APLIKASI NILAI IJAZAH DAN KETERANGAN LULUS SMP TAHUN 2023 (EXCEL)

 Assalamulaikum Wr. Wb. 

Alhamdulilah kita diberikan nikmat sehat sehingga dapat beraktifitas dan berkarya yang semoga mendapatkan keberkahan.

Sahabat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang saya hormati.

Pada postingan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang sebuah aplikasi berbasis excel sederhana yang akan berguna mempermudah sekolah dalam mengolah nilai ijazah sekaligus mencetak Surat Keterangan Lulus (SKL).

Surat Keterangan Lulus (SKL) biasanya digunakan saat melakukan pendaftaran siswa baru di jenjang selanjutnya karena ijazah tidak bisa langsung jadi karena ada proses tulis tangan pada blangko yang telah disiapkan pemerintah.

Aplikasi Nilai Ijazah SMP Tahun 2023 dan SKL
Tampilan Aplikasi Nilai Ijazah SMP Tahun 2023 dan  Surat Keterangan Lulus (SKL)

Aplikasi ini sebanarnya adalah modifikasi dari aplikasi sebelumnya  Aplikasi Olah Nilai Ijazah SMP Tahun 2021 ( Excel ). Dikarenakan ada perubahan juknis pada tahun 2023 ini maka aplikasi tersebut juga harus disesuikan rumus-rumus pengolahan nilainya.

A. Dasar Penyusunan Aplikasi Ijazah dan SKL SMP Tahun 2023

Sebelum sahabat semua menggunakan aplikasi, sangat penting untuk mengetahui dasar hukum maupun juknisnya.

  1. Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
  2. Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 008/ H/EP/2023 Tentang Pedoman Pengelolaan Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2022/2023.
Permendikbudristek 21/2022 berisi tentang bagaimana syarat penentuan lulus dan ketentuan cara pengolahan nilai. Nilai mana saja yang diperlukan untuk mengolah ijazah. Selengkapnya ada pada postingan sebelumnya: KRITERIA/SYARAT KELULUSAN SD, SMP, DAN SMA/SMK TAHUN 2023

Adapun Per Ka BSKAP 008/H/EP/2023 berisi tentang bagaimana format penulisan ijazahnya, seperti ketentuan penulisan Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Kabupaten/Kota, dan digit angka nilai ijazah. Lihat postingan sebelumnya: Juknis Ijazah Tahun 2023.

B. Fitur Aplikasi Ijazah dan SKL SMP Tahun 2023

Tidak ada fitur yang muluk-muluk pada aplikasi ini, hanyalah aplikasi berbasis excel sederhana. Fokus aplikasi ini adalah menyesuaikan dengan peraturan yang ada dan hasil cetakan yang rapi.

Berikut ini fitur sekaligus saya tunjukan cara penggunaanya maupun rumus yang digunakan pada aplikasi ini.

1. Sheet Menu Utama Aplikasi

Sheet menu utama berisi tombol hyperlink yang mengarah ke sheet input data dan cetak SKL.
Meskipun terkesan tata letak menu yang jadul, kami rasa masih nyaman untuk di pandang menggunakan warna biru yang identik dengan seragam siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).
menu aplikasi ijazah smp tahun 2023

Tab sheet juga masih kami pertahankan agar mudah dan cepat berpindah sheet sesuai kebutuhan.

2. Sheet Data Siswa

Tentunya menu ini untuk mengisikan data siswa. Pengisian tanggal lahir gunakan format dd/mm/yyyy nantinya di format cetak akan otomatis disesuaikan format d mmmm yyyy.
Sheet Data Siswa Aplikasi Ijazah 2023


Untuk mempercepat pengisian data siswa, Anda bisa mengcopy paste dari data Dapodik yang dirasa sumber data paling valid. Lihat:  Cara Cepat Copy Data Siswa Dapodik Ke Aplikasi Raport Excel

Jika Anda melakukan copy paste, pastikan gunakan "Paste Special" --- "Values" agar yang tercopy paste isi datanya saja. Hal ini untuk mencegak ada rumus yang ikut tercopy sehingga mengakibatkan rumus yang lain ikut error. 

3. Sheet Nilai Raport

Pada sheet nilai raport silahkah masukan nilai raport KI-3 dan KI-4 dari semester 1 kelas 1 sampai semester 2 kelas 3 SMP.
Sheet Nilai Raport Aplikasi Ijazah SMP 2023


Untuk pembulatan rumus KI-3 dan KI-4 sudah menggunakan rumus pembulatan Round sehingga aman dari kemungikan selisih angka dibelakang koma.

menambah siswa aplikasi ijazah

Apabila tabel nilai kurang, karena jumlah siswa banyak lebih dari 40, maka Anda cukup tarik saja tabelnya dari pojok kanan bawah.

