Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengubah Alamat Google Sites Menjadi Domain Sendiri

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara mudah mengubah alamat link Google Sites manjadi alamat domain sendiri. Menggunakan alamat domain sendiri akan memberikan kesan website lebih profesional dan link mudah diingat karena tidak terlau panjang.

Cara ubah alamat Google Site domain sendiri
Ubah alamat link google sites ke domain sendiri

Sebelum mempraktikan tutorial ini tentunya Anda harus sudah memiliki website yang dibuat menggunakan Google Site. Lihat postingan saya sebelumnya: Membuat LMS Sederhana Mudah Menggunakan Google Sites

Setelah punya website menggunakan google site, Anda juga perlu memiliki alamat domain. Anda bisa mendapatkanya di penyedia hosting atau domain seperti Domainesia, Dewaweb, Rumahweb, Niagahoster, Idwebhost  dll. Kalau hanya untuk harga sewa domain sebetulnya murah... gak mahal apalagi domain sekolah sch.id. Saya menyewa domain sch.id selama satu tahun hanya sekitar 50 Ribu Rupiah. Dan tentunya sewa alamat domain bisa dan boleh dianggarkan melalui Dana BOS Pusat.

Untuk tutorial yang saya bagikan ini, saya menggunakan penyedia hosting Domainesia. Dan berikut ini langkah mengubah alalamat webiste google sites ke domain milik sendiri.

1. Silahkan buka google site Anda, klik pada menu "Pengaturan" (ikon roga gerigi) --- "URL Kustom" --- masukan alamat link url domain Anda --- "Verifikasi Kepemilikan Anda"

ubah domain google sites

2. Selanjutnya Anda akan diarakhan ke google webmaster untuk mengambil suatu kode verivikasi. Pilih "Other" pada domain name provider --- "Add a CNAME record"

add cname record

3. Anda akan mendapatkan 2 buah macam kode yaitu CNAME Label/Host dan CNAME Destination/Target.

kode cname record

4. Setelah itu login ke penyedia domain dan hosting, menu "Domain" --- pilih "Alamat Domain Anda" --- "Addons" --- "Manage DNS"

manage dns domainesia

5. Pilih menu "Add New Record"

ad new record

6. Masukan Domain dan Hostname: Sesuai kode yang didapatkan pada langkah nomor tiga. TTL: 14400. Record Type: CNAME. Lanjut klik "Add Record"

add record cname

7. Kemudian anda juga perlu seting pengalihan WWW, "Add record" isikan domain: WWW, TTL: 14400, Record Type: CNAME, Hostname: ghs.googlehosted.com

cname googlehost

8. Setelah semua kode verifikasi CNAME terpasang, selanjutnya adalah klik tombol "Verifikasi" pada halaman google webmaster. (langkah pada nomor 3).

verifikasi cname

9. Jika berhasil verifikasi kepemilikan domain, tampilanya akan seperti gambar dibawah ini.

verifikasi kepemilikan domain berhasil

10. Langkah terakhir silahkan masuk ke halaman google site Anda, simpan dan publikasikan. 


Untuk gambaran berikut ini link domain sebuah website sekolah yang dibuat menggunakan google site https://www.sdnibudewi7cjr.sch.id/

Dengan adanya website sekolah akan bisa digunakan untuk media promosi dan media pembelajaran berbasis elearning, daring, ataupun pembelajaran jarak jauh.

Keterangan:

Totorial diatas saya menggunakan penyedia Domainesia, untuk penyedia lain sebetulnya tidak jauh berbeda, kuncinya pada Custome Domain, dan Add Record CNAME.

Jika Ada yang perlu ditanyakan silahkan melaui kotak komentar, dan untuk konsultasi lebih lanjut bisa Contact Saya. Semoga tutorial cara mengubah link alamat website google site ke domain sendiri ini bermanfaat untuk rekan semuanya. Terima kasih

Posting Komentar untuk " Cara Mudah Mengubah Alamat Google Sites Menjadi Domain Sendiri"