membukanya (unprotect), klik menu "Review" --- pilih "Unprotect Sheet", silahkan diedit sesuai keperluan.

"Review" ---"Protect Sheet", hal ini agar untuk menjaga rumus terhapus.
Comment Author Avatar
8 Mei 2023 pukul 23.10 Hapus
Maaf... Masih minta password buat buka unprotect nya
Comment Author Avatar
6 Mei 2023 pukul 19.01 Hapus
Apa dasar saudara mengatakan nilai kelas 5 dan 6 saja sebagai nilai ijazah?
Comment Author Avatar
7 Mei 2023 pukul 05.11 Hapus
Dasarnya adalah Kriteria Kelulusan Peserta Didik yang terbuat dalam Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian
Comment Author Avatar
31 Mei 2023 pukul 22.51 Hapus
Tapi Nilai yg muncul di SKL adalah nilai US,bagaimana itu pak?
Comment Author Avatar
1 Juni 2023 pukul 07.46 Hapus
Kalau yg saya pahami nilai SKL harusnya sama dengan nilai ijazah. Silahkan buka youtube Sosialisasi Ijazah 2023 Ditjen SD Kemdikbud. Disitu dijelaskan.
Comment Author Avatar
21 Mei 2023 pukul 08.36 Hapus
Met siang Admin sekolah saya muloknya hanya 2 apa tidak mempengaruhi nilai akhir. terima kasih
Comment Author Avatar
21 Mei 2023 pukul 20.37 Hapus
Tidak mempengaruhi nilai akhir karena menggunakan rumus rata-rata =average
Comment Author Avatar
21 Mei 2023 pukul 08.41 Hapus
Maksudnya tidak ada Bahasa Jawa
Comment Author Avatar
21 Mei 2023 pukul 20.40 Hapus
Bisa langsung di ganti di sheet cetaknya saja, untuk kolom memasukan nilainya tidak perlu diubah gpp.
Comment Author Avatar
28 Mei 2023 pukul 07.53 Hapus
Terimakasih banyak 2 , pak🙏🙏🙏
Comment Author Avatar
28 Mei 2023 pukul 09.05 Hapus
Sama-sama Bu,

Terima kasih telah menyempatkan mampir.
Comment Author Avatar
31 Mei 2023 pukul 15.20 Hapus
Maaf bapak izin bertanya, karena NIS sekolah kami hanya 3 nomor dan di aplikasi bapak harus 4 nomor. bagaimana pak?
Comment Author Avatar
31 Mei 2023 pukul 16.13 Hapus
Bisa 3 nomor. Hapus saja data validation nya.

Klik menu "Data" --- "Data Validation" --- clear
Comment Author Avatar
1 Juni 2023 pukul 02.21 Hapus
Maaf Pak,. Bagaimana cara merubah format nilai ijazah. Karena ada ketentuan bahwa nilai ijazah itu 70 % nilai raport kls 5&6 ditambah 30% nilai US
Comment Author Avatar
1 Juni 2023 pukul 07.49 Hapus
Itu bisa menggunakan versi tahun lalu.

Kalau mau di rumus sesuai ketentuan yg dimaksud.

=(Nilai raport * 70%) + (nilai US * 30%)
Comment Author Avatar
1 Juni 2023 pukul 10.37 Hapus
Bagaimana cara memamsukkan border ijazah untuk skl nya?
Comment Author Avatar
1 Juni 2023 pukul 10.58 Hapus
Melalui insert picture saja, border ini sudah berformat transparan .png
Comment Author Avatar
1 Juni 2023 pukul 11.01 Hapus
Ok Pak. Terima Kasih.
Comment Author Avatar
1 Juni 2023 pukul 12.17 Hapus
Oke, silahkan dicoba dulu. Jika ada kendala lainya bisa didiskusikan di sini.
Comment Author Avatar
6 Juni 2023 pukul 05.37 Hapus
alhamdulillah.....terima kasih banyak sudah membantu mempermudah guru semoga jerih payah bapak menjadi amal kebaikan dan mendapat balasan yang lebih baik dari Yang Maha Kuasa
Comment Author Avatar
6 Juni 2023 pukul 09.48 Hapus
Bagaimana cara mengubah nama mulok nya Pak?
Comment Author Avatar
6 Juni 2023 pukul 09.50 Hapus
Bagaimana mengubah nama mulok nya pak? terimakasih
Comment Author Avatar
7 Juni 2023 pukul 10.27 Hapus
Paswordnya apa ya pak
Comment Author Avatar
8 Juni 2023 pukul 16.59 Hapus
Kenapa kalau nipnya kita tulis berubah ya
Comment Author Avatar
9 Juni 2023 pukul 08.12 Hapus
Berubah bagaimana Pak, bisa lebih dijelaskan perubahanya menjadi apa?
Comment Author Avatar
20 Juni 2023 pukul 21.21 Hapus
maaf pak mohon ijin tanya
karena mulok saya hanya 1 maka saran diatas adalah dengan menghapus tinggal klik unprotect sheet
lha disini permasalahanya harus memasukan pasword terlebih dahulu
apakah dijinkan saya minta paswordnya sehingga bisa saya sesuaikan dengan kebutuhan disekolah saya yaitu menghapus mulok
terima kasih
Comment Author Avatar
20 Juni 2023 pukul 22.27 Hapus
Apa iya?

Pastikan download file aslinya, karena aplikasi ini sudah banyak di share. Mungkin telah dimodifikasi dan diberi password.

Silahkan coba dulu download dari link download di atas
Comment Author Avatar
26 Juni 2023 pukul 22.38 Hapus
Assalamualaikum pak dua angka dibelakang koma nya supaya tidak dikondisikan (, 25, 50, 75,00) apakah bisa dirubah pak??
Comment Author Avatar
27 Juni 2023 pukul 08.26 Hapus
Waalaikumsalam,

Saya kurang paham maksudnya.

Namun di juknis ditentukan pembulatan 2 angka dibelakang koma.

Dalam excel ada pembulatan absolute dan relatif.

Rumus round adalah pembulatan absolut, untuk mengamankan angka di belakang koma yang tidak tampak.

Coba bayangkan jika ada nilai: 99,333333

Berapa pembulatanya?
Comment Author Avatar
13 Maret 2024 pukul 20.30 Hapus
Assalamu alaikum, di sekolah kami oleh dinas pendidikan diminta rekap nilai untuk ujian itu mulai dari kelas 4 semester 1 dan 2, tapi di aplikasi ini cuma dari kelas 5, untuk memasukkan kelas 4 semester 1 dan 2 gimana ya? mohon bantuannya
Comment Author Avatar
14 Maret 2024 pukul 08.30 Hapus
Waalaikumsalam
Aplikasi ini sesuai dengan apa yang ada di Juknis Ijazah Tahun 2023.

Untuk versi tahun 2024, sedang kami pelajari juknisnya. Semoga bisa selesai dan akan kami share di blog ini.

Terima kasih