4. Sheet Tabel Olah Nilai Iajazah

Tabel ini untuk menampilkan hasil olah nilai ijazah yang diambil dari rata-rata nilai raport dan menggunakan pembulatan 2 angka di belakang koma.
tabel olah nilai ijazah smp 2023

5. Sheet Pengumuman Lulus

Sheet ini untuk mencetak pengumuman Lulus, silahkan sesuaikan formatnya sesuai kondisi sekolah masing-masing seperti KOP Surat, Dasar rapat, tan tampilan lainya.

sheet pengumuman lulus

Untuk mengubah logo hapus saja logo yang ada kemudian insertkan dengan logo sekolah masing-masing dengan cara "Insert" --- "Picture".

6. Sheet Surat Keterangan Lulus (SKL)

Pada sheet ini untuk mencetak Surat Keterangan Lulus (SKL) yang mungkin menjadi persyaratan untuk pendaftaran siswa baru.
sheet keterangan lulus

Nilai yang ditampilkan di sini sama dengan nilai ijazah. Untuk mencetaknya Anda hanya cukup memasukan nomor absen atau gunakan spin button, maka otomatis data akan berubah karena menggunakan rumus Vlookup.

Sebagai tambahan, terkadang ada yang suka diberi boder/bingkai seperti ijazah. Silahkan bagi yang memerlukan border ijazah SMP yang sudah transparan download saja.

Karena Ujian Sekolah (US) ataupun Ujian Nasioan (UN) telah dihapus, maka tidak ada lagi Surat Keterangan Hasil Nilai Ujian (SKHU).

7. Sheet Amlop Surat Pengumuman Lulus

amplop surat pengumuman lulus smp 2023


Sebagai pelengkap, saya buatkan untuk cetak Amplop surat yang berisi data siswa. Beberapa sekolah secara seremonial ada yang saat pengumunan kelulusan amplop dibuka bersama-sama.

C. Download Aplikasi Ijazah & SKL SMP Tahun 2023

File aplikasi ini cukup ringan tidak ada 300Kb, namun nanti tergantung berapa banyak data dan gambar yang akan dimakukan di aplikasi.




Bagi Ibu/Bapak yang memerlukan aplikasi ini silahkan download via google drive.

Download Aplikasi Ijazah SKL SMP 2023



Aplikasi ini di upload dalam bentuk .zip, jika akan menggunakan silahkan lakukan ektrak terlebih dahulu.

Lebih jelasnya tonton video penggunakaan aplikasi Ijazah dan SKL ini:



D. Penutup

Demikanlah tentang aplikasi berbasis excel sederhana untuk membantu mempercepat dan mempermudah olah nilai ijazah dan cetak surat keterangan lulus (SKL) jenjang SMP tahun pelajaran 2022/2023.

Bila ada yang ingin ditanayakan tentang aplikasi ini baik rumus, maupun cara penggunaanya bisa disampaikan melaui kotak komentar di bawah ini.

Terima kasih
Wassalamulaikum Wr. Wb.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

7 komentar untuk "APLIKASI NILAI IJAZAH DAN KETERANGAN LULUS SMP TAHUN 2023 (EXCEL)"

  1. Assalamualaikum aplikasi ini untuk k-13 atau ikm min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam

      Yang kami pahami untuk Tahun 2023 ini di kelas akhir setiap jenjang belum ada yang menggunakan IKM. Jadi aplikasi ini untuk K-13.

      Mungkin ada yang bingung mengapa saya kasih logo "Merdeka Belajar", karena kemungkinan nanti semua sekolah akan didorong menggunakan Kurikulum Merdeka semua, bahkan untuk panduan K13 yang terbaru sudah berasa Kurikulum Merdeka.

      Hapus
  2. Permisi min, saya tertarik menggunakan aplikasi ini, boleh pandu saya mendapatkan pasword unprotect sheet nya min, saya butuh sekali aplikasi ini tgerima kasih

    BalasHapus
  3. Permisi pa untuk sheet 6 itu diminta password boleh minta password untuk unprotect sheet nomer 6

    BalasHapus
  4. Assalammualaikum, min bisa kirimkan paswordnya min?

    BalasHapus
  5. Assalammualaikum min, mohon beritahu saya pasword aplikasinya min..

    BalasHapus
  6. Mohon cara mendapatkan pasword kak, sudah sms

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK