Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat LMS Sederhana Mudah Menggunakan Google Sites

Masa pandemi covid-19 agak memaksa para pendidik atau guru untuk menggunakan teknologi dalam memberikan materi dan latihan pembelajaran melalui online. Kegiatan ini lebih dikenal sebagai Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Daring / Online.

Cara membuat lms google sites
Membuat LMS menggunakan google sites

LMS merupakan singkatan dari Learning Management System, ada banyak LMS yang tersedia dari yang lengkap dan rinci sampai yang sederhana. Untuk LMS seperti moodle yang lebih detail dan rinci memang sangat bagus namun tentunya diperlukan dukungan SDM yang mempunyai kemapuan IT lebih.

Sebagai alternatif Anda bisa membuat LMS sederhana dengan mudah menggunakan Site Google atau Google Sites dibolak balik sama saja. Anda dapat mengkreasikan Google Site sebagai LMS yang sebetulnya juga sangat efektif, jika bisa dihubungkan seperti Quiz Google Form, Video Pembelajaran Youtube, Google Classroom, dan link lainya.

Google Sites adalah platform lebih cocok digunakan untuk membuat website single page HTML, seperti web landing page. Ini berbeda dengan blogspot yang digunakan untuk menulis berita atau artikel. Sehingga Google Sites ini sangat cocok jika dijadikan seperti menu utama atau semacam daftar isi untuk web Pembelajaran Jarak Jauh PJJ, sehingga lebih rapi dan terstruktur

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara praktis dan mudah dalam  membuat LMS sederhana mudah menggunakan Google Sites. Baik langsung saja....

1. Buka link https://sites.google.com/new

2. Klik icon "tambah" di pojok kiri bawah 

Ikon Tambah Google Site

Ikon Tambah Google Site

3. Masukan "nama website" sesuai keinginan, 
Masukan Nama Website

4. Silahkan Anda berkreasi dengan memasukan / menyisipkan: Text/Tulisan, Gambar, Menyematkan, File Google Drive, Video Youtube, dan lainnya.
Masukan Teks Pada Google Site

5. Anda juga bisa menambahkan Halaman, misalnya karena website ini saya buat utuk halaman utama sekolah, maka saya membuat beberapa halaman misalnya Kelas IV, Kelas V, dan Kelas V. Klik Pada "tambah halaman baru".
Tambah Halaman Google Site

 

6. Selanjutnya kita akan megedit atau mengisi halaman yang telah dibuat, Klik pada halaman yang di maskud. kemudian silahkan isi halaman. Misalknya di sini saya akan membuat tombol ke link google classrom yang telah dibuat oleh masing-masing guru kelas. Klik "Sisipkan" --- "Tombol"

Tambah Tombol Google Sites

7. Isikan "nama tombol", dan linknya.

tulis nama tombol google sites

8. Untuk mengganti atau mengubah tampilan website silahkan pilih "menu tema". Anda bisa megubah warna, dan gaya huruf. Silahkan berkreasi agar website LMS PJJ Anda memiliki tampilan menarik dan membuat siswa semangat untuk belajar.

tema google sites


9. Sebelum Anda mempublikasikan website, bisa melihat tampilan pratinjau atau priviewnya. Bisa dipilih bagaimana tampilan ketika dibuka menggunakan Laptop / Tablet / HP. Klik pada icon menu "Pratinjau" lihat tampilan dibawah ini.

pratinjau google site

10. Setelah dirasa cukup, Anda dapat mempublikasikannya dengan cara klik tombol "Publikasikan" 

Publikasikan Google Sites

11. Setelah itu isikan / tentukan alamat webiste, misalkan nama Sekolah Anda, atau langsung khusus ke nama kelas masing-masing. Disini saya menggunakan alamat https://sites.google.com/view/pjjsd  , jika sudah silahkan klik "Publikasikan". Selain itu ada Cara Mudah Mengubah Alamat Google Sites Menjadi Domain Sendiri

tentukan alamat website google sites


12. Anda dapat melihat website Anda melakui menu  "Lihat situs yang dipublikasikan" ataupun langsung mengetikan alamatnya. Setelah dipublikasikan Anda tetap bisa mengedit dan mengubah isi website Anda.

lihat situs google site


Bagimana cukup mudah bukan untuk membuat LMS Sederhana menggunakan Google Site?

TIPS:

Agar website LMS ini tidak lambat dan agar bisa diakses secara mudah di berbagai perangkat atau HP yang dimiliki siswa. Disarankan untuk setiap halaman untuk satu materi pembelajaran. Agar halaman tidak tampil di navigasi silahkan sembunyikan dari navigasi. 

sembunyikan navigasi halaman google sites

Materi selanjutnya:  Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Media Pembelajaran


Anda Guru? jika iya silahkan gunakan akun belajar.id untuk mendapatkan kapasitas memori penyimpanan online google mencapai 5.000 GB, kalau akun biasa hanya 15 GB.

Baca:  Cara Mendapatkan Akun belajar.id

Demikianlah yang bisa saya bagikan tutorial singkat dan praktis ini, semoga mudah dipahami dan langsung dapat di praktikan untuk kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh di tempat Bapak/Ibu Guru. 

Kritik dan Saran, bisa disampaikan melalui kolom komentar, jika Anda juga membuat LMS menggunakan google site, boleh juga tuliskan linknya. Terima Kasih

4 komentar untuk " Membuat LMS Sederhana Mudah Menggunakan Google Sites"

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.